Advertisement
Kini Aplikasi Gboard Hadir Untuk Perangkat Android, Begini Cara Menggunakannya - Setelah beberapa bulan sebelumnya (Mei 2016) Google merilis aplikasi unik bernama Gboard khusus untuk perangkat iOS, maka akhirnya kini aplikasi yang bekerja di keyboard tersebut, sudah bisa dinikmati oleh pengguna Android. Berdasarkan informasi yang dikutip dari halaman resmi Google, diumumkan bahwa mulai hari ini, aplikasi Gboard secara resmi hadir bagi perangkat Android.
Google Hadirkan Aplikasi Gboard Untuk Perangkat Android, Begini Cara Menggunakannya
Aplikasi Gboard Kini Hadir di Android, Begini Cara Menggunakannya
Sebelum membahas lebih jauh tentang kehadiran aplikasi Gboard di perangkat Android, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa sebenarnya Gboard itu dan fungsi dari fitur unik milik Google tersebut.

Apa Itu Aplikasi Gboard?
Gboard adalah aplikasi keyboard pihak ketiga buatan Google yang terintegrasi dengan layananan mesin pecari Google.

Apa Fungsi Aplikasi Gboard?
Secara umum, aplikasi Gboard berfungsi untuk memudahkan penggunanya untuk melakukan pencarian (penelusuran) informasi ala mesin pencari Google secara langsung dari keyboard. Adapun informasi yang bisa ditelusuri melalui aplikasi Gboard meliputi hasil pencarian situs (web), hasil pencarian gambar, hasil pencarian gambar animasi GIF, dan juga kemampuan memunculkan berbagai emoji.

Masih dari sumber yang sama, disebutkan pula oleh Google, selain fungsi pencarian (penelusuran) informasi melalui keyboard, Google juga menambahkan kemampuan untuk mengetik dengan multibahasa dengan cepat di aplikasi Gboard. Ditambahkan pula dalam pengumuman resmi Google, aplikasi Gboard juga mendukung lebih dari 100 jenid bahasa di dunia.

Cara Menggunakan Aplikasi Gboard di Android
Perlu diketahui bahwa aplikasi Gboard di keyboard Android, memiliki cara penggunaan yang tidak jauh berbeda dengan iOS. 
  • Pengguna hanya perlu mengakses ikon bertanda logo Google yang terletak di sebelah kiri atas papan ketik (keyboard). 
  • Setelah itu akan secara otomatis muncul kolom pencarian, untuk mengetikkan kata kunci dari informasi yang ingin di cari.
  • Selanjutnya, ketikan kata kunci dari informasi yang diinginkan, maka secara otomatis Gboard akan memunculkan hasil pencarian di bawah kolom pencarian.
  • Sementara itu, untuk memunculkan emoji pengguna cukup mengetikkan kata kunci dari emoji yang dimaksud. Lalu untuk melakukan pencarian gambar dan juga animasi GIF pengguna Gboard di Android perlu mengakses pilihan yang ditandai dengan ikon gambar atau ikon bertuliskan GIF. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan video berikut.
Sumber Video: YouTube

Lantas, bagaimana cara mendapatkan aplikasi Gboard untuk perangkat Android tersebut? Sangat mudah, yang perlu dilakukan hanya dengan mengunduh dan memasang aplikasi Gboard dari layanan resmi Play Store Google.


Demikianlah informasi tentang aplikasi Gboard yang kini bisa digunakan di Android. Semoga sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca Spesial Tips sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top