Advertisement
Android: Cara Aktifkan Mode Satu Tangan (One Handed Mode) Pada Aplikasi Google Keyboard - Pernah merasa kesulitan saat mengetik pesan di ponsel Android dengan satu tangan? Ya, diketahui bersama bahwa ukuran layar ponsel Android yang relatif besar, akan menyulitkan penggunanya untuk menggunakan papan ketik (keyboard) dengan hanya satu tangan, dan tentu saja mengetik menggunakan dua tangan menjadi pilihan, agar dapat dengan mudah menuliskan pesan atau hal apapun yang berhubungan dengan papan ketik (keyboard).
Android: Cara Aktifkan Mode Satu Tangan (One Handed Mode) Pada Aplikasi Google Keyboard
Android: Cara Aktifkan Mode Satu Tangan (One Handed Mode)
Pada Aplikasi Google Keyboard
Namun bukan tanpa masalah, mengetik di ponsel menggunakan dua tangan pastinya akan menjadi hal merepotkan, apalagi bila kita tengah melakukan pekerjaan lain yang tak dapat ditunda. Menyikapi masalah tersebut, ternyata Google telah melakukan terobosan melalui aplikasi papan ketik (keyboard) besutan mereka, yang dikenal dengan Google Keyboard, dimana pada versi terbaru aplikasi ini, telah disematkan fitur One handed Mode atau mode satu tangan yang memungkinkan penggunanya untuk mengetik dengan hanya menggunakan satu tangan saja.

Nah, berhubungan dengan fitur baru nan bermanfaat pada aplikasi Google Keyboard tersebut, redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi, tentang cara mengaktifkan mode satu tangan (One handed Mode) pada aplikasi Google Keyboard. Hal apa saja yang perlu Anda lakukan? Berikut penjelasan selengkapnya.

Perlu diketahui terlebih dahulu, bahwa fitur mode satu tangan (One handed Mode) hanya terdapat pada aplikasi Google Keyboard versi terbaru. Oleh sebab itu, disarankan bagi Anda untuk mengunduh (men-download) dan memasang (install) terlebih dahulu versi terbaru aplikasi Google Keyboard, melalui Play Store Google. Setelah memasang Google Keyboard versi terbaru, hal yang perlu dilakukan untuk mengaktifkan mode satu tangan saat ingin mengetik, yaitu:
  • Aktifkan terlebih dahulu Google Keyboard sebagai papan ketik (keyboard) utama, dengan cara mengakses ke bagian pengaturan (Settings) di ponsel Android > buka pilihan Language & Input > pilih bagian bertuliskan Default > lalu pilih Google Keyboard untuk digunakan sebagai papan ketik (keyboard) utama.
  • Setelah langkah di atas selesai, maka kini setiap aktivitas mengetik di ponsel Android Anda akan menggunakan aplikasi Google Keyboard sebagai sarananya.
  • Nah, selanjutnya untuk mengaktifkan mode satu tangan (One handed Mode) saat mengetik, tekan lama pada tombol koma atau tombol emoji.
  • Sesaat setelah itu akan muncul ikon mode satu tangan (One handed mode), yang ditandai dengan gambar . Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah menekan ikon tersebut, maka tampilan papan ketik (keyboard) akan berubah dan memungkinkan Anda untuk mengetik dengan mudah menggunakan satu tangan.
  • Perlu diketahui pula bahwa Anda dapat mengubah tampilan mode satu tangan (One handed Mode) untuk pengguna tangan kiri atau tangan kanan, caranya adalah dengan menekan kembali tombol dengan ikon mode satu tangan tersebut. Agar lebih jelasnya perhatikan penjelasan gambar berikut.
 Cara Aktifkan Mode Satu Tangan (One Handed Mode) Pada Aplikasi Google Keyboard
Cara Aktifkan Mode Satu Tangan (One Handed Mode)
Pada Aplikasi Google Keyboard

Demikianlah informasi tentang cara mengaktifkan mode satu tangan (One handed Mode) pada aplikasi Google Keyboard. Semoga informasi tersebut, dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top