Advertisement
14 Pesan Kode Error yang Umumnya Dialami Pengguna Android Saat Menggunakan Layanan Google Play Store dan Cara Mengatasinya - Anda pengguna ponsel Android? Bila ya, maka tentunya sudah tidak asing lagi dengan layanan Google Play Store yang berfungsi sebagai sarana resmi untuk mencari, mengunduh dan memasang aplikasi di ponsel Anda. Namun, pernahkah Anda mengalami masalah di Google Play Store seperti munculnya pesan kesalahan berupa kode error, saat proses pengunduhan atau pemasangan berlangsung?
14 Pesan Kode Error Saat Menggunakan Layanan Google Play Store dan Cara Mengatasinya
14 Pesan Kode Error di Google Play Store dan Cara Mengatasinya
Sialnya, tak banyak penjelasan yang bisa didapatkan terkait dengan solusi mengatasi masalah kode error yang muncul di Google Play Store. Berkaca pada masalah ini, maka redaksi Spesial Tips akan mencoba untuk berbagi informasi, tentang 14 kode error yang paling umum dialami oleh pengguna Android saat menggunakan layanan Google Play Store, serta cara mengatasinya. Apa dan bagaimana informasinya? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Kode : Google Play - Error 8
Masalah kode error 8 : Pesan kesalahan dengan munculnya kode error 8 terjadi saat pengguna sedang melakukan pengunduhan aplikasi, dan tiba-tiba saja proses pengunduhan berhenti. Keadaan ini biasanya disebabkan karena adanya masalah pada aplikasi Google Play Service yang terpasang di ponsel

Cara mengatasi kode error 8 : Pertama-tama pastikan terlebih dahulu apakah aplikasi Google Play Service di ponsel telah terpasang serta telah diperbarui. Bila masalah kode error 8 masih berlanjut, disarankan untuk melakukan disable (menonaktifkan) aplikasi Google Play Service, dimana pengguna akan diminta untuk melakukan restore (pengembalian) pengaturan ke pengaturan pabrik. Ikuti perintah tersebut hingga proses selesai.

2. Kode : Google Play - Error 18
Masalah kode error 18 : Pesan kesalahan berupa kode error ini biasanya muncul saat pengguna melakukan pemasangan ulang aplikasi yang pernah terpasang sebelumnya, melalui history pengunduhan pada layanan Google Play Store.

Cara mengatasi kode error 18 : Perlu diketahui bahwa hampir-hampir tak ada cara yang lebih mudah selain mencari aplikasi dan melakukan pengunduhan ulang. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba sebuah langkah sederhana, yaitu dengan memutuskan dan menghubungkan kembali kartu memori, dan mengulang proses pemasangan dari history pengunduhan Google Play Store. Atau dengan melakukan langkah lain yaitu reset ponsel Android.

3. Kode : Google Play - Error 20
Masalah kode error 20 : Umumnya pesan kesalahan dengan kode error 20 terjadi saat melakukan mengunduh dan proses pembaruan (update) sebuah aplikasi, disebabkan karena adanya kesalahan atau perubahan data pada sebuah sebuah data file bernama smd2tmp1.

Cara mengatasi kode error 20 : Disarankan bagi Anda untuk menghapus file spesifik yang telah disebutkan di atas. Namun, hal ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan layanan file explorer agar dapat mengakses folder tempat file sumber masalah tersebut berada.

4. Kode : Google Play - Error 24
Masalah kode error 20 : Hingga kini, belum dapat diketahui informasi penyebab pasti dari munculnya pesan kesalahan dengan kode error 24. Hanya saja, dari beberapa sumber disebutkan bahwa kode error ini memiliki penyebab yang hampir sama dengan masalah pada kode error 20, namun dengan sumber kesalahan data pada file yang berbeda.

Cara mengatasi kode error 24 : Untuk mengatasi masalah ini, Android perlu melakukan root untuk mencari nama paket dari penyebab masalah dan menghapus seluruh folder dalam paket tersebut. Setelah itu lakukan pemasangan ulang aplikasi yang menyebabkan munculnya pesan kesalahan dengan kode error tersebut.

5. Kode : Google Play - Error 101
Masalah kode error 101 : Pesan kesalahan ini biasanya muncul karena terlalu banyak aplikasi yang terpasang dalam ponsel, sehingga pengguna tidak bisa mengunduh aplikasi yang diinginkan.

Cara mengatasi kode error 101 : Tentu saja hal yang perlu dilakukan adalah dengan menghapus beberapa aplikasi yang tak diperlukan

6. Kode : Google Play - Error 103
Masalah kode error 103 : Misterius, tiba-tiba saja muncul kode error 103, yaitu pesan kesalahan yang menandakan bahwa aplikasi tidak bisa dipasang karena tidak kompatibel dengan ponsel, namun layanan Google Play Store sebelumnya tidak menunjukkan informasi tersebut saat proses pengunduhan.

Cara mengatasi kode error 103 : Tak banyak yang bisa dilakukan, tentunya aplikasi yang tidak kompatibel dengan perangkat Android tak bisa untuk digunakan. Namun ada beberapa kasus dimana keadaan ini bisa teratasi setelah menunggu beberapa jam, walaupun sangat jarang berhasil.

7. Kode : Google Play - Error 110
Masalah kode error 110 : Aplikasi tak dapat dipasang

Cara mengatasi kode error 110 : Untuk menghadapi masalah ini Anda bisa mencoba mengatasinya dengan menghapus cache pada layanan Google Play Store, dengan cara : Akses Pengaturan (Settings) > Aplikasi (Appliations) > Semua (All) > Google Play Store > Hapus cache (Clear cache).

8. Kode : Google Play - Error 194
Masalah kode error 194 : Tak jauh berbeda dengan masalah pada kode error 110, hanya saja masalah pada pesan kesalahan berupa kode error 194 umumnya muncul saat proses pengunduhan game dan aplikasi.

Cara mengatasi kode error 194 : Disarankan bagi Anda untuk menghapus data cache pada dua layanan yang berbeda, yaitu data cache pada Google Play Service dan data cache pada Google Play Store.

9. Kode : Google Play - Error 403
Masalah kode error 403 : Muncul pesan kesalahan yang melarang permintaan pengunduhan sebuah aplikasi. Hal ini biasanya disebabkan karena penggunaan multi akun Google untuk membeli aplikasi pada perangkat yang sama.

Cara mengatasi kode error 403 : Ada dua solusi yang bisa disarankan untuk mengatasi masalah ini, pertama adalah dengan menghapus data riwayat akun Google dan gunakan satu akun saja, lalu ulang langkah pembelian aplikasi. Solusi kedua adalah dengan menghapus seluruh riwayat penelusuran pada layanan Google Play Store.

10. Kode : Google Play - Error 406
Masalah kode error 406 : Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab munculnya pesan kesalahan dengan kode error ini, diantaranya adalah pengguna melakukan pendaftaran ulang akun Google di ponsel, ponsel mengalami pengembalian pengaturan ke pengaturan pabrik, atau mendaftar akun Google yang baru di ponsel.

Cara mengatasi kode error 406 : Untuk mengatasi hal ini, Anda disarankan untuk menghapus data cache.

11. Kode : Google Play - Error DF-BPA-09 dan DF-BPA-30
Masalah kode error DF-BPA-09 dan DF-BPA-30 : Perlu diketahui bahwa pesan kesalahan ini muncul saat proses pengunduhan akibat dari kesalahan pada layanan Google Play Store sendiri, dan bukanlah disebabkan karena ada hal yang salah pada perangkat atau akun pengguna.

Cara mengatasi kode error DF-BPA-09 dan DF-BPA-30 : Tak perlu terlalu khawatir, Anda bisa menunggu beberapa saat untuk melakukan pengunduhan dan pemasangan aplikasi kembali.

12. Kode : Google Play - Error DF-DLA-15
Masalah kode error DF-DLA-15 : Umumnya pesan kesalahan ini muncul saat proses pengunduhan update aplikasi.

Cara mengatasi kode error DF-DLA-15 : Sangat sederhana, yang perlu dilakukan adalah dengan menghapus chace dan data aplikasi Google Play Store. Namun, jika masih mengalami kendala serupa, maka Anda juga disarankan untuk menghapus akun Google pada perangkat, dan memasukkan kembali akun tersebut.

13. Kode : Google Play - Error rh01 dan Error rpc: s-5: AEC-0
Masalah kode error rh01 : Keadaan ini biasanya menunjukan terjadinya kesalahan saat perangkat menerima atau mengambil informasi dari server.

Cara mengatasi kode error rh01dan rpc: s-5: AEC-0 : Tak jauh berbeda, dengan beberapa cara pada kode error lainnya yang perlu dilakukan adalah menghapus data aplikasi, cache dan data Google Services Framework. Setelah itu hapus akun Gmail, lalu lakukan restart dan terakhir masukkan kembali akun Gmail Anda.

14. Kode : Google Play - Error BM-GVHD-06
Masalah kode error BM-GVHD-06 : Umumnya kode error seperti ini muncul ketika Anda akan menggunakan Play Store card (kartu) dan terjadi pada beberapa negara tertentu.

Cara mengatasi kode error BM-GVHD-06 : Disarankan untuk melakukan restart ponsel, namun bila masalah masih juga berlanjut Anda juga dapat melakukan pemasangan ulang aplikasi Google Play Store.


Nah, demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan, tentang beberapa pesan kesalahan berupa kode error yang umumnya dialami oleh pengguna Android saat menggunakan layanan Google Play Store, serta cara mengatasinya. Semoga informasi tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top