Advertisement
Panduan Lengkap Untuk Memilih Kartu Memori MicroSD Terbaik yang Akan Digunakan Pada Ponsel Android - Umumnya, kapasitas penyimpanan data yang besar dan kecepatan membaca data dijadikan alasan utama oleh pengguna ponsel Adroid saat akan memilih dan membeli kartu memori MicroSD.
Panduan Lengkap Memilih Kartu Memori MicroSD Terbaik Untuk Ponsel Android
Panduan Lengkap Memilih Kartu Memori MicroSD Terbaik
Walaupun kini telah terdapat banyak pilihan kartu memori MicroSD dari berbagai macam merek dan besaran kapasitas penyimpanan data, namun perkara menentukan kartu memori MicroSD terbaik untuk disandingkan dengan ponsel Android bukanlah perkara sederhana, pasalnya tak semua perangkat penyimpan data eksternal pada ponsel tersebut memiliki kemampuan yang sama, dan bukan tak mungkin pilihan yang salah membuat kinerja ponsel justru menurun.

Nah, guna menghindari masalah terkait dengan kesalahan dalam memilih kartu memori MicroSD dan juga untuk memudahkan kita untuk memilih kartu memori MicroSD terbaik, maka pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi penting apa saja yang perlu untuk kita ketahui ketika akan menjatuhkan pilihan pada banyaknya merek kartu memori MicroSD yang beredar di pasaran.

Panduan Lengkap Memilih Kartu Memori MicroSD Terbaik Untuk Ponsel Android

1. Memastikan Perangkat Ponsel Android Mendukung Kartu Memori MicroSD
Informasi pertama yang perlu untuk Anda ketahui sebelum memilih kartu memori MicroSD adalah memastikan terlebih dahulu apakah ponsel Android Anda mendukung kartu memori berjenis MicroSD. Perlu diketahui bahwa sekalipun banyak merek ponsel Android yang telah menyediakan tempat penyimpanan data eksternal, namun tak semuanya mendukung penyimpan data berjenis kartu memori MicroSD. Adapun beberapa ponsel Android yang bisa menggunakan kartu memori MicroSD adalah:
  • Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge
  • LG V10
  • OneTouch Idol 3
  • Sony Xperia Z5 Compact
  • Motorola Moto G 2015
2. Mengetahui Kapasitas Penyimpanan Data Kartu Memori MicroSD
Nah, setelah memastikan perangkat ponsel Android memiliki dukungan terhadap kartu memori MicroSD, maka hal lainnya yang patut dipertimbangkan adalah kapasitas dari kartu memori MicroSD untuk menyimpan data. Perlu diketahui bahwa kartu memori MicroSD dibedakan berdasarkan kemampuan atau kapasitas menyimpan data menjadi dua jenis, yaitu SDHC dan SDXC. Diketahui bahwa kartu memori MicroSD berjenis SDHC (Secure Digital High Capacity) memiliki kapasitas menyimpan data dari 2 GB sampai dengan 32 GB, sementara itu pada jenis kartu memori MicroSD SDXC (Secure Digital Extended Capacity) mampu menyimpan data 32 GB sampai dengan 2 TB.

3. Mengecek Kemampuan Kecepatan Kartu Memori MicroSD
Selain kapasitas penyimpanan data, tentunya kecepatan menjadi pertimbangan 'wajib' ketika akan memilih kartu memori MicroSD. Umumnya untuk bisa mengetahui kemampuan kecepatan kartu memori MicroSD, kita bisa melakukan pengecekan terhadap informasi speed class (kelas kecepatan) dan UHS speed class. apa perbedaan speed class dengan UHS speed class?
  • Speed Class adalah nilai yang dimiliki oleh kartu penyimpanan data yang memiliki kecepatan minimum berdasarkan hasil tes skenario terburuk. Perlu diketahui bahwa nilai speed class yang lebih besar akan sangat penting artinya bila Anda memiliki kebiasaan merekam dan menyimpan banyak video. Berikut adalah tabel nilai speed class dan kecepatan minimum yang dimiliki pada masing-masing speed class dalam MB/s.
Nilai Speed Class
Kecepatan Minimum (MB/s)
2
2 MB/s
4
4 MB/s
6
6 MB/s
8
8 MB/s
10
10 MB/s
  • Berbeda dengan speed class, pada UHS speed class memanfaatkan data bus baru yang tidak bisa bekerja pada perangkat ponsel yang belum mendukung UHS speed class. Perlu diketahui bahwa saat ini belum ada ponsel Android yang memiliki dukungan terhadap kartu memori MicroSD dengan kecepatan UHS speed class.
Selain beberapa poin di atas, perlu diketahui pula akan terdapat perbedaan pada kinerja ponsel Android jika Anda menyimpan aplikasi pada kartu memori MicroSD, dibandingkan pada memori internal ponsel dimana kecepatan kerja ponsel akan menjadi sedikit menurun. Nah, disarankan agar Anda memilih nilai kecepatan yang lebih tinggi pula pada kartu memori MicroSD yang akan digunakan, untuk mengurangi efek tersebut.


Demikian informasi tentang panduan lengkap memilih kartu memori MicroSD terbaik untuk ponsel Android. Semoga informasi tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian. 
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. wah aku kuduu pelajari nih, suka mumet dengan tetiba hp penuh hiiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, sebenarnya selain besaran kapasitas, kecepatan juga penting loh mbak...biar kerja hp ga lemot :)

      Delete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top