Advertisement
Cara Praktis Untuk Mengetahui Apakah Email Telah Dibaca Atau Belum Oleh Penerima - "Sudah dibaca apa belum ya?" Mungkin pertanyaan ini akan terus muncul, usai mengirimkan surat elektronik alias email penting kepada orang yang dituju. Sayangnya, pada hampir kebanyakan layanan email gratis, tidak terdapat fitur pemberitahuan (notifikasi) yang menunjukkan email telah dibacanya atau belum oleh pihak penerima. Beda halnya dengan layanan aplikasi berkirim pesan melalui ponsel (BBM, WhatsApp dan lainnya), dimana kita dapat dengan mudah mengetahui informasi tersebut, melalui sebuah notifikasi otomatis.
Cara Praktis Untuk Mengetahui Apakah Email Telah Dibaca Atau Belum Oleh Penerima
Cara Praktis Untuk Mengetahui Apakah Email Telah Dibaca Atau Belum
Melihat permasalahan tersebut, maka pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang cara praktis untuk mengetahui apakah email yang kita kirimkan telah dibaca atau belum oleh si penerima. Apa dan bagaimana caranya? Berikut ulasan selengkapnya.

Sebelum dijelaskan lebih jauh, perlu diperhatikan terlebih dahulu oleh sahabat pembaca sekalian, bahwa cara ini hanya dapat berlaku, bagi Anda yang menggunakan layanan email dari Google alias Gmail. Selain itu, pastikan terlebih dahulu jenis peramban (browser) apa yang dipakai saat menggunakan layanan email, karena sementara, cara ini hanya dapat dilakukan hanya pada jenis browser Chrome.

Setelah syarat di atas terpenuhi, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan agar dapat mengetahui email telah terbaca atau belum oleh penerima, adalah dengan memasang terlebih dahulu sebuah aplikasi tambahan berupa extensions yang bernama MailTrack for Gmail, dari layanan resmi webstore Chrome, . Perlu diketahui pula bahwa dalam waktu dekat aplikasi tersebut akan tersedia pula bagi pengguna Firefox. Selain fitur pemberitahuan email telah dibaca atau belum oleh si penerima, layanan MailTrack juga menampilkan informasi penting lainnya, seperti berapa kali pesan tersebut dibaca, dan tambahan layanan untuk memisahkan (filter) email yang sudah dibaca dan yang belum dibaca oleh penerima.

Usai pemasangan extensions MailTrack for Gmail pada browser Chrome selesai, maka Anda perlu melakukan beberapa penyesuaian pengaturan, diantaranya seperti mengijinkan aplikasi tersebut untuk dijalankan pada layanan akun Gmail Anda, memilih jenis layanan aplikasi (gratis atau berbayar), penyesuaian layanan Mail Track dengan melakukan sign in ulang pada akun Gmail Anda. Lebih jelasnya perhatikan penjelasan gambar berikut.
Mengetahui Apakah Email Telah Dibaca Atau Belum
Langkah-langkah Pemasangan & Pengaturan
Apabila langkah-langkah tersebut telah dilakukan dengan benar, maka selanjutnya Anda akan mendapatkan email konfirmasi dari pihak MailTrack, bahwa Anda telah bisa menikmati layanan untuk mengetahui apakah email yang dikirimkan telah dibaca atau belum oleh si penerima.

Informasi lainnya yang tak kalah penting untuk Anda ketahui yaitu, apabila Anda berpikir untuk tak lagi ingin menggunakan layanan tersebut, cukup dengan menghapus (remove) aplikasi dari daftar extensions Chrome (chrome://extensions) dan melakukan Revoke Acces pada layanan keamanan Google.

Nah, demikianlah informasi tentang cara praktis untuk mengetahui apakah email yang Anda kirimkan telah dibaca atau belum oleh si penerima email. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian. 

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top