Advertisement
Hasil Penelitian Buktikan Lima Jenis Tanaman Unik yang Mampu Membantu Mengurangi Polusi Udara di Dalam Rumah - Tak banyak orang yang mungkin menyadari, bila ternyata pencemaran udara (polusi) tidak hanya terjadi di luar ruangan saja. Selain karbon dioksida, ternyata banyak produk rumah tangga yang sering kita gunakan sehari-hari juga dapat menjadi sumber polusi udara di dalam rumah, karena kandungan senyawa Volatile Organic Compounds (VOCs) atau senyawa organik volatil, berupa senyawa kimia berbahaya yang dapat menguap dengan mudah menjadi gas, dimana umumnya VOCs terkandung dalam cat, cairan pembersih, lem, karpet, spidol, tinta printer, bahkan pada furnitur.
Terbukti, Inilah 5 Jenis Tanaman Unik Ini Mampu Mengurangi Polusi Udara di Dalam Rumah
Jenis Tanaman Unik Untuk Mengurangi Polusi Udara di Dalam Rumah
Melihat fakta bahwa polusi udara dapat pula terjadi di dalam ruangan, maka salah satu cara terbaik untuk mengurangi polusi di dalam rumah, adalah dengan menggunakan alat khusus yang disebut dengan air purifier. Sayangnya alat penyaring udara tersebut, umumnya dijual dengan harga cukup mahal, belum lagi dengan Anda harus rajin melakukan perawatan alat, agar tetap dapat berfungsi optimal untuk menyaring udara di dalam rumah.

Untungnya, terdapat sarana yang lebih murah dan mudah untuk membantu membersihkan udara di dalam rumah dari polusi dan sumber pencemar, yaitu dengan menggunakan beberapa jenis tanaman tertentu yang memiliki kemampuan untuk mengurangi polusi udara di sekitar tempat tumbuhnya.

Mengutip informasi dari Time, disebutkan bahwa berdasarkan penelitian para ilmuwan di State University of New York Oswego, melalui pengamatan selama 12 jam, terhadap kemampuan beberapa jenis tanaman untuk menyerap dan menyaring udara pada ruangan tertutup yang terkandung sumber pencemar udara dari senyawa VOCs. Hasilnya, didapati bahwa beberapa jenis tanaman ternyata mampu menyerap dan mengurangi sumber polusi udara di dalam ruangan, dengan tingkat kemampuan yang cukup tinggi.

Nah, penasaran jenis tanaman apa saja yang telah dibuktikan oleh hasil penelitian, dan direkomendasikan oleh para ahli untuk mengurangi polusi udara di dalam rumah tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

Lima Jenis Tanaman yang Mampu Mengurangi Polusi di Dalam Rumah


1. Dracaena (Dracaena fragrans)
Dari hasil penelitian, diketahui bahwa jenis tanaman Dracaena, khususnya Dracaena fragrans memiliki kemampuan untuk menyerap sumber pencemar udara aseton termasuk dalam golongan VOCs dengan baik, dalam waktu 12 jam dengan tingkat keberhasilan 94 persen dibanding jenis tanaman lainnya. Dracaena fragrans sendiri merupakan jenis tanaman berbunga yang berasal dari Afrika kini populer sebagai tanaman hias.
Jenis Tanaman  Dracaena fragrans Untuk Mengurangi Polusi Di dalam ruangan rumah
Dracaena (Dracaena fragrans)
Sumber Gambar: Wikipedia
2. Crassula ovata
Crassula Ovata atau yang lebih dikenal juga dengan sebutan lucky plant atau money tree, merupakan tanaman berasal pula dari Afrika. Selain tampilannya yang unik dan sering dijadikan tanaman hias dengan cara dibonsai, ternyata jenis tanaman ini juga efektif untuk mengurangi polusi udara di dalam rumah. Hasil penelitian membuktikan bahwa Crassula ovata memiliki kemampuan untuk menyerap zat kimia toluena (toluene) hingga 91 persen dibanding tanaman lain yang diteliti. perlu diketahui bahwa toluena (toluene) merupakan bahan kimia yang sering didapati pada produk pengencer cat.
Jenis Tanaman Crassula ovata Untuk Mengurangi Polusi Di dalam ruangan rumah
Crassula ovata
Sumber Gambar: Wikipedia
3. Chlorophytum comosum
Memiliki nama lain spider plant, jenis tanaman ini ternyata mampu menyerap senyawa-senyawa pencemar udara yang tergolong dalam VOCs, diantaranya adalah etilbenzena, p-Xylene dan o-Xylene dan biasanya terkandung dalam produk tinta, karet, perekat, dan cat.
Jenis Tanaman Chlorophytum comosum Untuk Mengurangi Polusi Di dalam ruangan rumah
Chlorophytum comosum
Sumber Gambar: Wikipedia
4. Guzmania lingulata
Berdasarkan hasil penelitian, jenis tanaman Guzmania lingulata atau sering pula disebut sebagai Bromeliad, mampu menyerap salah satu senyawa golongan VOCs, yaitu benzena hingga mencapai 92 persen dari tanaman lain yang diteliti, selain itu jenis tanaman Guzmania lingulata, juga mampu menyerap enam dari delapan jenis senyawa yang tergolong sebagai pencemar udara lainnya, hingga 80 persen. Perlu diketahui bahwa benzena merupakan zat kimia yang berasal dari asap rokok atau pun asap kendaraan bermotor.
Jenis Tanaman Guzmania lingulata Untuk Mengurangi Polusi Di dalam ruangan rumah
Guzmania lingulata
Sumber Gambar: Wikipedia
5. Consolea falcata
Jenis tanaman Consolea falcata adalah tanaman yang termasuk dalam genus consolea dari keluarga (famili) kaktus. Uniknya jenis tanaman ini dari hasil penelitian disebutkan mampu menyaring senyawa pencemar udara seperti etilbenzena, p-Xylenes, dan aseton hingga 80 persen, ditambah lagi dengan kemampuan untuk menyaring senyawa benzena, toluena, dan o-Xylene sampai dengan 60 persen.
Jenis Tanaman Consolea falcata Untuk Mengurangi Polusi Di dalam ruangan rumah
Consolea falcata
Sumber Gambar: Wikipedia
Sebagai catatan penting, beberapa jenis tanaman yang telah disebutkan di atas memang mampu untuk membantu mengurangi polusi udara di dalam rumah, namun dari penjelasan ilmuwan pada penelitian di atas disebutkan bahwa akan tetap lebih baik untuk menghilangkan sumber bahan kimia penyebab polusi udara.


Demikianlah informasi tentang lima jenis tanaman yang terbukti mampu membantu mengurangi polusi udara di dalam rumah. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top