-->

Lima Manfaat Sehat Hidup Berdekatan Dengan Pohon

Advertisement
Lima Manfaat Sehat Hidup Berdekatan Dengan Pohon - Apakah di sekitar rumah Anda terdapat satu atau beberapa pohon besar? Nah, bila ya apa saja manfaat yang dapat Anda rasakan dengan kehadiran pohon tersebut? Mungkin salah satu manfaatnya adalah dapat dijadikan tempat berteduh saat cuaca sedang panas, atau mungkin pohon tersebut adalah tanaman buah, seperti pohon Mangga yang dapat dinikmati buahnya sewaktu tiba musim berbuah?
Lima Manfaat Sehat Hidup Berdekatan Dengan Pohon
Lima Manfaat Sehat Hidup Berdekatan Dengan Pohon
Membahas tentang manfaat pohon yang tumbuh di sekitar tempat tinggal, maka mungkin tak akan cukup jumlah jari untuk menghitung berbagai kebaikan yang dapat dirasakan dari kehadiran tanaman berkayu tersebut. Nah, berkaitan dengan pohon dan manfaatnya, redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang Lima Manfaat Sehat Hidup Berdekatan Dengan Pohon, yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

1. Kualitas Udara Yang Lebih Baik
Salah satu manfaat utama yang akan didapatkan, bila Anda tinggal dan hidup berdekatan dengan pohon, adalah kualitas udara di sekitar kita menjadi lebih baik, dimana pada saat siang hari pohon akan menjadi penyedia oksigen yang kita butuhkan. Selain itu, kehadiran pohon di sekitar tempat tinggal kita juga dapat dijadikan sebagai penyaring alami polusi udara, seperti debu dan asap.

2. Membantu Proses Penyembuhan
Mungkin tak banyak orang yang mengetahui manfaat pohon yang satu ini, yaitu dapat membantu proses penyembuhan bagi seseorang yang baru pulih dari sakit, atau pun seusai menjalani operasi. Berdasarkan hasil penelitian dari Dr Roger Ulrich pada tahun 1972-1981, menyebutkan bahwa mereka yang sedang menjalani proses penyembuhan, dengan pohon sebagai pemandangan di sekitarnya akan lebih cepat pulih dalam proses penyembuhan, bila dibandingkan dengan mereka yang sedang menjalani proses penyembuhan tanpa kehadiran pohon di sekitar tempat tinggalnya.

3. Membantu Mengurangi Risiko Stres, Kecemasan, Serta Depresi
Berdasarkan hasil studi ilmiah yang dilakukan oleh para peneliti di University of Wisconsin, Amerika Serikat, terhadap lebih dari 2000 orang, terungkap sebuah fakta yang menyebutkan bahwa, mereka yang hidup berdekatan dengan pohon, berisiko lebih rendah untuk mengalami stres, kecemasan dan juga depresi, bila dibandingkan dengan orang-orang yang hidup tanpa ada pohon di sekitar mereka. Uniknya, manfaat kehadiran pohon tersebut, tidak dipengaruhi oleh ras, tingkat pendapatan atau bahkan pendidikan. Selain itu dikatakan pula dari hasil studi tersebut, orang miskin yang hidup berdekatan dengan pohon, akan lebih bahagia bila dibandingkan dengan orang kaya, namun hidup jauh atau sama sekali tak terdapat pohon di sekitar tempat tinggalnya.

4. Membantu Melawan Obesitas
Manfaat hidup berdekatan dengan pohon lainnya adalah membantu melawan obesitas, bagaimana mungkin? Berdasarkan hasil penelitian di Toronto (Kanada), terungkap sebuah fakta yang menyebutkan bahwa, kehadiran beberapa pohon di sekitar tempat tinggal, mampu mendorong keinginan seseorang untuk berjalan di luar ruangan dan juga melakukan olahraga lebih banyak, sehingga dapat menjadi salah satu cara untuk melawan obesitas. Disebutkan pula dari hasil penelitian tersebut, bahwa orang yang hidup berdekatan dengan pepohonan, cenderung hidup 7 tahun lebih lama, bila dibandingkan dengan mereka yang tinggal dan hidup tanpa terdapat pohon di sekitarnya.

5. Membantu Tidur Lebih Baik
Nah, manfaat kelima dari hidup berdekatan dengan pohon, yaitu dapat membantu tidur seseorang menjadi lebih baik. Hal ini didasari oleh hasil penelitian, yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Illinois, dimana disebutkan bahwa dari hasil pengamatan terhadap lebih dari 200 ribu orang di Amerika, ditemukan mereka yang hidup di dekat daerah hijau atau terdapat pepohonan di sekitarnya, akan mendapat tidur yang lebih baik, khususnya bagi orang pada kategori lanjut usia.

Demikianlah informasi singkat tentang Lima Manfaat Sehat Hidup Berdekatan Dengan Pohon. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan sahabat SpesialTips! sekalian, sekaligus dapat menumbuhkan kesadaran untuk menjaga kelangsungan pohon di sekitar kita.
Advertisement
LihatTutupKomentar