Advertisement
Resmi Diperkenalkan Melalui Google I/O 2016, Ini Dia Tujuh Produk Baru Google yang Wajib Anda Ketahui - Apakah Anda termasuk pengguna produk Google? Bila ya, maka informasi kali ini bisa menjadi kabar gembira sekaligus referensi produk Google terbaru yang ingin Anda gunakan nantinya. Diketahui bahwa baru-baru ini, pihak Google melalui acara konferensi tahunan pengembang perangkat lunak mereka, yang lebih dikenal dengan sebutan Google I/O, telah mengumumkan secara resmi produk baru dan canggih yang dapat dinikmati oleh para penggunanya tahun ini, melalui Google I/O 2016 yang berlangsung di Mountain View, California, AS dari tanggal 18-20 Mei.
Resmi Diperkenalkan Melalui Google I/O 2016, Ini Dia Tujuh Produk Baru Google yang Wajib Anda Ketahui
Tujuh Produk Baru Google yang Wajib Anda Ketahui
Berdasarkan informasi yang dikutip dari The Verge dan Time, terdapat beberapa produk baru Google yang telah secara resmi diperkenalkan melalui Google I/O 2016, dimana ide besar pada produk-produk tersebut difokuskan pada teknologi Virtual Reality (VR), kecerdasan buatan (artificial intelligence) serta jenis sistem operasi Android terbaru. Nah, Anda penasaran apa saja produk baru nan canggih dari Google tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Android N
Walaupun telah diperkenalkan pada bulan Maret lalu oleh Google, melalui versi developer preview, dengan mengusung teknologi layar multitasking, serta beberapa emoji baru, disebutkan bahwa Android N tidak akan dirilis hingga musim panas mendatang. Namun, kejutan yang diumumkan melalui Google I/O 2016, Google justru merilis versi beta Android N dan memamerkan beberapa teknologi baru pada sistem operasi tersebut. Hanya saja hingga kini Google sendiri belum mengumumkan misteri di balik huruf N pada sistem operasi tersebut.

2. Android Wear 2.0
Perombakan besar juga diumumkan oleh Google melalui Google I/O 2016 pada salah satu produk canggih mereka, yaitu Android Wear. Diperkenalkan tahun 2014 lalu, Android Wear merupakan sistem operasi yang digunakan pada perangkat wearable seperti pada jam tangan pintar (smartwatch). Nah, kini Android Wear telah ditingkatkan versinya menjadi Android Wear 2.0 dengan beberapa perubahan fungsional, salah satu diantaranya adalah pengguna dapat mengirim pesan dan membuka aplikasi apapun melalui jam tangan pintar (smartwatch), tanpa harus menghubungkannya dengan smartphone.

3. Menjalankan Aplikasi Android Tanpa Instalasi
Hal baru lainnya yang diumumkan pada Google I/O 2016 adalah perubahan besar pada kemampuan Google Play, dimana nantinya pengguna Android dapat terlebih dahulu mencoba menjalankan aplikasi tanpa harus melalukan download dan instalasi. Nah, hebatnya lagi kemampuan baru pada Google Play tersebut dapat dinikmati oleh hampir semua perangkat Android, dari perangkat dengan sistem operasi Android Jelly Bean ke atas.

4. Allo
Allo merupakan produk baru Google yang digadang-gadang akan menjadi pesaing terberat beberapa aplikasi chatting yang lebih dulu hadir dengan teknologi chatbot, seperti halnya Facebook Messenger. Allo sendiri pada dasarnya adalah aplikasi berkirim pesan teks yang telah diperkaya dengan teknologi virtual assistant. Keunggulan aplikasi Allo disebutkan oleh Google, semua pesan menjadi lebih aman karena telah dienkripsi, selain itu yang membuatnya lebih baik adalah mode penyamaran (incognito), serta fitur yang memungkinkan pesan untuk terhapus sendiri.

5. Duo
Masih bertajuk aplikasi perpesanan, Google memperkenalkan aplikasi Duo yaitu aplikasi chatting berbasis obrolan menggunakan video. Uniknya aplikasi Duo akan menghadirkan fitur "Knock Knock" yang memungkinkan pengguna untuk melihat preview video orang lain yang sedang memanggil, tanpa harus menjawab panggilan tersebut.

6. Daydream
Produk baru Google yang juga diperkenalkan pada Google I/O 2016 adalah Daydream, yaitu platform Virtual Reality (VR) canggih yang akan dipasangkan dengan sistem operasi Android N, dengan kemampuan yang lebih baik untuk mendeteksi gerakan. Disebutkan bahwa, sudah ada beberapa produsen ponsel ternama seperti Samsung, HTC dan LG yang siap untuk bekerjasama dengan Google untuk memasang teknologi Daydream.

7. Google Assistant
Pernah memanfaatkan fitur Google Now? Nah, guna mengembangkan kemampuan fitur tersebut Google telah mengembangkan sebuah teknologi yang disebut dengan Google Assistant, dimana nantinya para pengguna akan lebih mudah dalam memanfaatkan fitur Google Now. Kelebihan Google Assistant yaitu membuat pengenalan pencarian suara menjadi lebih mengerti bahasa secara alami, layaknya pertanyaan-pertanyaan alami, sehingga pengguna tidak perlu bertanya dengan menggunakan kata kunci yang lebih spesifik.

Demikianlah informasi tentang tujuh produk baru Google yang diumumkan pada acara Google I/O 2016. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Wah, bagus sekali apabila Google mengizinkan pengguna android mencoba aplikasi di Google Play tanpa harus mendownload-nya terlebih dahulu. Wuihhh...

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top