Advertisement
Terungkap, Ini Dia Manfaat Punya Banyak Teman Bagi Kesehatan - Apakah Anda termasuk orang yang memiliki banyak teman? Bila ya, maka informasi dari SpesialTips! kali ini pasti menjadi kabar gembira untuk Anda, pasalnya sebuah hasil studi terbaru berhasil mengungkap fakta unik yang menyatakan bahwa makin banyak teman bisa bermanfaat meningkatkan kemampuan tubuh agar tidak mudah sakit.
Terungkap, Ini Dia Manfaat Punya Banyak Teman Bagi Kesehatan
Terungkap, Ini Dia Manfaat Punya Banyak Teman Bagi Kesehatan
Dikutip dari hasil laporan ilmiah yang dipublikasikan di nature.com, menjelaskan bahwa orang-orang dengan jaringan sosial lebih banyak, ternyata memiliki toleransi lebih tinggi untuk mengalami sakit, atau dengan kata lain makin banyak teman, membuat seseorang menjadi makin sehat.

Laporan ilmiah ini didasari oleh penelitian yang dilakukan para peneliti Oxford University, terhadap 101 orang dewasa, dengan mengukur toleransi tubuh terhadap rasa sakit ketika melakukan tes duduk bersandar di dinding selama mungkin, serta melihat kemampuan bertahan para peserta. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa peserta yang bisa bertahan tes tersebut ternyata cenderung memiliki jumlah teman (jaringan sosial) lebih banyak. Selain itu, didapati pula pada mereka yang memiliki jumlah teman (jaringan sosial) lebih sedikit, cenderung mengalami tingkat stres yang lebih tinggi.

Dikemukakan dari hasil penelitian tersebut, hal utama yang memengaruhi hubungan antara jumlah jaringan sosial (pertemanan) dengan kesehatan, adalah zat kimia di otak yang bertanggung jawab terhadap rasa bahagia dan dapat menjadi obat alami pereda rasa nyeri, yang disebut dengan Endorphins (endorfin) . Didapati bahwa semakin banyak jumlah teman dapat secara langsung berpengaruh terhadap kadar Endorphins (endorfin). Pada studi berbeda, yang dilakukan oleh para peneliti di Oxford University, tingkat Endorphins (endorfin) juga telah dikaitkan dengan ikatan sosial, antara hewan dan manusia.

Nah, itulah alasannya mengapa memiliki jumlah teman yang lebih banyak dapat menjadi cara alami menurunkan risiko seseorang untuk menderita sakit dan tentunya menjadi lebih sehat. Selain itu, dapat disimpulkan pula bahwa kita dapat menghindari stres dengan memiliki banyak teman.

Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan, terkait penjelasan tentang pengaruh jumlah teman (jaringan sosial) lebih banyak, dapat bermanfaat menjadikan seseorang tidak mudah sakit. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top