Advertisement
Cegah Katarak Dengan Konsumsi Makanan Kaya Vitamin C - Selama ini, kebanyakan orang berpikir bahwa untuk menjaga kesehatan mata, hanya bisa didapat dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin A saja. Walapun tidak sepenuhnya salah, namun perlu diketahui pula, bahwa usaha menjaga kesehatan mata, khususnya dari gangguan katarak justru disarankan oleh para ahli untuk mengonsumsi pula makanan yang kaya akan vitamin C.
Cegah Katarak Dengan Konsumsi Makanan Kaya Vitamin C
Cegah Katarak Dengan Konsumsi Makanan Kaya Vitamin C
Berdasarkan informasi yang dikutip dari blog The New York Times, mengabarkan sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal kesehatan Ophthalmology, menyebutkan bahwa dari hasil perbandingan antara seribu pasangan wanita kembar lanjut usia di Inggris, mereka yang mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan akan kandungan vitamin C, memiliki risiko lebih rendah untuk menderita katarak, hingga 20 persen.

Lalu, sepuluh tahun kemudian para peneliti kembali menindaklanjuti penelitian tersebut, dengan melakukan pengamatan terhadap lebih dari 300 pasang wanita kembar usia lanjut yang mengonsumsi lebih banyak makanan mengandung vitamin C, memiliki risiko lebih rendah terserang gangguan mata katarak hingga mencapai 33 persen. Hasil penelitian ini membuktikan orang yang mengonsumsi banyak vitamin C dan diet sehat akan memengaruhi kondisi penglihatannya, khususnya untuk menekan risiko gangguan katarak.

Diketahui bahwa, katarak sendiri merupakan penyakit yang cenderung menyerang orang-orang berusia lanjut, dimana bagian tertentu lensa mata menjadi keruh, dan berujung pada kaburnya penglihatan. Lensa mata yang menjadi keruh tersebut, umumnya dikarenakan berkurangnya cairan dalam mata yang memiliki kandungan vitamin C.

Diperkirakan dengan meningkatkan konsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang lebih tinggi akan memiliki dampak positif guna melindungi mata dari perkembangan katarak. Alasannya karena cara tersebut dapat meningkatkan jumlah kandungan vitamin C dalam cairan mata. Umumnya bila mata telah mengalami katarak dengan tingkat kekeruhan tertentu, maka operasi menjadi solusi untuk mengobatinya.

Sementara itu, makanan yang diketahui mengandung vitamin C tinggi dan disarankan untuk dikonsumsi adalah jeruk, melon, kiwi, brokoli, paprika merah, dan sayuran yang memiliki daun berwarna hijau gelap.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Vitamin C ternyata banyak sekali manfaatnya, selain menyembuhkan sariawan ternyata juga menghindari katarak. Info menarik yang harus dilakukan nih sebelum tua.

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top