Advertisement
Dampak Negatif Kebiasaan Minum Kopi Bagi Kesehatan Anak - Bagi orang dewasa minum kopi bisa menjadi salah satu kebiasaan yang menyehatkan tubuh. Telah banyak hasil temuan peneliti yang menyimpulkan bahwa selain menjadi minuman penambah semangat, minum kopi juga dapat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung penikmatnya. Namun, bagaimana dampak kebiasaan minum kopi, khususnya bagi kesehatan, bila ternyata hal tersebut dialami oleh anak-anak?
Dampak Negatif Kebiasaan Minum Kopi Bagi Kesehatan Anak
Kebiasaan Minum Kopi Pada Anak
Tak jarang, orang tua yang memiliki kebiasaan minum kopi juga memberikan pengaruh besar untuk menurunkan kebiasaannya tersebut pada anak-anak mereka. Bahkan, tak sedikit pula diantara anak-anak tersebut yang akhirnya menjadi pecandu kopi. Bukan itu saja, makin menjamurnya jajanan es kopi dengan berbagai rasa, ditengarai juga menyebabkan makin banyaknya anak-anak yang "tertular" kebiasaan minum kopi tersebut.

Bukan tanpa risiko, ternyata kebiasaan minum kopi pada anak, dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan loh. Lantas, apa saja dampak negatif kebiasaan meminum kopi untuk kesehatan anak tersebut? Nah, guna menjawab pertanyaan ini, redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang beberapa dampak negatif kebiasaan minum kopi bagi kesehatan anak, yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber tepercaya.

Dampak Negatif Kebiasaan Minum Kopi Bagi Kesehatan Anak


1. Memicu masalah insomnia
Menurut beberapa ahli kesehatan anak, disebutkan bahwa anak-anak lebih sensitif terhadap kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi, dan salah satu dampaknya dapat memicu masalah insomnia alias sulit tidur.

2. Keasaman kopi dapat menyebabkan masalah kerusakan gigi
Dampak negatif lainnya kebiasaan minum kopi bagi kesehatan anak adalah asam yang dihasilkan oleh kopi dapat menjadi penyebab masalah pada kerusakan gigi anak, yaitu memengaruhi kekuatan gigi dan menyebabkan gigi mudah berlubang.

3. Meningkatkan risiko pengeroposan tulang
Sifat kopi yang dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan air seni lebih tinggi atau yang lazim disebut sebagai efek diuretik, dapat menjadi salah satu penyebab dehidrasi. Nah, bagi anak yang memiliki kebiasaan minum kopi, maka potensi mengalami masalah tersebut akan semakin tinggi, keadaan ini ternyata dapat memengaruhi kesehatan tulang anak, pasalnya seringnya air seni yang keluar dan dehidrasi dapat menyebabkan ekskresi kalsium dari tubuh, dan tentu saja berdampak pula untuk meningkatkan risiko pengeroposan tulang pada anak.

4. Menurunkan nafsu makan
Bukan hal baru lagi, bila minum kopi dapat berdampak menurunkan nafsu makan. Bagi orang dewasa dengan masalah berat badan berlebih, mungkin hal ini dapat membantu, namun bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, maka keadaan tersebut menjadi salah satu dampak negatif yang dapat memengaruhi kesehatan mereka.

5. Menyebabkan masalah kesulitan berkonsentrasi
Dampak kandungan kafein pada kopi, ternyata dapat membawa masalah bagi tingkat konsentrasi anak. Pasalnya, bila telah terbiasa minum kopi, maka anak-anak akan lebih sulit berkonsentrasi, dan juga akan menyebabkan mudah marah, serta hiperaktif.

6. Menyebabkan masalah sakit kepala
Dampak negatif bagi kesehatan anak-anak yang memiliki kebiasaan minum kopi adalah menyebabkan masalah sakit kepala. Hal ini  berkaitan dengan tingkat sensitifitas anak terhadap kafein.

Nah, berkaitan dengan beberapa dampak negatif kebiasaan minum kopi bagi kesehatan anak di atas, maka disarankan kepada orang tua untuk menghindarkan anak dari kebiasaan minum kopi. Selain itu, hindarkan pula konsumsi kopi bagi anak di bawah usia 12 tahun.


Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan, tentang beberapa dampak negatif kebiasaan minum kopi bagi kesehatan anak. Semoga, informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. kopi belum terlalu baik untuk dikomsumsi anak anak sebenarnya, karena sistem pencernaan mereka belum siap untuk zat zat yang terkandung dalam kopi

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top