Advertisement
"Bicara" Cara Paling Efektif Dan Mudah Tingkatkan Perkembangan Otak Anak - Berbagai macam cara dapat ditempuh oleh orang tua, untuk meningkatkan kemampuan otak anak mereka, dari menggunakan beberapa permainan interaktif untuk merangsang kemampuan otak, hingga menggunakan bantuan tenaga ahli guna berkonsultasi secara rutin, untuk mendeteksi perkembangan otak anak mereka.
"Bicara" Cara Paling Efektif Dan Mudah Tingkatkan Perkembangan Otak Anak
"Bicara" Cara Paling Efektif Dan Mudah Tingkatkan Perkembangan Otak Anak
Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya, terdapat sebuah cara yang lebih mudah dan terbukti lebih efektif untuk tingkatkan perkembangan anak, bila dibandingkan dengan beberapa cara yang telah disebutkan di atas. Bicara, ya hanya dengan berbicara atau melakukan percakapan dengan anak, ternyata dapat memberikan dampak positif untuk membantu meningkatkan perkembangan otak anak Anda.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari situs psychologytoday.com, dari publikasi ilmiah yang ditulis oleh  Dr. Dana Suskind dalam bentuk buku dengan judul, Thirty Million Words: Building a Child’s Brain, menyebutkan bahwa berbicara atau melakukan percakapan dengan anak, merupakan sebuah cara terbaik bagi perkembangan otak anak. Disebutkan oleh Dr. Dana Suskind, "Tidak peduli bahasa, budaya, nuansa kosakata, atau status sosial ekonomi, bahasa adalah elemen yang membantu mengembangkan otak untuk potensi optimal."

Pada hasil studi ilmiah lainnya, yang dilakukan oleh peneliti dari University of Kansas (Betty Hart dan Dr.Todd Risley, 1995), mengungkapkan sebuah fakta bahwa, anak-anak yang telah mendengar beberapa ribu kata baru, memiliki kemampuan lebih baik dalam membaca, dan juga memiliki lebih banyak kosakata.

Lantas, kapankah waktu yang tepat untuk melakukan percakapan dengan anak? Diketahui bahwa, semakin cepat anak diajak berbicara, maka akan semakin cepat pula otak si anak dapat berkembang. Mengajak bicara anak di usia bayi ataupun balita, dapat menjadi awal yang baik, selain itu juga dapat memberikan beberapa manfaat yaitu, anak-anak akan mendapatkan pengalaman verbal yang lebih banyak, pengenalan dan peningkatan jumlah kosakata, dan meningkatkan kemampuan memori, penalaran, dan kemampuan konseptual.

Nah, bagi Anda pembaca SpesialTips! yang telah memiliki anak, mulai kini sebaiknya memperbanyak melakukan percakapan dengan anak Anda, dengan memperbanyak jumlah kosakata baru dalam setiap percapakan yang dibuat dengan anak Anda, selain itu jangan lupa untuk memberikan pula penjelasan-penjelasan terkait kata baru yang diajarkan.

Demikianlah informasi singkat tentang, bicara sebagai cara paling efektif dan mudah, untuk meningkatkan perkembangan otak anak. Semoga informasi ini dapat menjadi tambahan pengetahuan, yang bermanfaat bagi pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top