Advertisement
Tips Menyesuaikan Pola Makan Berdasarkan Tipe Bentuk Tubuh - Berbagai macam cara digunakan setiap orang untuk menjaga bentuk tubuhnya agar tetap terlihat langsing, dari menggunakan cara berolahraga rutin hingga melakukan diet ketat. Namun terkadang setelah mengaplikasikan berbagai macam cara tersebut, bentuk tubuh yang diidamkan tak kunjung berhasil diperoleh. Salah satu penyebab mengapa hal ini terjadi, dikarenakan setiap orang memiliki kemampuan dan ciri tubuh yang berbeda berkaitan dengan metabolisme dalam tubuh, baik dalam kemampuan menyimpan serta membuang lemak.
Tips Menyesuaikan Pola Makan Berdasarkan Tipe Bentuk Tubuh
Tips Menyesuaikan Pola Makan Berdasarkan Tipe Bentuk Tubuh
Bagi Anda yang kerap mengalami kegagalan dalam usahanya untuk memperoleh bentuk tubuh langsing, mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk mecoba solusi membentuk tubuh yang ideal dengan cara menyesuaikan pola makan berdasarkan tipe bentuk tubuh Anda. Sebelum menjelaskan hal apa saja yang perlu dilakukan terkait dengan pengaturan pola makan, ada baiknya Anda ketahui dulu tipe bentuk tubuh Anda, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kemampuan serta ciri tubuh yang berbeda akan sangat berpengaruh dalam proses mendapatkan tubuh langsing.

Diketahui bahwa terdapat beberapa tipe bentuk tubuh yang dimiliki manusia, diantaranya adalah betuk tubuh yang menyerupai bentuk buah Apel, bentuk buah Pir (Pear), bentuk Piramid Terbaik serta bentuk Jam Pasir. Berdasarka bentuk tubuh tersebut, maka dapat ditentukan pendekatan penyesuaian pola makan yang sesuai, berikut informasi selengkapnya.

Tipe Buah Apel
Tips Menyesuaikan Pola Makan Berdasarkan Tipe Bentuk Tubuh
Tipe Buah Apel
Bentuk tubuh dengan tipe buah apel cenderung terlihat agak lebar dengan lemak yang terkumpul pada bagian pinggul. Hal ini menyebabkan bagian pinggul dan perut terlihat lebar dan gemuk. Selanjutnya tipe tubuh berbentuk apel biasanya penyuka makanan yang mengandung gula tinggi, soda serta kafein selain tu termasuk dalam tipe orang yang sulit melakukan diet.

Bagi pemilik bentuk tubuh buah apel sebaiknya memperhatikan hormon insulinnya, sebagai hormon yang sangat berpengaruh akibat dari kebiasaan makannya. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh orang yang memiliki bentuk tubuh buah apel ini adalah makanan yang mengandung protein murni seperti ayam, daging sapi tanpa lemak serta ikan, dan lengkapi juga dengan mengonsumsi telur, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran hijau. Lalu, makanan yang sebaiknya dibatasi dalam konsumsinya adalah yang mengandung karbohidrat tepung, serta makanan yang mengandung gula yang tinggi, dan usahakan untuk menekan konsumsi kopi.

Tipe Buah Pir (Pear)
Tips Menyesuaikan Pola Makan Berdasarkan Tipe Bentuk Tubuh
Tipe Buah Pir (Pear)
Bentuk tubuh buah pir umumnya lebar di area pinggul dan paha. Mirip dengan bentuk tubuh buah apel, namun biasanya area atas terlihat lebih langsing. Pemilik bentuk tubuh ini mungkin akan mengalami sedikit frustrasi ketika berat badannya bertambah, karena sebagian lemak akan terkumpul pada bagian pinggul dan paha sehingga akan kesulitan melakukan aktifitas.

Selanjutnya makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh pemilik tipe bentuk tubuh seperti ini adalah, makanan yang mengandung serat yang tinggi, sayuran serta buah-buahan. Selain itu, makanan yang harus dihindari adalah susu dengan kadar lemak yang tinggi, daging, kafein, alkohol, serta kedelai yang terfermentasi seperti tahu.

Tipe Piramida Terbalik
Tips Menyesuaikan Pola Makan Berdasarkan Tipe Bentuk Tubuh
Tipe Piramida Terbalik
Pemilik bentuk tubuh dengan tipe piramida terbalik biasanya memiliki bahu yang lebih luas serta terlihat lancip ke arah pinggang dan pinggul, selain itu tipe bentuk ini cenderung menyimpan lemak tambahan pada lengan, dada dan punggung. Umumnya orang dengan tipe bentuk tubuh tersebut menyukai makanan yang berlemak, makanan yang agak asin, makanan cepat saji dan juga minuman yang mengandung alkohol.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh pemilik bentuk tipe tubuh piramida terbalik adalah, gandum, beras merah, sayuran hijau serta buah-buahan yang berserat tinggi. Sebaliknya, makanan yang sebaiknya dihindari adalah daging, keju, makanan ringan, garam serta minuman berkafein.


Tipe Jam Pasir
Tips Menyesuaikan Pola Makan Berdasarkan Tipe Bentuk Tubuh
Tipe Jam Pasir
Tipe bentuk tubuh jam pasir umunya memiliki pinggul yang lebih langsing dibandingkan bagian lainnya, dan biasanya mempunyai dada serta pinggang berisi. Selain itu orang dengan tipe bentuk tubuh ini cenderung menyukai makanan yang mengandung karbohidrat serta susu.

Lantas, makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh pemilik bentuk tubuh dengan tipe jam pasir adalah gandum, sayuran mentah, serta buah-buahan. Disarankan pula untuk membatasi konsumsi daging dengan lemak tinggi dan susu, selain itu makanan yang baiknya dihindari adalah minuman berkafein, karbohidrat olahan, serta makanan yang mengandung banyak gula.


(Sumbermindbodygreen.com)

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan, tentang Tips Menyesuaikan Pola Makan Berdasarkan Tipe Bentuk Tubuh, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat setia SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top