Advertisement
4 Tips Memilih Air Mineral Dalam Kemasan yang Aman Untuk Diminum - Apa yang Anda lakukan bila kehausan di tengah perjalanan, tanpa menyiapkan bekal air minum sebelumnya? Mungkin sebagian besar diantara kita akan sepakat untuk membeli air mineral dalam kemasan sebagai solusinya.
4 Tips Memilih Air Mineral Dalam Kemasan yang Aman Untuk Diminum
Tips Memilih Air Mineral Dalam Kemasan yang Aman Untuk Diminum
Membahas tentang air mineral dalam kemasan, banyak orang beranggapan bahwa semua air mineral dalam kemasan telah terjamin kualitasnya, sehingga aman untuk diminum. Sayangnya, hal ini tak sepenuhnya benar, pasalnya tak semua merek air mineral dalam kemasan telah memenuhi standar terkait dengan kualitas air minum yang telah ditentukan oleh lembaga yang berwenang, seperti BPOM, Departemen Kesehatan dan Badan Standarisasi Nasional. 

Selain masalah masih adanya masalah pada standar kualitas air mineral yang aman untuk diminum, belakangan juga muncul sebuah video yang tengah viral, tentang keganjilan kondisi tutup botol sebuah merek air minum dalam kemasan ternama di Indonesia yang dapat dengan mudah dibuka dengan cara dicungkil, dimana keadaan ini dikhawatirkan oleh sebagian besar konsumen telah terjadi pemalsuan kemasan air mineral dengan isi air yang tak layak minum oleh pihak yang tak bertanggungjawab.

Nah, berkaitan dengan masalah yang telah diuraikan tersebut, maka pada kesempatan kali ini, redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi yang dirangkum dari berbagai sumber, tentang beberapa tips penting untuk memilih air mineral dalam kemasan yang aman untuk diminum.


4 Tips Memilih Air Mineral Dalam Kemasan yang Aman Untuk Diminum

1. Perhatikan bentuk kemasan
Tips pertama ketika memilih air minum dalam kemasan adalah memperhatikan terlebih dahulu bentuk kemasan. Beberapa hal yang patut diteliti dari bentuk kemasan adalah:
  • Kemasan tidak penyok
  • Kemasan tidak bocor
  • Kemasan air mineral memiliki label PETE (Polyethylene Terephthalate) yang ditandai dengan gambar segitiga.
2. Perhatikan tanggal kedaluwarsa yang tertera di kemasan
Setelah meneliti bentuk kemasan, jangan lupa pula untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa air mineral dalam kemasan. Hindari membeli dan mengonsumsi air mineral dalam kemasan dengan tanggal yang mendekati masa kedaluwarsa.

3. Kocok air di dalam kemasan
Bila sahabat sekalian masih khawatir setelah melakukan dua langkah di atas, maka disarankan untuk mengocok air mineral di dalam kemasan. Sesaat setelah dikocok, perhatikan air dalam kemasan apakah terdapat serat ataupun partikel yang kasat mata, di bawah sinar cahaya lampu atau matahari. Bila ada, maka air mineral di dalam kemasan tersebut sudah tidak layak untuk diminum.

4. Hindari membeli air mineral yang telah terpapar panas dalam waktu lama
Disarankan untuk tidak membeli air mineral yang telah terpapar panas dalam waktu lama, misalnya panas dari sinar matahari, atau panas akibat ditempatkan berdekatan dengan benda yang memancarkan suhu panas. Hal ini dikarenakan suhu panas yang bisa mengubah kualitas air di dalam kemasan.

Selain empat tips di atas, disarankan pula untuk memperhatikan kebersihan tempat sekitar air mineral diletakkan. Tak lupa pula untuk memperhatikan kode standarisasi pada kemasan air mineral yang dibeli, bila tidak ada maka disarankan untuk tidak membelinya untuk dikonsumsi.
Nah demikianlah informasi tentang 4 tips memilih air mineral dalam kemasan yang aman untuk diminum. Semoga saja, sajian dari SpesialTips! tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top