Advertisement
Google Rilis Pembaruan (Update) Layanan Google Earth Dengan Penambahan 4 Fitur Canggih Nan Unik - Revolusioner, mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan layanan Google Earth ketika pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005 lalu. Bagaimana tidak, layanan unik milik Google yang mampu menampilkan secara rinci permukaan bumi dari hasil pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D kepada penggunanya, menjadi layanan melihat isi permukaan bumi tercanggih pertama yang bisa diakses langsung oleh khalayak umum secara gratis melalui internet.
Diperbarui, Google Earth Tampil Beda Dengan 4 Fitur Canggih Nan Unik
Google Earth Tampil Beda Dengan 4 Fitur Canggih Nan Unik
Sayangnya, selang beberapa tahun berjalan, layanan Google Earth tak mengalami banyak perubahan berarti, baik dari segi tampilan dan fitur. Alhasil, banyak netizen yang mulai melupakan layanan unik tersebut, dengan dalih minim fitur dan merasa bosan dengan kemampuan Google Earth yang itu-itu saja. Menyikapi masalah tersebut, maka Google akhirnya mulai tergerak untuk membuat perubahan besar di layanan Google Earth, hal ini dibuktikan dengan dirilisnya pembaruan (update) besar-besaran pada layanan Google Earth tanggal 18 April 2017 lalu, dengan ditambahkannya 4 (empat) fitur canggih nan unik melalui halaman resmi mereka.

Nah, berkaitan dengan rilis pembaruan layanan Google Earth tersebut, maka pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba mengulas seperti apa keempat fitur baru yang disebut-sebut mengubah wajah lama Google Earth menjadi semakin canggih dan tentunya tidak lagi membosankan.


4 Fitur Canggih Baru di Layanan Google Earth

1. Fitur Voyager
Fitur baru di layanan Google Earth pertama adalah Voyager. Disebutkan oleh Google dalam rilisnya, fitur Voyager adalah layanan tur interaktif, dimana pengguna tak hanya bisa melihat tempat-tempat tertentu di layanan Google Earth, namun juga bisa mendengarkan narasi yang menjelaskan informasi penting apa saja yang terdapat di tempat yang Anda jelajahi tersebut. Uniknya, kehadiran fitur Voyager yang banyak melibatkan para ilmuwan dan organisasi terkait, diperkaya dengan lebih dari 50 tur interaktif dan akan terus ditambahkan setiap minggunya.

Fitur Voyager Di Layanan Google Earth
Fitur Voyager Di Layanan Google Earth

2. Fitur I'm Feeling Lucky (Saya Merasa Beruntung)
Fitur canggih baru nan unik lainnya di layanan Google Earth adalah dihadirkannya tombol "I'm Feeling Lucky). Lantas, apa yang unik dengan fitur ini? Berdasarkan penjelasan Google, diketahui bila fitur "I'm Feeling Lucky" akan memberikan pengalaman berbeda dalam menggunakan layanan Google Earth, dimana pengguna yang mengakses fitur tersebut akan dibawa secara acak ke tempat-tempat unik lengkap dengan penjelasan terkait, seperti sejarah dan fakta penting dari tempat yang dikunjungi.

Fitur I'm Feeling Lucky Di Layanan Google Earth
Fitur I'm Feeling Lucky Di Layanan Google Earth

3. Fitur 3D (Tiga Dimensi)
Selain kedua fitur di atas, Google Earth juga menambahkan fitur canggih berupa tombol akses 3D. Dengan mengakses tombol 3D pengguna akan merasakan pengalaman berbeda saat menjelajahi berbagai tempat melalui layanan Google Earth yang ditampikan dalam bentuk tiga dimensi yang memungkinkan pengguna untuk melihat setiap sudut berbeda dari sebuah tempat. Tak hanya itu, melalui fitur 3D pengguna juga bisa mengirimkan sebuah kartu pos digital kepada teman, yang menunjukkan posisi tampilan tempat yang dikunjunginya dalam bentuk tautan.

Fitur 3D Di Layanan Google Earth
Fitur 3D Di Layanan Google Earth

4. Fitur This is Home
Google Earth juga memiliki fitur yang tak kalah unik lainnya yang bernama "This is Home". Dijelaskan oleh Google, fitur "This is Home" merupakan layanan untuk menjelajahi berbagai rumah tradisional yang tersebar di seluruh dunia. Bukan hanya bentuk luar rumah, dengan fitur ini pengguna juga bisa menjelajahi berbagai perspektif berbeda dari dalam rumah tradisional yang dikunjungi.

Fitur This is Home Di Layanan Google Earth
Fitur This is Home Di Layanan Google Earth

Bagaimana, penasaran untuk menjelajahi layanan Google Earth versi baru tersebut? Bila ya, Anda bisa mulai penjelajahan Anda dengan mengakses layanan web Google Earth melalui browser Chrome di komputer maupun smartphone Android.

Demikianlah informasi tentang pembaruan layanan Google Earth dengan penambahan 4 (empat) fitur baru nan uniknya. Semoga saja informasi tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top