Advertisement
Daftar Negara Paling Bahagia Di Dunia 2017, Indonesia Urutan Berapa? - Negara apa yang akan Anda sebut, bila ditanyakan perihal negara yang paling bahagia di dunia? Apakah Amerika Serikat, Jerman, Inggris atau Perancis? Ternyata bukan sahabat sekalian, karena berdasarkan hasil studi Badan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) negara yang memuncaki urutan sebagai negara paling bahagia di dunia adalah Norwegia.
Daftar Negara Paling Bahagia Di Dunia 2017
Daftar Negara Paling Bahagia Di Dunia 2017
Perlu diketahui bahwa setiap tahunnya PBB rutin melakukan studi untuk melihat dan mengukur tingkat kebahagiaan negara-negara di dunia, dan mengumumkan hasilnya dalam bentuk daftar "Indeks Kebahagiaan Dunia". Hal ini dilakukan sebagai usaha untuk mendorong peningkatan dan perbaikan kebijakan publik seluruh negara di dunia. 

Adapun dasar perbandingan dan penentuan nilai kebahagiaan dalam daftar tersebut, ditentukan berdasarkan beberapa variabel utama, diantaranya adalah GDP (Gross Domestic Product) per kapita, tingkat kesehatan sebuah negara, kebebasan memilih, tingkat korupsi di sebuah negara, sampai dengan tingkat empati dari penduduk tiap-tiap negara dan perilaku sosialnya.

Nah, berdasarkan informasi yang dikutip dari beberapa sumber (Time dan World Happiness Report) bila di tahun 2016 lalu, di dalam daftar yang dirilis oleh PBB tersebut menempatkan Denmark sebagai negara paling bahagia di dunia, maka kini peringkat dalam daftar negara paling bahagia di dunia tersebut mengalami perubahan yang cukup mengejutkan, dimana Norwegia yang sebelumnya menempati peringkat 4, berhasil menggeser posisi Denmark yang harus turun ke negara paling bahagia kedua di tahun 2017. Berikut urutan lima teratas, daftar negara paling bahagia di dunia di tahun 2017:

  1. Norwegia
  2. Denmark
  3. Islandia
  4. Swiss
  5. Finlandia

Sementara itu, urutan lima negara terbawah dalam daftar tersebut di sandang oleh Rwanda (peringkat 151), Suriah (peringkat 152), Tanzania (peringkat 153), Burundi (peringkat 154) dan Republik Afrika Tengah (peringkat 155). 

Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Bila di tahun 2016 Indonesia berada di posisi 79 negara paling bahagia di dunia, maka di tahun 2017, Indonesia harus turun di peringkat 81 dunia, di bawah China (peringkat 79) dan Pakistan (peringkat 80) dan tertinggal jauh dari negara tetangga Malaysia (peringkat 42). Hal ini disebabkan terjadinya penurunan poin level kebahagiaan di Indonesia dari tahun 2005-2007 ke 2014-2016, yaitu 0.243. Padahal di tahun 2016 lalu Indonesia sempat mengalami peningkatan poin mencapai 0,295.


Nah, demikianlah informasi tentang daftar negara paling bahagia di dunia di tahun 2017. Semoga sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top