Advertisement
Cara Mudah Mengirim File Berukuran Besar Melalui Gmail Dan Yahoo Mail - Pernah mengalami kendala saat ingin mengirimkan file penting berukuran besar melalui layanan email, seperti Gmail dan Yahoo Mail? Seperti yang kita ketahui bersama, umumnya penyedia jasa layanan email seperti Gmail dan Yahoo Mail membatasi jumlah ukuran file yang akan dilampirkan untuk dikirim ke alamat tujuan email lainnya, tidak lebih dari 25 MB. Sialnya, bagi beberapa orang yang jarang menggunakan layanan email, keadaan ini bisa jadi perkara runyam dan membingungkan.
Cara Mudah Mengirim File Berukuran Besar Melalui Gmail Dan Yahoo Mail
Cara Mudah Mengirim File Berukuran Besar Melalui Gmail Dan Yahoo Mail
Menghadapi kendala batas ukuran file yang terlalu besar untuk dikirim melalui email, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang cara mudah mengirim file berukuran besar melalui layanan email, Gmail dan Yahoo Mail. Hal apa saja yang perlu dilakukan? Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Mengirim File Berukuran Besar Melalui Gmail
  • Setelah masuk ke dalam layanan Gmail, maka lakukan tahapan-tahapan untuk mengirimkan email seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, seperti menuliskan terlebih dahulu alamat email penerima, serta judul atau subyek file yang akan dikirim.
  • Selanjutnya, untuk mengirim file dengan ukuran besar (lebih dari 25 MB), maka Anda perlu menyisipkan file tersebut melalui layanan Google Drive yang ditandai dengan gambar drive gmail di sebelah pilihan attach files . Perlu diperhatikan bahwa cara ini berbeda dengan menyisipkan file dalam ukuran kecil, dimana Anda dapat melakukannya dengan fitur attach files.
  • Sesaat setelah Anda mengakses fitur Google Drive tersebut, akan muncul sebuah halaman yang akan meminta Anda untuk menyisipkan file yang akan Anda kirim. Nah, bila file yang akan dikirimkan berasal dari komputer, maka Anda perlu melakukan upload (mengunggah) file, dengan cara mengakses pilihan bertuliskan select files from your computer atau lebih mudah lagi dengan melakukan drag file pada bagian yang telah ditentukan.
  • Langkah selanjutnya pilih file yang dimaksud, lalu tekan pilihan upload  yang terletak pada bagian bawah halaman tersebut. Tunggu hingga proses pengunggahan (upload) selesai.
  • Setelah proses tersebut selesai, maka Anda dapat langsung mengirimkannya kepada alamat penerima email yang dituju, dengan memilih pilihan send. Agar lebih jelasnya perhatikan penjelasan gambar berikut.
Cara Mengirim File Berukuran Besar Melalui Gmail
Cara Mengirim File Berukuran Besar Melalui Gmail

Cara Mengirim File Berukuran Besar Melalui Yahoo Mail 
  • Berbeda dengan langkah mengirim file berukuran besar melalui layanan email Gmail, hal yang perlu Anda ketahui saat ingin menggunakan Yahoo Mail untuk mengirimkan file ukuran besar yaitu memiliki akun layanan penyimpanan dan berbagi file Dropbox. Setelah itu, Anda perlu melakukan penyimpanan data file yang akan dikirim melalui email, ke layanan Dropbox terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, masuk ke layanan Yahoo Mail, dan lakukan tahapan mengisikan alamat penerima email dan juga menuliskan subyek email atau file yang akan dikirim.
  • Setelah itu, masuk ke tahapan menyisipkan file, dengan cara mengakses tanda panah di sebelah kana fitur attach file, dan pilih pilihan layanan bertuliskan share from Dropbox. (Perlu untuk diketahui bahwa bila Anda baru pertama kali menggunakan layanan Dropbox untuk menyisipkan file ke Yahoo Mail, maka nantinya Anda perlu terlebih dahulu mengaktifkan fitur Dropbox tersebut).
  • Selanjutnya akan muncul sebuah halaman yang meminta Anda untuk menyisipkan file, dimana Anda bisa mengambil file yang sebelumnya telah Anda simpan pada layanan Dropbox, atau dengan langsung melalukan pengunggahan (upload) file yang dimaksud dari dalam komputer Anda, untuk selanjutnya dikirimkan melalui email Yahoo.
  • Setelah selesai memilih dan menyisipkan file, maka langkah selanjutnya Anda dapat langsung mengirimkan file tersebut seperti layaknya mengirimkan email, yaitu dengan mengakses pilihan kirim (send). Untuk jelasnya perhatikan penjelasan gambar berikut.
Cara Mengirim File Berukuran Besar Melalui Yahoo Mail
Cara Mengirim File Berukuran Besar Melalui Yahoo Mail

Demikianlah informasi tentang cara mudah mengirim file berukuran besar melalui Gmail Dan Yahoo Mail. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. akhirnya terpecahkan juga masalah mengirim file yg berukuran besar...siiip terima kasih sob

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top