Advertisement
Jangan Anggap Remeh, Ini Dia Lima Mitos dan Fakta Penting Tentang Alergi yang Perlu Anda Ketahui - Apakah Anda termasuk orang yang memiliki alergi terhadap hal-hal tertentu, misalnya saja alergi dengan jenis makanan, minuman atau bahkan dengan obat-obatan? Bila ya, tentu saja keadaan tersebut sangatlah mengganggu, dan tak menutup kemungkinan dapat membahayakan jiwa. Perlu diketahui bahwa berdasarkan informasi yang dikutip dari wikipedia.org, alergi diartikan sebagai kegagalan kekebalan tubuh, di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik).
Jangan Anggap Remeh, Ini Dia Lima Mitos dan Fakta Penting Tentang Alergi yang Perlu Anda Ketahui
Ini Dia Lima Mitos dan Fakta Penting Tentang Alergi yang Perlu Anda Ketahui
Anehnya, selama ini muncul beberapa asumsi pada masyarakat awam tentang alergi dan berkembang menjadi mitos yang kerap dipercaya oleh kebanyakan orang. Padahal mitos tersebut sangatlah jauh dari kebenaran. Nah, guna terhindar dari dampak alergi yang tidak diinginkan, maka sangat penting artinya untuk diketahui, apa saja mitos yang berkembang selama ini dan fakta kebenaran dibalik alergi tersebut. Berdasarkan informasi yang dikutip SpesialTips! dari Boldsky setidaknya ada lima mitos dan fakta penting tentang alergi yang perlu Anda ketahui.

Mitos: Alergi hanya diderita oleh anak-anak dan akan hilang seiring waktu menjadi dewasa
Fakta: Banyak orang beranggapan bahwa alergi hanya diderita oleh anak-anak saja dan akan berangsur menghilang ketika ia menjadi dewasa. Faktanya, alergi juga kerap, bahkan banyak dialami pada orang dewasa, selain itu alergi yang diderita saat masih kecil tidak akan serta merta hilang, karena pada beberapa kasus penanganan terhadap alergi yang tidak tepat justru dapat mengakibatkan gangguan alergi menjadi lebih serius saat dewasa.

Mitos: Alergi pada jenis makanan tertentu tidaklah berbahaya, karena hanya mengakibatkan ruam pada kulit
Fakta: Kerap dianggap remeh, namun faktanya alergi pada makanan dapat sangat berbahaya bagi penderitanya, pasalnya alergi dapat memicu gejala disebut reaksi syok (shock) anafilaksis, dimana keadaan ini mampu menyebabkan tekanan darah menjadi sangat rendah dan mempersempit saluran udara, dampak terburuknya bisa berujung pada kematian.

Mitos: Bulu satu-satunya penyebab alergi yang berasal dari hewan
Fakta: Kebanyakan orang percaya bahwa satu-satunya masalah alergi dari hewan adalah karena bulunya. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata protein yang ditemukan pada sel kulit, air liur dan air seni hewan dapat menjadi penyebab terjadinya alergi.

Mitos: Intoleransi laktosa juga termasuk alergi susu
Fakta: Kerap dianggap sama dengan alergi susu, namun faktanya intoleransi laktosa bukanlah alergi. Bedanya, alergi susu adalah ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap protein dalam susu, sementara intoleransi laktosa merupakan masalah pencernaan akibat tubuh kesulitan mencerna laktosa pada susu.

Mitos: Makanan organik tidak dapat mengakibatkan alergi
Fakta: Beberapa hasil penelitian telah menunjukkan bahwa makanan alami atau organik, seperti kacang tanah, ikan, seafood, kedelai dan masih banyak lagi, bisa menjadi penyebab 90% terjadinya reaksi alergi.

Dari pemaparan di atas maka dapat kita ketahui bersama, bahwa alergi tak bisa dianggap remeh dan bukan hanya mengakibatkan bersin atau ruam pada kulit saja, namun bisa membawa dampak yang lebih berbahaya bagi kesehatan seseorang.


Demikianlah informasi tentang lima mitos dan fakta tentang alergi yang perlu untuk kita ketahui. Semoga bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top