Advertisement
Inilah Alasan Mengapa Keheningan Baik Untuk Kesehatan Otak Manusia - Suara, dapat diartikan sebagai sebuah gelombang energi yang merambat dan dapat ditangkap oleh telinga manusia. Di sisi lain suara, juga memiliki arti penting bagi manusia, karena dengan suara seseorang dapat berinteraksi dan berkomunikasi dalam kehidupan. Namun, bila berlebihan dan hadir dalam tingkat tertentu (di atas rata-rata), hingga berubah menjadi kebisingan, maka dampaknya suara dapat menjadi penyebab gangguan kesehatan manusia, khususnya pada kesehatan otak.
Inilah Alasan Mengapa Keheningan Baik Untuk Kesehatan Otak Manusia
Keheningan Baik Untuk Kesehatan Otak Manusia
Di kota-kota besar, kebisingan bahkan menjadi salah satu masalah tersendiri, hingga kehadirannya diartikan sebagai sebuah polusi, yang berdampak nyata bagi kesehatan manusia. Hal ini dibuktikan dengan laporan WHO (World Health Organization) pada tahun 2011, menyebutkan bahwa polusi suara menjadi sebuah wabah modern dan terbukti berdampak buruk bagi kesehatan penduduk di suatu daerah.

Terinspirasi dari masalah kebisingan (polusi udara), maka arti keheningan bagi manusia akan sangat penting artinya, selain sebagai salah satu cara menghindari masalah polusi, keheningan juga mampu memberikan kebaikan (manfaat) bagi kesehatan otak manusia. Nah, berkaitan dengan manfaat keheningan, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang beberapa alasan lain mengapa keheningan diperlukan dan baik untuk kesehatan otak seseorang.

Alasan Mengapa Keheningan Baik Untuk Kesehatan Otak Manusia

1. Keheningan mampu mengurangi stres
Menurut pendapat ahli kesehatan, pada jurnal ilmiah  American Psychological Association, selain dapat merusak pendengaran, kebisingan (polusi suara) dapat menjadi salah satu penyebab masalah tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Disebutkan pula, bahwa suara keras mampu berdampak nyata untuk mengaktifkan amigdala otak yang menyebabkan pelepasan hormon kortisol, sebagai biang keladi masalah stres.

Memiliki efek sebaliknya, keheningan berdasarkan hasil penelitian para ahli kesehatan, dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi stres. Dibuktikan dengan sebuah hasil penelitian pada tahun 2006, yang dipublikasikan pada jurnal US National Library of Medicine National Institutes of Health, menyebutkan bahwa berdasarkan perubahan tekanan darah dan sirkulasi darah di otak, dua menit dalam keheningan (suasana hening) dapat memberikan efek relaksasi lebih baik, dibandingkan dengan mendengarkan musik.

2. Keheningan mampu menjadi cara untuk mengembalikan (mengisi ulang) tingkat fokus seseorang
Aktivitas kerja otak sehari-hari seseorang salah satunya berasal dari rangsangan sensoris, dimana rangsangan pada tersebut memberikan pengaruh bagi kemampuan tingkat fokus (perhatian) seseorang.
Diketahui bahwa kemampuan seseorang untuk tetap dalam fokus, dapat menjadi berkurang (terkuras).

Berkaitan dengan masalah tersebut, keheningan dapat menjadi salah satu cara untuk mengembalikan (mengisi ulang) tingkat fokus seseorang, hal ini didasari dengan teori restorasi perhatian yang ditulis pada Journal of Environmental Psychology (1995), dimana otak dapat mengembalikan sumber daya yang dibatasi oleh aspek kognitif, dimana salah satunya adalah tingkat fokus seseorang, ketika ia berada dalam keadaan (lingkungan) dengan rangsangan sensoris yang lebih rendah dibandingkan dengan keadaan (lingkungan) biasanya.

3. Keheningan mampu memberikan manfaat bagi regenerasi sel-sel otak
Berdasarkan hasil penelitian di Research Center for Regenerative Therapies Dresden, Jerman, dan telah dipublikasikan pada jurnal Brain Structure and Function, ditemukan bahwa dua jam keheningan setiap hari menyebabkan perkembangan sel-sel baru di hippocampus, yaitu bagian dari otak besar yang terletak di lobus temporal, berhubungan dengan kemampuan belajar, memori dan emosi.

Berdasarkan beberapa alasan yang telah dikemukakan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa keheningan, dapat memberikan manfaat untuk melawan dampak kebisingan (polusi udara), dan tentu saja baik bagi kesehatan otak manusia.

Demikianlah informasi tentang beberapa alasan mengapa keheningan baik untuk kesehatan otak manusia. Semoga informasi tersebut, dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top