Advertisement
Ingin Tidur Malam Lebih Lelap? Coba Redupkan Lampu Kamar Mandi - Tidur malam dengan lelap, bagi beberapa orang bisa jadi perkara yang runyam, kerap terjaga atau terbangun di tengah malam, tak jarang memberikan dampak negatif terhadap kesehatan. Selain itu dapat mengakibatkan kurangnya waktu tidur malam, yang dapat memengaruhi kebugaran tubuh.  
Ingin Tidur Malam Lebih Lelap? Coba Redupkan Lampu Kamar Mandi
Tidur Malam Lebih Lelap Dengan Meredupkan Lampu Kamar Mandi
Melihat masalah tidur malam yang mengganggu tersebut, ternyata para ilmuwan menemukan sebuah cara unik dan mudah agar dapat tidur malam lebih baik, tanpa harus mengonsumsi berbagai macam obat-obatan kimiawi untuk 'memaksa' tubuh Anda, agar dapat tidur dengan lelap tiap malamnya.

Caranya adalah dengan meredupkan lampu kamar mandi ataupun toilet di rumah Anda. Mungkin kening Anda akan mengerut, dan muncul pertanyaan, apa hubungannya meredupkan lampu kamar mandi/toilet dengan tidur malam lebih lelap? Menjawab pertanyaan ini, biasanya seseorang akan ke kamar mandi untuk menggosok gigi dan juga 'ritual' lainnya, dimana kebanyakan kamar mandi memiliki lampu dengan tingkat cahaya (terang) yang cukup tinggi. 

Nah, paparan cahaya dari lampu di kamar mandi tersebutlah, yang menyebabkan tubuh yang sebelumnya dipersiapkan untuk beristirahat, justru menjadi 'terbangun',  dimana hal ini dijelaskan oleh Russell Foster seorang profesor dari Oxford University. Selain itu, disebutkan pula bahwa cahaya lampu pada malam hari, dapat mengganggu ritme alami tubuh untuk beristirahat. Menguatkan pendapat tersebut, berdasarkan penelitian yang berbeda di Amerika Serikat , mengungkapkan bahwa pengaruh pencahayaan lampu di dalam ruangan kantor dapat memengaruhi tidur malam seseorang, yaitu mengurangi tidur lebih lelap lebih dari 30 menit.

Sebenarnya tubuh manusia memiliki jam alami yang mengatur ritme aktivitas, kapan harus terjaga dan juga kapan tubuh akan beristirahat, dan jam alami ini sangat dipengaruhi oleh intensitas cahaya. Oleh sebab, itu pada saat menjelang tidur malam, kita disarankan untuk mematikan semua lampu, agar dapat merangsang jam alami tubuh untuk beristirahat.

Bila Anda kerap mengalami keadaan terbangun secara tiba-tiba, atau pun sulit untuk tidur, ada baiknya mulai kini Anda meredupkan cahaya di kamar mandi, untuk mendapatkan tidur malam yang lebih baik.

Demikianlah informasi singkat yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini. Semoga informasi ini, dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top