Advertisement
Bulan Lahir Dapat Memprediksi Kesehatan Mental? Ini Dia Jawabannya - Dapatkah waktu lahir, menjadi acuan untuk memprediksi kesehatan mental seseorang? Eits, jangan dulu menghubungkan pertanyaan tersebut dengan hal tak masuk akal seperti ramalan zodiak atau pun jenis ramalan lainnya, yang tidak bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah, karena prediksi terkait masalah kesehatan mental yang akan dibahas kali ini, adalah seratus persen berkaitan dengan pembuktian secara ilmiah.
Bulan Lahir Dapat Memprediksi Kesehatan Mental? Ini Dia Jawabannya
Bulan Lahir Dapat Memprediksi Kesehatan Mental? Ini Dia Jawabannya
Menjawab pertanyaan di atas, maka redaksi SpesialTips! mencoba untuk berbagi informasi yang dikutip dari sumber situs psychologytoday.com. Dimana, terungkap beberapa hasil studi ilmiah yang menjelaskan tentang bagaimana bulan lahir dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Apa dan bagaimana, hasil studi ilmiah yang telah dilakukan para ahli tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

Berdasarkan penelitian pada tahun 2012, sekelompok ilmuwan di Queen Mary University di London (Inggris), melakukan sebuah studi ilmiah untuk mencari tahu, apakah bulan lahir dapat berpengaruh terhadap risiko seseorang untuk mengidap schizophrenia, bipolar disorder dan gangguan depresi berat. Dari hasil pengamatan terhadap 29 juta orang di Inggris, terungkap bahwa terdapat 58 ribu orang mengidap satu dari tiga gangguan kesehatan mental tersebut. Hasil lainnya pada penelitian ini menyebutkan, seorang bayi yang lahir pada bulan-bulan di musim dingin, khususnya di bulan Januari memiliki risiko terbesar untuk menderita schizophrenia dan bipolar disorder. Sementara itu, bagi bayi yang lahir pada musim semi khususnya pada bulan Mei, umumnya mempunyai risiko terbesar untuk mengalami gangguan depresi.

Selain itu, studi ilmiah tersebut menyebutkan pula beberapa bulan lahir dengan nilai signifikan terendah (risiko lebih kecil) untuk mengalami gangguan kesehatan mental, diantaranya adalah gangguan mental schizophrenia, memiliki nilai signifikan terendah terhadap mereka yang lahir di bulan Juli. Selanjutnya, untuk gangguan bipolar (bipolar disorder), disebutkan memiliki nilai signifikan terendah bagi orang yang lahir pada bulan Agustus dan September. Nah, bagi mereka yang lahir di bulan November, memiliki nilai signifikan terendah untuk menderita depresi. 

Pada hasil penelitian lainnya yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah The British Journal Of Psychiatry, menemukan dari 27.000 kasus bunuh diri, yang terjadi di antara tahun 1970 dan 2001 terungkap bahwa, individu yang lahir pada bulan April, Mei dan Juni memiliki risiko terbesar untuk bunuh diri.

Bagi Anda tak perlu menjadi panik, apabila memiliki kesamaan bulan lahir dengan risiko tertinggi untuk menderita gangguan kesehatan mental, yang ditunjukkan melalui hasil penelitian di atas, pasalnya kejadian tersebut memiliki efek yang relatif kecil, dan dengan penanganan yang tepat risiko gangguan kesehatan mental dapat diperkecil.

Demikianlah informasi singkat tentang pembuktian ilmiah bahwa, bulan lahir dapat memprediksi kesehatan mental seseorang. Semoga informasi ini dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna bagi sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top