Advertisement
5 Kesalahan Saat Menggunakan Celana Dalam Yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan - Kita semua pastinya tahu apa itu celana dalam. Diartikan sebagai salah satu jenis pakaian yang digunakan sehari-hari di bawah pakaian lainnya (celana), yang berguna untuk melindungi tubuh dari kelembapan penyebab munculnya bakteri dan jamur di area tertentu pada tubuh. Selain itu, celana dalam juga memiliki fungsi estetika guna membentuk lekuk tubuh.
5 Kesalahan Saat Menggunakan Celana Dalam
5 Kesalahan Saat Menggunakan Celana Dalam
Namun, tahukah Anda bahwa menggunakan celana dalam sebenarnya tak bisa sekedar asal pakai, pasalnya beberapa kebiasaan saat menggunakan celana dalam yang dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan penggunanya. Nah, berhubungan dengan masalah tersebut, redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang beberapa kesalahan saat menggunakan celana dalam yang dapat bedampak buruk bagi kesehatan. Dilansir dari huffingtonpost.com sebagai sumber informasi, berikut adalah 5 Kesalahan Saat Menggunakan Celana Dalam Yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan.

1. Terlalu Ketat
Salah satu kesalahan saat menggunakan celana dalam yang paling sering diabaikan oleh penggunanya adalah terlalu ketat. Umumnya hal ini terjadi saat pertama kali menggunakan celana dalam yang baru, dengan anggapan setelah beberapa kali penggunaan, maka lama kelamaan akan menjadi longgar. Nah, ternyata kebiasaan menggunakan celana dalam seperti ini, dapat berakibat buruk pada kesehatan, hal ini dikarenakan celana dalam yang terlalu ketat akan menimbulkan gesekan yang dapat mengakibatkan iritasi pada bagian tubuh tertentu, apalagi bila penggunanya adalah seorang wanita pada masa menopause. Dijelaskan oleh Raquel B. Dardik, MD. selaku pakar kesehatan di NYU Langone Medical Center, bagi wanita yang telah memasuki masa menopause, maka pada bagian yang tertutupi oleh celana dalam akan menjadi lebih sensitif (menjadi tipis), sehingga risiko iritasi lebih besar bila menggunakan celana dalam yang terlalu ketat.

2. Penggunaan Celana Dalam Berbahan Sintetis dan Sutera
Berbicara tentang bahan yang tepat untuk sebuah celana dalam, maka hampir semua peneliti sependapat bahwa celana dalam berbahan katun (cotton) merupakan bahan paling ramah dengan tubuh. Namun, dalam perkembangannya, kini telah banyak variasi pada bahan pembuatan celana dalam, diantaranya adalah bahan sintetis dan sutera. Apabila ada diantara sahabat SpesialTips! sekalian yang menggunakan celana dalam dengan bahan sintetis ataupun sutera, sebaiknya mulai kini untuk menghindari celana dalam dengan bahan tersebut, pasalnya bahan sintetis dan sutera tidak memiliki kemampuan yang baik guna proses pertukaran udara pada area yang tertutupi oleh celana dalam, hal ini dapat menyebabkan daerah tersebut menjadi lebih lembap, dan dapat memicu terjadinya gangguan jamur dan infeksi bakteri.

3. Membiarkan Celana Dalam Basah Karena Keringat
Kesalahan lainnya yang mungkin kerap dilakukan saat menggunakan celana dalam adalah membiarkannya dalam keadaan basah karena keringat, misalnya saja saat sedang beraktifitas di kantor, dengan alasan tak sempat, kebanyakan orang membiarkan celana dalam menjadi basah akibat keringat. Nah, kesalahan ini dapat berakibat buruk, karena dapat menjadi pemicu utama munculnya jamur dan bakteri.

4. Penggunaan Deterjen Non-hypoallergenic Untuk Mencuci Celana Dalam
Masalah utama dari munculnya iritasi pada bagian yang tertutupi oleh celana dalam adalah penggunaan deterjen dengan bahan non-hypoallergenic, atau memiliki bahan yang dapat menyebabkan alergi pada kulit, dimana bahan seperti ini umumnya terdapat pada deterjen dengan konsentrasi parfum yang tinggi.

5. Menggunakan Celana Dalam Saat Tidur di Malam Hari
Kesalahan paling umum pada kebiasaan menggunakan celana dalam yaitu penggunaannya pada saat sedang tidur di malam hari, alasannya pada saat tidur dengan menggunakan celana dalam dapat mengakibatkan peningkatan kelembapan pada area yang ditutupi oleh celana dalam, sehingga berisiko munculnya masalah gangguan jamur ataupun bakteri.

Nah, demikianlah informasi singkat tentang 5 Kesalahan Saat Menggunakan Celana Dalam Yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan. Semoga informasi tersebut, dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna bagi sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top