Advertisement
Selalu Merasa Lelah? Waspadai Serangan 5 Penyakit Ini - Banyak hal yang melatarbelakangi mengapa seseorang bisa merasa lelah, masalah pekerjaan hingga aktifitas lainnya sehari-hari dapat menjadi penyebab rasa lelah yang dialami. Biasanya, dengan istirahat yang cukup, pola makan yang sehat dan teratur, mengonsumsi multivitamin, serta menjauhi kafein dapat menjadi cara terbaik untuk mengembalikan kondisi tubuh yang menurun, hingga rasa lelah dapat teratasi.
Selalu Merasa Lelah? Waspadai Serangan 5 Penyakit Ini
Selalu Merasa Lelah? Waspadai Serangan 5 Penyakit Ini
Apabila semua cara diatas telah dilakukan namun Anda masih selalu merasa lelah, maka mungkin saja hal tersebut merupakan gejala dari beberapa penyakit yang mungkin tak disadari. Dilansir dari situs kesehatan prevention.com, disebutkan bahwa rasa lelah yang kerap dialami seseorang dapat menjadi sebuah gangguan pada kondisi medis, dimana beberapa penyakit serius selalu diindikasikan dengan kelelahan.

Nah, berkaitan dengan masalah gangguan penyakit yang ditandai dengan kelelahan tersebut, maka masih mengutip dari sumber yang sama, berikut adalah 5 Penyakit yang ditandai dengan kelelahan.

1. Anemia
Dikenal juga sebagai penyakit kurang darah, dimana tubuh mengalami penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam sel darah merah berada di bawah normal, yaitu hemoglobin (Hb) kurang dari 13,5 g/dL atau hematokrit (Hct) kurang dari 41% pada laki-laki, dan konsentrasi Hb kurang dari 11,5 g/dL atau Hct kurang dari 36% pada wanita. Selain selalu merasa lelah, Anemia juga ditandai dengan sulit tidur, kurang konsentrasi, denyut jantung yang cepat, nyeri dada, dan sakit kepala.

2. Hipertiroidisme
Hipertirodisme merupakan penyakit yang disebabkan akibat terlalu tingginya kerja kelenjar tiroid,  untuk menghasilkan hormon tiroid pada seseorang. Nah, salah satu tanda seseorang mengalami gangguan Hipertiroidisme ini adalah selalu merasa lelah. Selain gejala tersebut, gangguan ini juga dicirikan dengan penurunan berat badan secara tiba-tiba, peningkatan denyut jantung, aliran menstruasi yang lebih pendek dan kurang sering, dan peningkatan rasa haus. Hipertiroidisme yang umumnya dialami oleh wanita dengan usia 20 sampai dengan 30 tahun, akan tetapi beberapa kasus juga menunjukkan penyakit ini dapat dialami oleh wanita dengan usia yang lebih tua, dan juga oleh pria.

3. Diabetes
Penyakit ini umumnya dikenal juga sebagai penyakit kencing manis, yaitu penyakit yang diakibatkan kurangnya insulin dengan kata lain ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin (resistensi insulin). Diabetes sendiri dikategorikan menjadi diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2, dimana diabetes yang umumnya dialami oleh kebanyakan penderita diabetes di Indonesia adalah diabetes tipe 2. Selain selalu merasa lelah (kelelahan), gejala dari diabetes adalah haus yang berlebihan, sering buang air kecil, mudah merasa lapar, penurunan berat badan, mudah marah, dan penglihatan yang menjadi kabur.

4. Rheumatoid Arthritis
Disebut juga sebagai radang sendi, Rheumatoid Arthritis merupakan penyakit autoimun yang mengakibatkan peradangan dalam waktu lama pada sendi. Rasa lelah juga termasuk salah satu ciri dari gejala dari gangguan rheumatoid arthritis, selain itu gejala utama lainnya adalah rasa kaku pada sendi dan sekitarnya yang berlangsung sekitar 30 hingga 60 menit di pagi hari, bengkak pada daerah persendian (umumnya pada tangan).

5. Chronic Fatigue Syndrome
Secara umum Chronic Fatigue Syndrome (CFS) diartikan sebagai gangguan pada kondisi medis seseorang yang didominasi dengan perasaan letih dan lesu, serta terdapat masalah kognitif pada penderitanya. Selain rasa lelah yang datang terus menerus dan muncul dalam waktu yang lama, Chronic Fatigue Syndrome juga ditandai dengan sakit kepala, nyeri otot dan sendi, dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.

Demikianlah informasi singkat yang dapat SpesiaTips! bagikan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Info yang menarik. Sememangnya penyakit-penyakit tersebut memang boleh membuatkan kita mudah berasa penat dan tercungap-cungap sekiranya pesakit yang menghidapnya tidak mengawal penyakit tersebut.

    ReplyDelete
  2. Sekadar nak berkongsi, kopi juga didapati dapat melegakan sesak nafas lelah kerana kandungan kafein di dalam kopi mempunyai fungsi yang sama dengan ubat lelah yang bernama theophylline. Ini telah disahkan oleh satu kajian terperinci yang dilakukan di University of Manitoba di Winnipeg. Jadi kalau rasa lelah semasa kerja, janganlah rasa takut hendak meminum kopi.

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top