Advertisement
5 Alasan Mengapa Sesekali Kita Perlu Menangis ~ Mungkin banyak diantara sahabat SpesialTips! yang berpikir bahwa, menangis bukanlah hal yang perlu dilakukan, bila tidak terpaksa. Alasannya dikarenakan menangis biasanya datang selalu berhubungan dengan hal-hal sedih. Selain itu, menangis juga kerap dianggap sebagai refleksi lemahnya diri seseorang, khususnya oleh para pria.
5 Alasan Mengapa Sesekali Kita Perlu Menangis
5 Alasan Mengapa Sesekali Kita Perlu Menangis
Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu menangis. Diartikan sebagai, respon fisik akibat dari refleks ataupun dari gejolak emosi yang dirasakan oleh seseorang, menangis juga tak datang akibat rasa sedih saja, karena air mata yang keluar saat menangis dapat dikategorikan berdasarkan beberapa hal, yaitu:

  • Air Mata Basal ~ Adalah air yang dikeluarkan melalui mata, yang berasal dari kelenjar air mata dan berfungsi sebagai pelumas, proses ini disebut juga proses lakrimasi.
  • Air Mata Refleks ~ Merupakan respon yang terjadi secara alam pada mata, apabila mata mengalami keadaan masuknya zat asing dari luar, seperti debu, pasir, dan juga seperti saat memotong bawang.
  • Air Mata Emosional ~ Adalah air mata yang keluar akibat gejolak emosi, seperti saat sedih ataupun marah. Keadaan dimana hanya oleh manusia.
Selanjutnya, berkaitan dengan manfaat menangis bagi seseorang, maka berikut ini adalah informasi tentang 5 Alasan Mengapa Sesekali Kita Perlu Menangis.

1. Sebagai salah satu cara alami untuk membersihkan mata - Berdasarkan informasi tentang jenis air mata di atas, dapat kita ketahui salah satu alasan mengapa kita sesekali perlu untuk menangis adalah sebagai salah satu cara alami untuk membersihkan mata, dan juga menjaga kelembaban mata.

2. Menangis dapat berfungsi untuk membunuh bakteri - Diketahui bahwa, kandungan enzim Lysozymes yang dimiliki oleh air mata, bermanfaat untuk membunuh lebih dari 90 persen bakteri yang dapat menngganggu kesehatan mata.

3. Menangis dapat membantu mengurangi kadar Mangan (Mn) - Alasan lainnya mengapa sesekali menangis diperlukan, adalah karena menangis dapat membantu mengurangi kadar Mangan pada tubuh, dimana Mangan, merupakan mineral yang dapat mempengaruhi suasasana hati seseorang.

4. Menangis berguna juga untuk menurunkan tekanan darah - Salah satu manfaat menangis adalah berguna untuk menurunkan tekanan darah secara alami, selain itu dapat membuat tubuh seseorang menjadi lebih rileks.

5. Menangis dapat membantu menghaluskan kulit wajah - Mungkin tak banyak orang yang mengetahui manfaat air mata yang keluar saat kita menangis, dimana terdapat kandungan-kandungan pada air mata ternyata dapat membantu menghaluskan kulit wajah.

Selain alasan tersebut, menangis juga dapat membantu seseorang untuk dapat melepaskan emosinya dengan cara alami, dan pastinya lebih bermanfaat dibandingkan menggunakan cara lainnya. Demikianlah, sekelumit informasi tentang 5 Alasan Mengapa Sesekali Kita Perlu Menangis, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top