Advertisement
Bahaya! Hanya Dengan Pesan Singkat Android Dapat Dibobol - Bahaya mengancam pengguna Android di seluruh dunia. Dilansir dari situs cnet.com, mengabarkan bahwa salah satu perusahaan keamanan teknologi yang bergerak dibidang celah keamanan pada smartphone, Zimperium, berhasil menemukan sebuah celah keamanan pada Android melalui pesan singkat yang disebut dengan "Stagefright". Dipaparkan oleh perusahaan peneliti keamanan informasi tersebut, bahwa 95 persen (950 juta) dari total penyebaran Android di dunia, memiliki celah keamanan yang menyebabkan sistem operasi Android pada smartphone dapat dibobol hanya dengan menggunakan pesan singkat (sms/mms).
Bahaya! Hanya Dengan Pesan Singkat Android Dapat Dibobol
Bahaya! Hanya Dengan Pesan Singkat Android Dapat Dibobol
Pada hasil temuan Zimperium tersebut, terbukti bahwa dengan sebuah pesan singkat tertentu (Stagefright), ponsel Android dapat dengan mudah dibajak dan diambil alih, sekalipun pesan singkat yang masuk tersebut belum dibuka. Lantas bahaya apa yang mengancam dari celah keamanan tersebut? Dengan bermodalkan pesan singkat yang di dalamnya memuat perintah khusus itu, si pelaku dapat mengakses seluruh data yang terdapat pada ponsel Android, dan juga dapat menghapus data-data tersebut. Tidak hanya sampai disitu, pelaku pembobolan juga dapat mengaktifkan mikrofon dan kamera tanpa diketahui oleh pemilik ponsel, sangat berbahaya bukan?

Buruknya lagi, pembobolan Android dengan memanfaatkan sebuah singkat ini, bisa dilakukan pada seluruh smartphone berbasis Android, yang telah dipasarkan dalam kurun waktu lima tahun terakhir, selain itu celah keamanan Stagefright dapat merusak semua jenis sistem operasi Android seperti, Lollipop, KitKat, Jelly Bean, Gingerbread dan Froyo.

Salah satu cara untuk menghindari celah keamanan ini adalah dengan mematikan auto-retrieve pada pengaturan pesan singkat (mms). Walaupun tak menjamin sepenuhnya cara tersebut dapat menangkal pesan "jahat" tersebut, namun tak ada salahnya untuk dilakukan sebagai langkah pencegahan.

Demikian informasi yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top