Advertisement
Empat Manfaat Minum Cokelat Panas Bagi Tubuh - Siapa yang tak mengenal cokelat? Dikenal sebagai hasil olahan berupa makanan dan minuman dari biji Kakao dengan nama latin Theobroma Cacao, pastinya sudah tak asing lagi bagi kita. Berdasarkan literatur sejarah, cokelat pertama kali dikonsumsi oleh bangsa Mesoamerika kuno, dan termasuk dalam makanan/minuman para bangsawan, akan tetapi seiring perkembangan jaman, cokelat kini dapat dinikmati oleh siapa saja, serta dapat dijumpai hampir di seluruh penjuru dunia.
Empat Manfaat Minum Cokelat Panas Bagi Tubuh
Empat Manfaat Minum Cokelat Panas Bagi Tubuh
Pada perkembangannya cokelat yang diperkirakan berasal dari daerah Amazon utara sampai ke Amerika Tengah, lalu berhasil masuk ke Eropa pada abad ke 17. Fakta menarik dari sejarah panjang olahan biji Kakao ini, awalnya hanya di konsumsi dalam bentuk cair atau berupa minuman. Selanjutnya di tahun 1689 seorang dokter dan kolektor bernama Hans Sloane, mengembangkan sejenis minuman susu cokelat. (sumber: id.wikipedia.org)

Berkaitan dengan olahan cokelat dalam bentuk cair tersebut, atau yang lebih populer dengan minuman cokelat panas, ternyata memiliki manfaat yang beragam dan baik bagi kesehatan tubuh penikmatnya. Nah, berdasarkan hasil penelusuran dari berbagai sumber, maka kali ini redaksi SpesialTips! akan berbagi informasi tentang Empat Manfaat Minum Cokelat Panas Bagi Tubuh. Apa saja kebaikan yang bisa didapatkan dari segelas cokelat panas tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

1. Meningkatkan Kekuatan Dan Kemampuan Otak.
Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa minum cokelat panas, dapat membantu dalam meningkatkan kekuatan otak dan serta meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan . Hal ini disebabkan kandungan flavonoid pada cokelat , berkhasiat membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, sehingga makin banyak darah dan oksigen di otak, maka akan semakin pula otak bekerja khususnya dalam kemampuan memori.

2. Cokelat Panas Memiliki Kandungan Antioksidan Yang Tinggi.
Salah satu manfaat terbaik yang membuat berbeda cokelat panas dari minuman lain adalah kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Faktanya, antioksidan dalam cokelat panas justru lebih banyak bila dibandingkan dengan sebatang cokelat. Dimana kita ketahui bersama, antioksidan bermanfaat untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit berbahaya, diantaranya adalah kanker.

3. Menjaga Kesehatan Jantung.
Kandungan flavonoid yang terdapat dalam cokelat mampu menurunkan tekanan darah yang akan meningkatkan kondisi pembuluh darah, sehingga bermanfaat untuk mengurangi risiko seseorang terserang penyakit jantung. Nah, cukup dengan mengonsumsi dua cangkir cokelat panas dalam sehari, maka kesehatan jantung sahabat sekalian akan terjaga.

4. Menurunkan Berat Badan.
Manfaat lainnya dari mengonsumsi cokelat panas adalah mempu menjadi salah satu sarana untuk menurunkan serta menjaga berat badan. Hal ini disebabkan kekayaan kandungan kalori dalam segelas cokelat panas, akan mencukupi kebutuhan kalori harian seseorang, tanpa harus mengonsumsi makanan atau minuman tambahan. Namun, sebagai catatan penting untuk mendapatkan manfaat tersebut, perlu pula memperhatikan kadar jumlah campuran dalam cokelat panas tersebut, seperti susu dengan kadar lemak rendah, dengan jumlah gula yang sedikit.

Nah, demikianlah Empat Manfaat Minum Cokelat Panas Bagi Tubuh, semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi sahabat setia SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. ternyata coklat panas bisa menurunkan berat badan ya mas hehe

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top