Advertisement
Berbagai macam cara digunakan oleh penjahat dunia maya untuk mencuri akun seseorang. Salah satu target favorit para penyerang adalah data akun Google Anda yang berhubungan dengan email dan aplikasi tertentu. Berhubungan dengan cara atau teknik yang digunakan hacker jahat ini adalah dengan menggunakan teknik mengelabui korban dengan menyamarkan halaman resmi situs tertentu ataupun surat elektronik, dengan tujuan korban serangan dapat terperdaya untuk memasukkan data login seperti nama pengguna dan password milik mereka atau yang lebih dikenal dengan teknik phising.

Berkaitan dengan upaya kejahatan dunia maya dengan teknik phising tersebut, baru-baru ini Google Chrome meluncurkan salah satu aplikasi terbarunya untuk melindungi pemilik akun Google dari ancaman pencurian data pribadi. Adalah aplikasi Password Alert, sebuah fitur yang di update 29 April 2015 oleh Google Chrome ini, memberikan layanan perlindungan keamanan data pribadi yang berhubungan dengan akun Google Anda.

Cara Menggunakan Aplikasi Password Alert

Pada serangan phising, umumnya si korban akan menjumpai pesan elektronik yang berpura-pura sebagai pihak Google dan meminta korban untuk mengetikkan rincian data akun mereka untuk dapat masuk pada situs tertentu. Nah, jika si korban memasukkan password Google miliknya di situs tersebut, maka aplikasi Password Alert akan menampilkan pesan "Your Gmail password was just exposed to a non-Gmail page" dan  menyarankan penggunanya agar sesegera mungkin mengubah password miliknya. Pesan ini muncul sesaat setelah selesai mengetik karakter terakhir dalam password. Bagaimana cara memasang dan mengaktifkan aplikasi tersebut? Selengkapnya perhatikan langkah-langkah menggunakan Aplikasi Password Alert berikut ini.
  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memasang (install) aplikasi Password Alert pada browser Google Chrome Anda
  • Setelah Aplikasi terpasang, Anda akan diminta untuk melakukan login akun Google Anda, sekalipun Anda telah login sebelumnya.
  • Setelah melakukan login maka akan muncul notifikasi bahwa aplikasi Password Alert telah aktif dan terpasang pada Google Chrome Anda.
Untuk lebih jelasnya lihat pada penjelasan gambar di bawah ini.
Aplikasi Password Alert, Cara Terbaru Mengamankan Akun Google Anda
Langkah-langkah Memasang Aplikasi Password Alert
Demikian informasi singkat tentang cara mengamankan akun Google Anda, dengan menggunakan Aplikasi Password Alert. Semoga dapat bermanfaat bagi sahabat setia SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top