Advertisement

Tips Mengetahui Kebenaran Berita - Saat ini berita menjadi bagian penting bagi kehidupan manusia sehari-hari, dengan berita maka wawasan seseorang akan lebih bertambah.  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berita itu sendiri diartikan sebagai cerita atau keterangan mengenai kejadian/peristiwa yang hangat (baru terjadi), dengan kata lain berita merupakan informasi mengenai sesuatu yang baru atau sedang terjadi. Berita dapat disajikan dalam bentuk cetak, siaran radio, siaran televisi, pesan singkat, atau bahkan keterangan dari mulut ke mulut.Akan tetapi melihat perkembangan berita yang disampaikan saat ini, dimana berita yang disampaikan jauh dari kebenaran, mengakibatkan timbulnya perseteruan dan kesimpangsiuran. 
source image : doubtfulnewscom.c.presscdn.com

Misalnya saja berita tentang perkembangan pemilihan umum calon presiden beberapa waktu lalu, banyak berita yang satu sama lain saling bertentangan, terkait dengan berita kampanye masing-masing calon presiden, sampai dengan berita hasil perhitungan cepat jumlah pemilih masing-masing calon presiden. Kebenaran berita adalah hal yang sangat penting, bukan saja karena kejelasan informasi dari suatu berita, hal pentingnya kebenaran berita, adalah akibat yang timbul dari berita yang disampaikan. Oleh sebab itu SpesialTips! kali ini akan berbagi Tips Mengetahui Kebenaran Berita, agar sahabat sekalian dapat memilih berita yang berkualitas.

Tips Mengetahui Kebenaran Berita

  • Memeriksa kebenaran berita melalui pernyataan langsung (asli) dari obyek berita. Saat ini tidak terlalu sulit rasanya bila kita ingin mengetahui pernyataan langsung (asli) dari sumber berita. Banyak media yang memudahkan kita untuk melakukan hal ini, salah satunya adalah media Youtube. Misalnya saja, kita ingin tahu tentang pernyataan tokoh calon presiden Indonesia, yang sebelumnya menyatakan dirinya tidak akan ikut dalam pemilihan presiden Indonesia. Dengan melihat video asli yang di unggah di media Youtube, terkait pernyataan tersebut bisa kita ketahui, jadi kebenaran berita tersebut dapat dibuktikan.
  • Biasakan untuk melihat atau mendengar berita tidak dari satu sumber. Hal ini sebaiknya anda lakukan bila ingin mengetahui kebenaran berita, karena dengan melihat dari beberapa sumber, kita bisa membandingan mana berita yang relevan dan masuk akal. Akan tetapi anda diwajibkan untuk obyektif dalam memilih sumber berita, misalnya anda ingin mengetahui hasil perhitungan cepat pemilihan umum jangan hanya melihat dari salah satu media yang menyiarkan hasil tersebut, coba untuk melihat dari sumber lain yang tentunya memiliki kredibilitas dan berkompeten untuk menyiarkan berita tentang hasil pemilihan umum.
  • Teliti dalam melihat data dan fakta suatu berita. Misalnya saja dalam suatu berita dinyatakan bahwa nilai harga suatu barang naik sekian persen, sebelum mempercayai berita tersebut sebaiknya periksa kembali berapa besar persentasenya, perhitungan yang digunakan untuk mencapai nilai persentase tersebut, nilai awal harga barang, harga barang yang anda temui langsung di lapangan. Dengan kata lain selalu lakukan pembuktian benar atau tidaknya suatu berita melalui data dan fakta yang bisa anda peroleh.
  • Tanyakan kebenaran berita dari orang yang terlibat langsung. Bila memungkinkan, dalam mengetahui kebenaran berita sebaiknya anda tanyakan secara langsung benar atau tidaknya berita kepada sumber berita, saksi atau pelaku yang terlibat langsung dengan informasi asal berita. Cara ini memang cukup sulit dilakukan, akan tetapi hasil yang didapatkan lebih efektif dibanding kedua cara di atas. 
Nah demikian sekelumit informasi mengenai Tips Mengetahui Kebenaran Berita, semoga dapat bermanfaat, dan mampu menjadi oetunjuk untuk sabahat SpesialTips! semua, dari maraknya berita bohong atau fitnah.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Bener banget tuh om, banyak orang zaman sekarang yang suka nyebarin berita hoax, jadi kita mesti harus selidiki dulu kbenarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks gan...kalo setuju sama artikelnya...jaman sekarang terlalu banyak fitnah/hoax...orang awam malah jadi korban akibat berita ga bener

      Delete
  2. Om bagaimana caranya kita dapat langsung masuk ke situs yang benar benar asli dan tidak menjerumuskan kita, misalnya saya pernah mengakses 'daging kambing itu lebih rendah kolesterol daripada daging sapi' kemudian saya ketikkan di google search hasilnya beda beda om, blog paling atas bilang daging kambing lebih rendah kolesterol dari daging sapi kemudian blog dibawahnya bilang daging kambing sama daging sapi sama sama mengadung kolesterol yang perbandingannya sama, kemudian blog ketiga dibawahnya, daging kambing kolesterol lebih tinggi daripada daging sapi' kan bahaya tuh itu masalah kesehatan kalau banyak yang bohong atau hanya menulis blog hanya untuk kepentingan si pembuat blog kesehatan dibuat main main, lalu mana yang benar dan ternyata saya lihat sumber ketiga itu cuma orang orang yang buat blog berdasarkan copas, lalu bagaimana kita dapat mencari sumber yang asli dan terpercaya dan tidak seperti blog blog yang beredar di halaman google search? Terima kasih om answernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sederhana saja, bila terdapat data dan fakta yang bertolak belakang, bisa langsung menanyakan kebenaran berita tersebut melalui pihak yang berkompeten. Seperti ke situs kesehatan resmi, atau langsung ke ahli gizi yang benar-benar memahami kasus tersebut. Nah dengan begitu jawaban detail dan benar bisa di dapat

      Delete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top