Advertisement
Tips Melatih Meningkatkan Fokus Setelah Liburan - Salam Hangat sahabat SpesialTips! sekalian.
Menjelang usainya liburan panjang hari raya Idul Fitri, semua orang pasti akan bersiap-siap untuk kembali ke aktifitasnya sehari-hari. Tugas yang sekiranya menanti, baik untuk yang bekerja, maupun mereka yang masih berkutat dengan tugas sekolah dan kuliah.

Tips Melatih Meningkatkan Fokus Setelah Liburan
 courtesy of www.targetprocess.com
Akan tetapi sudah siapkah anda menghadapi tumpukan tugas-tugas yang akan dihadapi tersebut? Setelah menjalani liburan yang cukup panjang, kebanyakan orang mungkin akan mengalami kesulitan untuk beradaptasi, agar mampu kembali fokus dalam bekerja atau sekolah. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan berbagi tentang Tips Meningkatkan Fokus Setelah Liburan. 

Tips Melatih Meningkatkan Fokus Setelah Liburan.
  • Melatih stamina fokus anda. Setiap orang sebenarnya mampu untuk melatih stamina fokus mereka masing-masing, dengan cara yang cukup sederhana. Anda hanya perlu membuat target waktu untuk tidak melakukan kegiatan apapun, selain tugas yang di hadapi. Selain itu, hitung berapa lama anda bisa tetap fokusselama anda melakukan tugas tersebut. Setelah melakukan latihan ini, anda dapat mengetahui berapa lama anda bisa tetap fokus pada pekerjaan yang ditentukan, lakukan secara bertahap dan juga tambah target waktu, sehingga stamina fokus bisa bertambah.
  • Meditasi. Kegiatan ini tidak sekedar menjadi cara yang baik untuk bersantai, akan tetapi dengan meditasi selama 10 hingga 20 menit setiap hari, juga mampu melatih fokus anda. 
  • Membaca. Gunakan sisa liburan anda dengan banyak membaca, baik itu sekedar membaca novel ataupun biografi. Cobalah untuk membaca sesuatu tanpa berhenti, dalam waktu 30 menit. Setelah itu  secara bertahap tambah waktu membaca anda menjadi 1 jam, dengan jeda istarahat yang singkat pada saat anda membaca. Buat pertanyaan pada diri anda sendiri, di tiap halaman bacaan anda, apakah anda mampu berkonsentrasi dengan bahan bacaan anda dan memahami isi bacaan tersebut. Dengan cara ini, anda bisa meningkatkan fokus pada materi di depan anda, dan tentunya akan membantu anda untuk lebih fokus pada saat mulai bekerja atau belajar. 

  • Membuat catatan daftar kegiatan. Buatlah catatan daftar kegiatan anda dari yang paling diprioritaskan sampai kegiatan yang tidak terlalu penting. Dengan cara tersebut anda bisa meningkatkan fokus kegiatan yang dilakukan, sekaligus mampu membuat anda lebih efisien dalam beraktifitas nantinya.

  • Memotivasi diri dari gangguan. Jika anda ingin lebih fokus nantinya, disarankan agar anda selalu memotivasi diri dari gangguan yang dapat mengalihkan konsentrasi anda. Misalnya anda gemar melakukan chatting online baik di ponsel maupun komputer, hal ini sebenarnya adalah gangguan yang dapat mengalihkan fokus anda, untuk melakukan kegiatan yang lebih penting. Cara memotivasi diri, diantaranya adalah meyakinkan diri anda sendiri bahwa pekerjaan yang anda lakukan sangat penting, juga yakinkan diri anda akan keuntungan yang anda dapatkan bila tugas atau pekerjaan anda terselesaikan.
Demikianlah Tips Melatih Meningkatkan Fokus Setelah Liburan, semoga informasi ini dapat membantu sahabat semua untuk lebih siap dan fokus, menghadapi aktifitas setelah liburan.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Membuat catatan daftar kegiatan itu keren lohhhh ;)

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top