Advertisement
Tips Menjadi Guru yang Disukai Murid - Salam semangat sahabat SpesialTips! yang memiliki profesi sebagai seorang guru. Nah, kali ini SpesialTips! akan membagi tips jitu untuk menjadi seorang guru yang disukai oleh murid.

Bagi seorang guru, disukai murid adalah hal yang diidamkan, akan tetapi disukai murid bukanlah hal yang mutlak harus dikejar atau menjadi target seorang guru. Mengapa demikian? Karena apabila seorang guru hanya  mengejar prestasi sebagai seorang guru yang disukai muridnya, maka keprofesionalitasannya akan dipertanyakan.

Seorang guru yang hanya mengejar target untuk disukai oleh muridnya akan melupakan hal-hal dasar yang harus dilakukan sebagai seorang pendidik dan lebih cenderung menuruti semua kemauan muridnya dalam pembelajaran berlangsung.

Tips Menjadi Guru yang Disukai Murid


Untuk menjadi guru yang disukai murid, maka sahabat SpesialTips! yang memiliki profesi sebagai guru, dapat mengikuti tips-tips berikut:

1. Melakukan metode pembelajaran yang bervariasi
Seringnya guru masa kini lupa bahwa murid adalah individu yang memiliki ego. Metode ceramah yang sering kali digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran tidak akan selalu efektif karena murid akan mudah merasa bosan.

2. Mudah berteman tidak sama dengan menjadi teman bagi murid
Anda harus tahu perbedaan  'mudah berteman' dengan 'menjadi teman'. Mudah berteman dengan murid akan banyak membantu Anda memahami murid, karena Anda hanya sebagai pendengar pasif yang berusaha memahami kondisi dan keinginan murid. Apabila Anda berteman bahkan akrab dengan murid, maka hal itu akan menyulitkan Anda dikemudian hari.

Guru yang Disukai Murid
Photo by SpesialTips!

3. Memberikan motivasi
Guru yang disukai siswa adalah yang mampu membangkitkan keinginan murid untuk belajar, oleh sebab itu, sebaiknya Anda berlatih untuk memberikan motivasi kepada murid.

4. Humor tepat waktu
Meberikan humor sebagai penghilang kebosanan atau penat murid adalah baik apabila dilakukan pada waktu yang tepat dan sesuai. Jangan memberikan humor terlalu banyak atau memberikan humor ketika murid Anda sedang serius mengerjakan soal ujian karena justru akan mengganggu konsentrasi murid.

5. Sabar
Sikap sabar harus dikuasai di dalam ataupun di luar kelas. Setiap siswa memiliki daya tangkap yang berbeda-beda, oleh sebab itu, maklumilah apabila satu atau dua murid yang mengalami kesulitan dalam belajar sementara Anda merasa sudah menjelaskan dengan sangat terperinci. Sebaiknya Anda dengan sabar memberikan trik yang berbeda untuk mengulangi materi agar murid lebih mudah memahami.

6.Berbicara bukan marah
Adakalanya murid melakukan hal-hal yang membuat Anda kecewa, pada saat seperti itu, ungkapkanlah perasaan Anda dengan berbicara yang baik dan bukannya marah.

Baiklah sahabat SpesialTips! yang budiman, demikian beberapa tips menjadi guru yang disukai murid. Semoga tips tersebut bermanfaat dan dapat membantu Anda menjadi guru yang disukai murid.

Tips Menjadi Guru yang Disukai Murid

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top