Advertisement
Empat Tujuan Wisata Papua Yang Mendunia - Bila menyebutkan destinasi wisata yang ada di Papua, maka apa yang akan terlintas di benak Anda? Sebagian besar diantara kita pasti menjawab Pulau Raja Ampat. Namun bagaimana bila kita diminta menyebutkan tujuan wisata lainnya di Papua, yang telah dikenal hingga ke mancanegara? Wah, boleh jadi kening kita berkerut-kerut untuk menjawabnya.

Tak banyak memang yang mengetahui tentang keberadaan potensi wisata di Papua, namun sebenarnya terdapat beberapa lokasi tujuan wisata yang namanya telah mendunia, di Propinsi paling timur Indonesia ini. Apa saja tujuan wisata tersebut? Nah, ikuti lebih lengkap informasi tentang Empat Tujuan Wisata Papua Yang Mendunia berikut ini.

1. Pulau Raja Ampat
Empat Tujuan Wisata Papua Yang Mendunia - Raja Ampat
Pulau Raja Ampat
Destinasi wisata yang satu ini telah kita ketahui bersama, merupakan salah satu potensi wisata yang terkenal hingga ke mancanegara. Dengan potensi pemandangan alam serta kekayaan bawah lautnya yang memiliki keanekaragaman paling tinggi di dunia, menjadikan Pulau Raja Ampat menjadi tujuan wisata favorit saat ini bagi pecinta wisata bawah laut, seperti menyelam dan snorkeling. (baca juga: Tips Wisata Murah Ke Pulau Raja Ampat). 

2. Carstenz Pyramid (Puncak Jaya)
Empat Tujuan Wisata Papua Yang Mendunia - Carstenz Pyramid
Carstenz Pyramid
Jangan dulu membayangkan wisata di Papua hanya seputar pantai dan laut, karena salah satu tujuan wisata di Papua yang juga telah dikenal dunia sejak dulu adalah berupa pegununangan dengan selimut salju. Adalah Carstenz Pyramid atau yang dikenal juga dengan sebutan Puncak Jaya, merupakan salah satu dari tujuh gunung (puncak) tertinggi di dunia. Tujuan wisata ini, menawarkan sensasi yang dapat memacu adrenalin saat mendaki menuju Carstenz Pyramid, dengan pemandangan pegunungan yang masih sangat asli.

3. Kabupaten Asmat
Empat Tujuan Wisata Papua Yang Mendunia - Kabupaten Asmat
Festival Asmat di Kabupaten Asmat
Tujuan wisata selanjutnya yang telah diakui dunia adalah Kabupaten Asmat. Apa yang membuat salah satu Kabupaten di Papua ini menjadi wisata yang mendunia? Jawabannya adalah pengakuan UNESCO kepada Kabupaten Asmat sebagai situs warisan dunia, dan juga dengan diadakannya Festival Budaya Asmat. Sebuah pagelaran ekspresi seni dan budaya suku Asmat yang rutin dilaksanakan sejak tahun 1981,  festival ini menyajikan seni kerajinan ukir dan memahat, yang pengerjaannya tanpa membuat sketsa atau pola terlebih dahulu. Selain seni patung tersebut, Festival Asmat juga menampilkan berbagai atraksi kesenian seperti tari-tarian, dan pertunjukan seni asli suku Asmat lainnya. Pesertanya tak tanggung-tanggung bahkan dapat mencapai ratusan orang. Pada akhir festival akan dilakukan pelelangan hasil seni yang telah dibuat saat festival berlangsung.

4. Lembah Baliem 
Lembah baliem merupakan sebuah lembah yang terletak di Pegunungan Jayawijaya, 27 kilometer dari Wamena. Bukan hanya karena pemandangan alam pegunungannya saja yang indah, lembah yang dihuni oleh suku asli papua yaitu Suku Dani, Suku Yali serta Suku Lani ini, menjadi terkenal di dunia sejak diadakannya Festival Lembah Baliem. Salah satu festival di Papua yang banyak menarik pengunjung dari mancanegara sejak tahun 1989 tersebut, menyuguhkan pertunjukan yang sangat unik, berupa atraksi perang suku oleh ketiga suku asli Lembah Baliem. Selain atraksi yang menggambarkan perang antar suku tersebut, Festival Lembah Baliem juga menampilkan pertunjukan seni lainnya berupa tari-tarian dengan kostum penari yang masih menggunakan pakaian asli mereka, berupa koteka serta anyaman dari kulit kayu.

Begitu banyak potensi serta pesona wisata dimiliki oleh Papua yang telah mendunia, dan mendorong wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia, Jadi mengapa kita harus ke luar negeri  untuk mencari keindahan serta budaya yang unik, sementara semuanya ada di sini, di Indonesia. 

Demikianlah informasi singkat tentang Empat Tujuan Wisata Papua Yang Mendunia, semoga dapat menjadi referensi serta membuka wawasan kita semua tentang potensi wisata yang dimiliki Papua.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Ane ke pulau raja ampat om pengen banget pigi wisata, pemandangannya sangat luar biasa indah, bisa juga buat menghilangkan stress akibat kesibukan dengan perkerjaan... Disana pemandangannya enak buat dinikmati dengan secangkir kopi daibawa dari Aceh

    ReplyDelete
  2. ane pengen ke pulau raja ampat gan,mau nyelam sambil nikmati pemandanga bawah lautnya yang terkenal indah... mudah2an ada rejeki gan :)

    ReplyDelete
  3. Raja Ampat memang keren, tapi sebenarnya masih banyak yg keren dari Papua... dari danau di atas gunung pun ada... :) nanti saya coba buat artikel tambahan tentang tempat2 keren di Papua... :) tunggu tgl mainnya :)

    ReplyDelete
  4. raja ampat masih indah gan, apalagi suku asmat yang masih terbilang jaman dulu bnget, nice info gan :D
    terus berkarya dengan sejarah-sejarah indo :D

    ReplyDelete
  5. Raja Ampat masih menjadi tempat wisata terfavorit

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top