Advertisement
Cara Buka Navigasi Google Maps Menggunakan Perintah Suara Google Assistant - Ada yang baru dari layanan Google Assistant. Diketahui layanan asisten pintar milik Google tersebut, kini memiliki kemampuan baru untuk membantu memudahkan penggunanya mengakses layanan navigasi di aplikasi Google Maps, dengan hanya bermodalkan perintah suara saja.
Cara Menggunakan Google Assistant Untuk Membuka Layanan Navigasi Google Maps
Buka Layanan Navigasi Google Maps Dengan Google Assistant
Sebelumnya layanan navigasi di Google Maps memang telah memungkinkan para pemakainya untuk melakukan penelusuran navigasi dengan perintah suara "Ok Google". Namun saat itu, pengguna masih membutuhkan bantuan sentuhan (tap) untuk membuka terlebih dahulu aplikasi Google Maps. Nah, dengan ditambahkannya kemampuan baru di Google Assistant ini, maka pengguna secara sepenuhnya bisa membuka langsung layanan navigasi Google Maps secara otomatis dengan suara, tanpa harus menyentuh layar smartphone.

Penasaran ingin tahu bagaimana caranya untuk bisa membuka layanan navigasi Google Maps dengan menggunakan perintah suara di Google Assistant? Ikuti ulasan selengkapnya berikut ini.

Aktifkan Pengaturan "OK Google" Detection

Agar dapat menggunakan layanan perintah suara di Google Assistant untuk mengakses navigasi petunjuk arah Google Maps, maka Anda perlu mengaktifkan terlebih dahulu pengaturan deteksi perintah suara "Ok Google".
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Lakukan tap pada tanda tiga garis sejajar di pojok kiri layar
  • Selanjutnya, scroll (gulirkan) layar menu dan pilih "Settings" (Pengaturan)
  • Setelah masuk, cari dan pilih "Navigation settings" (pengaturan navigasi)
  • Tahap berikutnya, lakukan tap pada pilihan "Ok Google" Detection
  • Terakhir, aktifkan semua pilihan yang terdapat di dalam pengaturan "Ok Google" Detection
    Aktifkan Pengaturan "OK Google" Detection
    Pengaturan "OK Google" Detection

Membuka Layanan Navigasi Google Maps Dengan Perintah Suara Google Assistant

Setelah tahap mengaktifkan pengaturan "Ok Google" Detection, maka selanjutnya Anda bisa kembali ke halaman Home, dan mulai menggunakan layanan Google Assistant untuk memberikan perintah suara membuka navigasi petunjuk arah di Google Maps. Berikut cara melakukannya.
  • Ucapkan perintah suara "Ok Google" atau "Hey Google" untuk memunculkan layanan Google Assistant
  • Selanjutnya, Anda bisa memberikan perintah suara: "Navigasi ke <nama tempat/jalan>", misalnya: "Navigasi ke Jalan Urip Sumoharjo". Atau dengan perintah suara: "Bawa saya ke <nama tempat/jalan>", contoh: "Bawa saya ke Jalan Urip Sumoharjo"
  • Terakhir, secara otomatis layanan navigasi aplikasi Google Maps akan terbuka, dan Anda bisa langsung mengikuti petunjuk arah yang ditampilkan tersebut. Untuk lebih jelasnya perhatikan video berikut.

Sebagai catatan tambahan, pastikan Anda telah mengaktifkan layanan Google Assistant di smartphone Anda. Selain itu, untuk lebih memudahkan Anda dalam memberikan perintah suara, maka disarankan untuk mengaktifkan layanan Google Assistant bahasa Indonesia.


Demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan tentang cara membuka layanan navigasi Google Maps menggunakan perintah suara di Google Assistant. Semoga bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian, dan selamat mencoba.

Advertisement

Posting Komentar

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top