-->

Tips Memilih Pemimpin Ideal Berdasar 4 Kriteria Utama

Advertisement
Tips Memilih Pemimpin Ideal Berdasar 4 Kriteria Utama - Salam hangat sahabat SpesialTips! sekalian. Hingar bingar Pemilihan Umum memang telah usai, namun kehebohan yang ditimbulkan akibat dari silang pendapat tentang pemimpin rakyat negara ini masih terus terdengar. Tak kalah heboh, setelah terpilihnya Presiden Indonesia adalah, berita tentang susunan kabinet yang telah ditetapkan oleh Presiden baru negara kita.

Pro dan kontra muncul mengomentari beberapa anggota kabinet (menteri) yang terpilih, ada yang merasa Menteri yang dipilih cocok dengan jabatannya, akan tetapi tak sedikit yang berkomentar pedas perihal orang-orang yang dianggap tidak sesuai dengan jabatan yang diembannya. Menyikapi tentang ideal atau tidaknya seseorang menjadi pemimpin, baik itu Presiden, Menteri, Gubernur, Walikota, Ketua RW atau RT, sampai dengan Ketua OSIS sebaiknya kita ketahui dulu apa kriteria (syarat) utama yang harus dimiliki oleh seorang calon pemimpin, agar tak salah pilih serta menimbulkan kerugian dan penyesalan nantinya.

Pemimpin Ideal
Pemimpin Ideal Berdasar 4 Kriteria Utama
Lantas Apa saja kriteria yang harus ada pada diri seorang calon pemimpin? Ikuti lebih lanjut Tips Memilih Pemimpin Ideal Berdasar 4 Kriteria Utama, berikut ini:
  1. Benar dan Memiliki Kesungguhan. Benar dalam artian selalu berperilaku dan bekerja di track yang berlandaskan kebenaran, serta selalu memiliki kesungguhan dalam bersikap. Tak jarang beberapa di antara kita memilih pemimpin berdasarkan kesuksesan yang diraihnya, atau bahkan karena banyaknya harta calon pilihan, akan tetapi bagaimana si calon tersebut mendapatkan kesuksesan dan kekayaan sama sekali tak diperhitungkan. Bisa jadi semua kesuksesan yang diperoleh dengan cara yang tidak halal. Oleh sebab itu dengan selalu berjalan di atas jalan kebenaran dan memiliki kesungguhan dalam mewujudkan kebenaran tersebut, dapat di jadikan salah satu kriteria utama dalam mencari pemimpin yang tepat.
  2. Dapat Dipercaya. Orang yang dipilih ketahuan korupsi? menggunakan wewenang untuk memperkaya diri sendiri atau kerabatnya? kejadian ini kerap kita jumpai dalam sosok pemimpin gagal di Indonesia, oleh sebab itu memilih orang yang bertanggung jawab penuh dengan tugasnya, dan tidak menyalahgunakan wewenang yang diberikan, tentunya menjadi syarat utama yang harus ada dalam diri seorang calon pemimpin.
  3. Cerdas. Kriteria utama lainnya yang wajib dimiliki oleh sosok pemimpin adalah, mempunyai kecerdasan. Bukan hanya sekedar cerdas (pintar) dalam hal akademik, namun juga cerdas dalam mengambil keputusan, dapat mencari jalan keluar dari masalah yang dijumpai dengan kemampuan menganalisa dan memecahkan masalah akan menjadi landasan untuk memilih pemimpin yang ideal.
  4. Jujur Dan Bertanggung Jawab. Siapa sih yang mau dipimpin dengan orang yang suka PHP (Pemberi Harapan Palsu), atau sering mengingkari ucapan dan janjinya. Pastinya kejujuran dan mampu bertanggung jawab dengan apa yang diucapkan (dijanjikan), adalah syarat mutlak yang harus melekat dalam diri seorang pemimpin.
Dengan 4 kriteria di atas, diharapkan agar kita tak lagi salah dalam memilih calon pemimpin, dan juga bisa menjadi panduan untuk menetapkan seseorang yang pantas dijadikan pemimpin. Selain kriteria utama tersebut, terdapat pula panduan wajib untuk memilih pemimpin, yang disebutkan dalam hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, diriwayatkan oleh Bukhari (6015) : "Jika amanat telah disia-siakan, tunggu saja kehancuran terjadi. Ada seorang sahabat bertanya: bagaimana maksud amanat disia-siakan? Nabi menjawab: Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancuran itu" 

Demikianlah informasi singkat Tips Memilih Pemimpin Ideal Berdasar 4 Kriteria Utama, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement
LihatTutupKomentar