Advertisement
Cara Menampilkan Bisnis Anda Di Google Dengan Layanan Gratis 'Google My Business' (Google Bisnisku) - Mengelola bisnis berskala kecil seperti warteg, rumah makan, toko pakaian, kafe, warnet atau berjualan oleh-oleh? Ingin mempromosikan bisnis tersebut secara online, tapi terkendala dengan biaya promosi yang minim? Bila ya, maka informasi dari Spesial Tips kali ini mungkin bisa menjadi solusinya.
Cara Menampilkan Bisnis Anda Di Google Dengan Layanan Gratis 'Google My Business'
Cara Menampilkan Bisnis Dengan Layanan Gratis 'Google My Business'
Di tengah perkembangan jaman dan teknologi saat ini, diketahui bila salah satu cara terbaik mempromosikan bisnis secara online saat ini adalah dengan menampilkan informasi seputar bisnis yang kita miliki di halaman mesin pencari Google. Bukan tanpa alasan, berdasarkan data yang dikutip dari berbagai sumber, diketahui dengan rata-rata per tahun terhitung mencapai 2 triliun penelusuran menggunakan mesin pencari Google dari seluruh dunia.

Melihat fakta ini, tentunya menampilkan bisnis di halaman Google akan menjadi media promosi yang sangat berpotensi menjaring konsumen. Lantas, bagaimana caranya agar bisnis kecil yang kita kelola bisa tampil di halaman mesin pencari Google? Ada berbagai macam cara yang dapat kita lakukan, salah satu cara paling mudah dan murah adalah dengan menggunakan layanan Google My Business (Google Bisnisku).

Apa itu Google My Business (Google Bisnisku)?
Google My Business (Google Bisnisku) adalah produk layanan gratis dari Google bagi pelaku bisnis maupun organisasi agar dapat menampilkan secara online informasi seputar bisnis yang dikelola di beberapa layanan Google, seperti layanan mesin pencari (penelusuran) dan layanan peta (Google Maps).

Dari penjelasan di atas dapat kita ketahui bahwa dengan menggunakan layanan Google My Business, maka kita bisa mendapatkan beberapa keuntungan guna mempromosikan bisnis, diantaranya informasi bisnis yang dikelola bisa diakses oleh seluruh pengguna Google di dunia, bahkan lokasi bisnis milik kita bisa tampil di layanan Google Maps, ini artinya konsumen dapat lebih mudah menemukan keberadaan lokasi bisnis milik kita. Hebatnya lagi, layanan keren ini disediakan oleh Google secara gratis.

Nah, penasaran ingin tahu bagaimana cara mendaftarkan bisnis kita di layanan Google My Business (Google Bisnisku), serta fitur-fitur yang terdapat di dalamnya? Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Mendaftarkan Bisnis di Layanan Google My Business (Google Bisnisku) 

Ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan untuk bisa menggunakan layanan Google My Business (Google Bisnisku), yaitu:

Tahap 1: Mendaftarkan Bisnis Anda
  • Tahap pertama adalah mendaftarkan bisnis yang Anda miliki. Caranya, akses halaman resmi Google My Business (Google Bisnisku)
  • Setelah masuk ke halaman tersebut, Anda bisa memulai proses pendaftaran bisnis Anda dengan mengakses tautan bertuliskan "Mulai Sekarang"
  • Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk masuk ke halaman pendaftaran, dimana pada halaman tersebut Anda perlu melakukan proses masuk (login) menggunakan akun Google. Bila belum memiliki akun Google, maka disarankan untuk membuat terlebih dahulu akun Google Anda
  • Usai proses login, maka Anda akan masuk ke halaman Google My Business untuk pertama kalinya. Pada tahap ini Anda akan diminta untuk mengisi formulir informasi tentang bisnis yang Anda kelola. Isi formulir dengan data yang sesuai dengan informasi bisnis yang Anda miliki dan pastikan juga nomor telepon dan alamat yang Anda isi benar-benar valid.
  • Selesai mengisi formulir, maka Anda bisa mulai menyelesaikan proses pendaftaran bisnis Anda dengan mengakses tombol "Lanjutkan"
    Cara Mendaftarkan Bisnis di Layanan Google My Business (Google Bisnisku)
    Cara Mendaftarkan Bisnis di Layanan Google My Business (Google Bisnisku)
Tahap 2: Memverifikasi Pendaftaran Bisnis Anda
Melengkapi proses pendaftaran dan memastikan bahwa Anda adalah pemilik sebenarnya bisnis yang didaftarkan di layanan Google My Business, maka Anda perlu melakukan tahapan verifikasi.

Cara memverifikasi pendaftaran bisnis di layanan Google My Business tidaklah sulit, Anda bisa melakukan verifikasi dengan memasukkan kode yang akan dikirimkan oleh Google melalui kartu pos. Untuk mendapatkan kartu pos dengan kode verifikasi tersebut, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut:
  • Masuk (login) ke halaman Google My Business
  • Tandai bisnis yang telah Anda daftarkan, lalu akses tombol bertuliskan "Verifikasi sekarang"
  • Pastikan alamat yang dicantumkan pada permintaan kartu pos benar-benar akurat, guna menghindari kesalahan alamat penerima kartu pos
  • Selanjutnya akses tombol "Kirim kartu pos"
Umumnya kartu pos yang berisi kode verifikasi pendaftaran layanan Google My Business akan diterima dalam jangka waktu 4 hari setelah pengiriman. Namun bila lebih dari satu minggu kartu pos tak kunjung Anda terima, Anda juga bisa mengajukan pengiriman kode verifikasi dengan kartu pos yang baru.

Nah, setelah menyelesaikan tahapan pendaftaran dan verifikasi layanan Google My Business (Google Bisnisku), maka informasi tentang bisnis Anda akan tampil di halaman mesin pencari Google dan Google Maps. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan akses penuh di layanan Google My Business (Google Bisnisku) untuk menggunakan fitur-fitur penting di dalamnya.

Fitur Layanan Google My Business (Google Bisnisku)

Fitur-fitur yang tersedia di layanan Google My Business mampu membuat tampilan bisnis Anda di layanan mesin pencari menjadi lebih informatif, dan tentunya hal ini bisa memaksimalkan promosi bisnis Anda. Beberapa fitur penting di Google My Business (Google Bisnisku) diantaranya adalah kemampuan menambahkan foto tampilan lokasi dan produk bisnis, fitur untuk menambahkan atribut informasi bisnis, kemampuan menambahkan informasi detail waktu buka dan tutup bisnis Anda, mencantumkan tautan terkait, hingga fitur untuk membuat situs web gratis.
Nah, demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan, tentang cara menampilkan bisnis Anda di Google menggunakan layanan Google My Business (Google Bisnisku). Semoga sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top