Advertisement
Storyboard, Selfissimo!, Scrubbies : Tiga Aplikasi Foto Dan Video Baru Buatan Google - Ada banyak aplikasi foto dan video yang bisa kita gunakan di smartphone kita untuk mengolah foto, dari sekadar melakukan penyuntingan sederhana seperti mengubah warna dan kecerahan foto dan video, sampai dengan penyuntingan tingkat advanced yang membuat foto atau video benar-benar tampak berubah drastis dibandingkan aslinya, dengan menggunakan efek khusus.
Aplikasi Storyboard, Aplikasi Selfissimo!, Dan Aplikasi Scrubbies
Aplikasi Storyboard, Aplikasi Selfissimo!, Dan Aplikasi Scrubbies
Membahas tentang aplikasi foto dan video di smartphone, tahukah Anda, bila baru-baru ini Google telah meluncurkan tiga produk aplikasi foto dan video baru bagi pengguna smartphone Android maupun iOS. Hebatnya, ketiga aplikasi baru Google tersebut memiliki keunikan tersendiri, misalnya saja ada aplikasi yang mampu mengubah klip video menjadi gambar-gambar komik, aplikasi khusus yang mengubah foto-foto selfie menjadi layaknya foto hitam putih yang diambil dari photo booth, sampai dengan aplikasi yang mampu mengobah video dengan efek video loop.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari salah satu halaman layanan resmi Google bertajuk Google Research Blog, disebutkan bahwa ketiga aplikasi baru tersebut terinspirasi dari aplikasi Google untuk iOS, bernama Motion Stills yang dirilis tahun 2016 lalu. Diungkapkan pula bila tiga aplikasi foto dan video baru yang diluncurkan untuk smartphone Android dan iOS ini, dibuat menggunakan teknologi canggih semisal teknologi pengenalan objek otomatis, serta encoding dan decoding gambar yang lebih efisien.

Penasaran ingin tahu apa dan bagaimana keunikan tiga aplikasi foto dan video baru buatan Google tersebut? Untuk mengetahuinya, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Aplikasi Storyboard
Aplikasi yang pertama kita bahas adalah aplikasi Storyboard. Masih dari sumber yang sama, diketahui bila Storyboard adalah aplikasi Android yang mampu mengubah sebuah klip video menjadi enam bentuk gambar komik dalam satu bingkai. Hebatnya lagi, aplikasi Storyboard juga diklaim Google, mampu membuat hasil gambar komik dengan tata letak dan bingkai baru mencapai 1.6 triliun kombinasi.
Aplikasi Storyboard
Aplikasi Storyboard
Cara menggunakan aplikasi Storyboard sangatlah mudah, pengguna hanya perlu memasukkan klip video yang telah dibuat sebelumnya dari lokasi penyimpanan data di smartphone. Selanjutnya, secara klip video tersebut akan diolah secara otomatis oleh aplikasi Storyboard untuk memghasilkan gambar-gambar komik lengkap dengan bingkainya. Selain itu, hasil gambar komik tadi masih bisa untuk diubah dalam bentuk tampilan komik dan bingkai yang berbeda dengan hanya melakukan refresh gambar.
Cara menggunakan aplikasi Storyboard


2. Aplikasi Selfissimo!
Aplikasi Selfissimo! adalah aplikasi membuat foto-foto selfie hitam putih yang bekerja secara otomatis mengambil gambar setiap kali pengguna berpose. Sederhananya, aplikasi Selfissimo! bisa membuat foto-foto hitam putih khas hasil foto di photo booth yang diambil secara otomatis ketika pengguna berhenti bergerak. Perlu diketahui pula oleh sahabat Spesial Tips sekalian, bila aplikasi ini bisa digunakan di smartphone Android dan iOS.
Aplikasi Selfissimo!
Aplikasi Selfissimo!
Cara menggunakan aplikasi Selfissimo! juga sangat mudah, setelah membuka aplikasi, maka pengguna bisa memulai pengambilan gambar (pemotretan) dengan hanya menyentuh (tap) layar aplikasi. Selanjutnya secara otomatis aplikasi akan mengambil gambar setiap kali pengguna berhenti bergerak. Untuk mengakhiri pengambilan gambar, cukup sentuh kembali layar aplikasi.


3. Aplikasi Scrubbies
Aplikasi Scrubbies (iOS) adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengubah kecepatan dan arah pemutaran video untuk menghasilkan klip video dengan efek loop. Tentunya dengan kemampuan unik dari aplikasi Scrubbies ini, pengguna bisa membuat klip video untuk memperjelas (menyoroti) sebuah kejadian, dan membuat klip video yang berjalan mundur (rewind).
Aplikasi Scrubbies
Aplikasi Scrubbies
Cara menggunakan aplikasi Scrubbies tak serumit kebanyakan aplikasi penyuntingan (editing) video. Pengguna cukup mengambil sebuah klip video melalui smartphone dan selanjutnya hanya dengan gesekan satu jari pada layar dan  untuk menyunting dengan mengarahkan maju/mundur untuk membuat video dengan efek video loop.

Bagaimana, unik bukan? Sebagai informasi tambahan aplikasi-aplikasi baru buatan Google tersebut kini telah tersedia di layanan resmi Google Play Store dan Apple App Store.

Baca Juga: Google Go, Aplikasi Mesin Pencari Ringan dan Hemat Kuota Internet

Demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan tentang kehadiran tiga aplikasi foto dan video baru Google (Storyboard, Selfissimo!, Scrubbies), serta cara menggunakannya. Semoga saja sajian tersebut bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top