Advertisement
Chrome Vs Firefox 'Quantum', Browser Mana yang Lebih Unggul? - Ada banyak jenis browser (peramban) yang bisa kita gunakan sebagai sarana berselancar mengarungi luasnya dunia internet. Namun dari berbagai jenis browser, diketahui bahwa Chrome dan Firefox saat ini menjadi jenis browser yang paling populer dan paling banyak penggunanya di seluruh dunia.
Chrome Vs Firefox 'Quantum', Browser Mana yang Lebih Unggul?
Chrome Vs Firefox 'Quantum'
Diketahui sejak awal kemunculannya di tahun 2008, browser Chrome berhasil mengungguli Firefox dan merebut hati sebagian besar pengguna browser komputer di dunia dengan beberapa kelebihannya, seperti tampilan browser yang lebih fresh, ringan digunakan untuk membuka situs web populer, sampai dengan banyaknya fitur pendukung. 

Tapi itu dulu, seiring dengan waktu dan usaha pengembangannya, memasuki tahun 2014 browser Firefox kembali membuat beberapa kejutan seperti peningkatan kecepatan browser, perubahan tampilan browser yang terlihat futuristik, ditambah lagi dengan penambahan berbagai fitur baru. Tak sampai disitu, bahkan dari informasi terkini, diberitakan bila Mozilla Firefox telah kembali merilis versi terbaru browsernya yang dilabeli dengan nama Firefox Quantum. Tak main-main, berbagai perubahan besar dari versi sebelumnya, membuat browser Firefox Quantum diklaim mampu bekerja lebih baik dengan kemampuan memuat situs web dua kali lebih cepat dibanding versi terdahulunya.

Melihat perkembangan kedua browser populer itu, maka tentunya memunculkan kembali pertanyaan klasik yang mungkin membuat kita semua penasaran, yaitu browser mana yang sebenarnya lebih unggul? Chrome atau Firefox Quantum?

Berdasarkan informasi yang dikutip redaksi Spesial Tips dari laporan Mashable tentang hasil pengujian mereka terhadap kinerja browser Chrome maupun Firefox Quantum, ternyata didapati fakta yang cukup mengejutkan. Seperti apa hasilnya? berikut ulasan selengkapnya.

Dijelaskan dalam laporannya, tim penguji dari Mashable menguji kedua browser dalam setting-an default tanpa tambahan extensions pada browser Chrome, dan juga tanpa tambahan add-ons pada browser Firefox Quantum. Selain itu, data history, cache dan cookies dari kedua browser tersebut juga sama-sama telah dibersihkan (dihapus).

Menggunakan alat uji berupa beberapa layanan web khusus untuk mengetahui kinerja browser (Ares-6, JetStream, dan Speedometer) tim penguji Mashable mendapati browser Chrome unggul dalam pencapaian skor rata-rata dari dua layanan web. Sementara browser Firefox hanya berhasil mendapatkan skor lebih tinggi pada satu layanan web.
Diagram Hasil Uji Kinerja Browser Chrome VS Firefox Quantum
Diagram Hasil Uji Kinerja Browser Chrome VS Firefox Quantum
(Sumber: Mashable)
Sementara itu dan pengujian langsung dengan mengakses beberapa situs web populer dunia dan penggunaan masing-masing fitur kedua browser, tim penguji dari Mashable menyebutkan bila browser Firefox Quantum merupakan browser yang memiliki kemampuan mumpuni, baik dari segi kecepatan, serta didukung dengan fungsi bookmark inovatif dan add-ons kreatif yang akan banyak membantu penggunanya. Sayangnya, browser Chrome mencatatkan hasil lebih baik dari sisi kecepatan, dan tak kalah pula dalam urusan fitur bookmark serta tambahan extensions yang kreatif pula.

Dari informasi di atas dapat kita ketahui bila untuk sementara ini browser Chrome masih lebih unggul dibandingkan Firefox Quantum. Namun, perlu digarisbawahi pula, bila pengujian browser di atas bisa saja mendapatkan hasil yang berbeda, karena kinerja browser akan juga dipengaruhi oleh spesifikasi masing-masing komputer.


Demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan kali ini, semoga sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top