Advertisement
Cara Membuat Komputer Membacakan Isi Dokumen PDF dan Word - Apa yang Anda bayangkan bila komputer milik Anda bisa membacakan seluruh isi dokumen PDF maupun dokumen Word? Wah, tentunya keren dan akan sangat bermanfaat sekali bukan?
Cara Membuat Komputer Membacakan Isi Dokumen PDF dan Word
Cara Membuat Komputer Membacakan Isi Dokumen PDF dan Word
Walaupun bukan hal baru lagi oleh kebanyakan pengguna komputer (laptop/desktop), diketahui dengan menggunakan fitur di text to speech yang tersemat di dalam perangkat komputer, kita bisa menghemat banyak waktu untuk mendengarkan isi dokumen yang dibacakan secara otomatis oleh komputer. Sayangnya, tak semua pemilik komputer mengetahui bagaimana cara menggunakan fitur keren dan unik tersebut.

Nah, membahas tentang kemampuan unik komputer yang bisa diberdayakan untuk membacakan dokumen, khususnya dokumen dalam bentuk PDF dan Word, maka pada kesempatan kali ini redaksi Spesial Tips akan mencoba berbagi informasi perihal cara mengatur komputer agar bisa membacakan dokumen PDF dan Word. Apa saja yang perlu dilakukan? Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Membuat Komputer Membacakan Isi Dokumen PDF
Untuk bisa membuat komputer membacakan isi dokumen PDF, maka kita bisa menggunakan program yang paling populer untuk membuka dokumen PDF, yaitu Adobe Reader. Disarankan untuk menggunakan versi terbaru Adobe Reader DC.
  • Buka program Adobe Reader yang terpasang di perangkat komputer Anda
  • Selanjutnya buka salah satu file dokumen PDF yang Anda inginkan untuk dibacakan oleh komputer
  • Tahap selanjutnya, akses pilihan "View", lalu pilih fitur "Read Out Loud" > Aktifkan fitur dengan memilih pilihan "Activate Read Out Loud"
    Cara Membuat Komputer Membacakan Isi Dokumen PDF
    Cara Membuat Komputer Membacakan Isi Dokumen PDF
  • Usai langkah pengaktifan fitur, maka Anda bisa mulai mendengarkan komputer membacakan isi dokumen dengan mengakses pilihan View > Read Out Loud > Read This Page Only atau Read To End of Document

Cara Membuat Komputer Membacakan Isi Dokumen Word
Bila Anda ingin komputer secara otomatis membacakan dokumen-dokumen Word (.doc, .docx, atau .txt) maka Anda bisa memanfaatkan program Microsoft Word. Berikut langkah yang perlu Anda lakukan.
  • Buka terlebih dahulu program Microsoft Word
  • Selanjutnya buka salah satu file dokumen Word yang ingin dibacakan oleh komputer
  • Perlu diperhatikan bila fitur membacakan dokumen di Microsoft Word, umumnya tidak ditampilkan dalam tampilan normal program tersebut, sehingga Anda perlu melakukan beberapa langkah pengaktifan fitur, yaitu dengan cara : Akses tombol Costumize Quick Acces Toolbar yang terletak dibagian atas layar program Microsoft Word > Cari dan akses pilihan More Commands > Akses pilihan All Commands > Tambahkan "Speak" > Ok
    Cara Membuat Komputer Membacakan Isi Dokumen Word
    Cara Membuat Komputer Membacakan Isi Dokumen Word
  • Nah, setelah melakukan langkah memunculkan fitur Speak, maka akan terlihat sebuah icon kecil di samping tombol Costumize Quick Acces Toolbar
  • Tahap terakhir, tandai teks yang ingin dibacakan oleh komputer, atau dengan menekan tombol Ctrl + A untuk menandai seluruh teks dalam dokumen dan dilanjutkan dengan mengakses tombol fitur Speak, maka secara otomatis komputer akan membacakan isi dokumen tersebut.
Bagaimana mudah bukan? Dengan cara ini tentunya Anda tak perlu lagi dipusingkan dengan membaca tumpukan dokumen PDF dan Word. Selain itu, Anda bisa lebih leluasa untuk meninjau dokumen lainnya.


Demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan tentang cara membuat komputer membacakan isi dokumen PDF dan Word. Semoga sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top