Advertisement
Android: Cara Scan Dokumen dan Gambar Dengan Google Drive - Bagi sebagian orang, seperti pekerja kantoran, dosen, guru, mahasiswa atau pelajar, kegiatan memindai dokumen dan gambar, atau yang lebih populer dengan istilah scan (scanning) telah menjadi aktifitas yang lazim dilakukan sehari-hari.
Android: Cara Scan Dokumen dan Gambar Dengan Google Drive
Android: Cara Scan Dokumen dan Gambar Dengan Google Drive
Berfungsi untuk mengubah dokumen dan gambar ke dalam format digital agar lebih mudah disimpan, dikirimkan atau dicetak, scan (scanning) bisa dilakukan menggunakan alat khusus yang disebut sebagai scanner.

Membahas tentang scan dokumen dan gambar, dulu tanpa alat scanner maka mustahil bagi seseorang untuk bisa mengubah dokumen dan gambar ke format digital. Kala itu juga, scanner masih menjadi barang yang langka karena umumnya dijual dengan harga yang relatif mahal, hingga tak semua orang bisa memindai (scanning) dokumen dan gambar secara cepat serta mudah.

Tapi itu dulu, seiring perkembangan teknologi, khususnya sejak kebangkitan ponsel pintar alias smartphone, maka aktivitas scanning dokumen dan gambar kini menjadi lebih mudah untuk dilakukan oleh pengguna smartphone, kapan serta dimana saja. Sayangnya, tak semua pengguna smartphone di Indonesia mengetahui bagaimana caranya untuk melakukan scan dokumen dan gambar menggunakan smartphone. Nah, berkaitan dengan masalah tersebut, maka pada kesempatan kali ini redaksi Spesial Tips akan mencoba berbagi informasi tentang cara scan (scanning) dokumen dan gambar di smartphone Android.

Sebelum mengulas lebih jauh, perlu diketahui oleh sahabat pembaca Spesial Tips sekalian, bila saat ini ada banyak sekali aplikasi Android yang berfungsi sebagai scanner yang bisa didapatkan secara mudah di layanan Google Play, namun melihat kemampuan berikut kelengkapan fitur pendukungnya, Spesial Tips akan membahas cara scan dokumen dan gambar di Android dengan menggunakan aplikasi Google Drive. Langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk melakukan scan dokumen dan gambar di Android dengan aplikasi Google Drive? Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Scan Dokumen dan Gambar Dengan Google Drive

1. Langkah pertama yang tentunya perlu dilakukan adalah memasang aplikasi Google Drive di smartphone Android Anda melalui layanan resmi Google Play
2. Setelah terpasang, maka Anda bisa memulai langkah scanning dengan mengakses tombol + yang terletak di bagian kanan bawah layar aplikasi Google Drive untuk membuat data file baru
3. Selanjutnya, akan muncul beberapa pilihan yang ingin digunakan sebagai sumber media memasukkan data file. Pada tahap ini, Anda bisa memilih pilihan berupa tombol scan yang ditandai gambar kamera 📷
4. Sesaat setelah itu, aplikasi Google Drive akan mengakses dan mengaktifkan kamera smartphone Android Anda.
5. Nah, pada saat kamera menyala, arahkan ke dokumen atau gambar yang ingin Anda scan, dan mulai proses scanning dengan memotret gambar atau dokumen tersebut.
6. Setelah proses scanning menggnunakan kamera smartphone Android selesai, maka Anda bisa langsung menyimpan data gambar atau dokumen tadi dengan format PDF, caranya adalah mengakses tanda centang dibagian bawah gambar. Namun, bila dirasa perlu, Anda juga bisa terlebih dahulu menyunting (edit) data file tersebut terlebih dahulu, misalnya dengan melakukan crop atau mengubah warna. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan gambar berikut.
Cara Scan Dokumen dan Gambar Dengan Google Drive
Cara Scan Dokumen dan Gambar Dengan Google Drive
Nah, mudah bukan? Keunggulan menggunakan aplikasi Google Drive untuk melakukan scan dokumen dan gambar adalah kemampuan untuk mengakses data hasil scan baik secara offline dan online, sehingga data scan bisa digunakan kapan dan dimana saja.


Demikianlah informasi tentang Cara Scan Dokumen dan Gambar Dengan Google Drive yang bisa Spesial Tips sampaikan. Semoga saja sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top