Advertisement
Cara Menggunakan Layanan Perintah Suara 'Ok Google' Dengan Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda - Sering menggunakan layanan perintah suara Ok Google? Bila iya, tahukah Anda bila kini layanan tersebut telah mendukung beberapa bahasa daerah di Indonesia, yaitu bahasa Jawa dan Bahasa Sunda.
Cara Menggunakan Layanan Perintah Suara 'Ok Google' Dengan Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda
'Ok Google' Dengan Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda
Berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber, diketahui bila alasan Google menambahkan bahasa Jawa dan Sunda dalam data pengenalan perintah suara mereka dikarenakan makin bertambahnya pertumbuhan penggunaan kedua bahasa daerah tersebut di Indonesia yang telah mencapai lebih dari 50 persen.

Nah, terkait dengan ditambahkannya bahasa Jawa dan Sunda di layanan perintah suara Ok Google, maka pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang cara menggunakan layanan perintah suara Ok Google dengan bahasa Jawa dan Sunda. Langkah apa saja yang perlu dilakukan? Begini ulasan selengkapnya.

Sebelumnya, Pastikan terlebih dahulu Anda telah mengaktifkan akun Google Anda di dalam perangkat Android atau iOS. Selain itu, pastikan pula perangkat smartphone tersebut telah terpasang aplikasi Google terbaru.

Bila kedua syarat di atas telah terpenuhi, maka Anda bisa melakukan langkah mengatur bahasa daerah yang ingin digunakan sebagai perintah di layanan Ok Google, baik Jawa atau bahasa Sunda, yaitu dengan cara sebagai berikut.
  1. Buka pengaturan (settings) aplikasi Google
  2. Pada daftar pengaturan, buka pilihan pengaturan Voice (suara)
  3. Sesaat setelah itu akan muncul daftar pengaturan yang berhubungan dengan suara. Pada tahap ini, buka pilihan Language (Bahasa)
  4. Langkah selanjutnya, Anda akan melihat daftar bahasa yang bisa digunakan sebagai bahasa perintah layanan Ok Google. Nah, pada tajap ini Anda hanya perlu menandai kotak kecil yang terletak berdampingan dengan bahasa daerah yang ingin digunakan, baik bahasa Jawa atau Sunda saja, atau Anda bisa juga menandai kedua bahasa daerah tersebut
  5. Save (simpan) pengaturan bahasa daerah yang telah Anda pilih tadi.
    Langkah Menggunakan Layanan Perintah Suara Ok Google Dengan Bahasa Jawa dan Sunda
    Langkah Pengaturan Perintah Suara Ok Google Dengan Bahasa Jawa dan Sunda

Sebelum memulai menggunakan layanan Ok Google dengan bahasa Jawa atau Sunda, jangan lupa pula untuk memastikan telah mengaktifkan pengaturan Ok Google detection, agar layanan Ok Google bisa berfungsi di perangkat smartphone Anda.

Nah, setelah semua langkah pengaturan diatas telah dilakukan dengan benar, maka kini Anda bisa memulai membuka aplikasi Google dan mulai menggunakan layanan perintah suara Ok Google menggunakan bahasa Jawa atau bahasa Sunda.


Demikianlah informasi yang bisa SpesialTips! Bagikan tentang cara menggunakan layanan perintah suara Ok Google dengan bahasa Jawa dan bahasa Sunda. Semoga saja sajian tersebut bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top