Advertisement
4 Tips Spesial Memilih Kopi yang Aman Bagi Lambung - Bukan hal baru lagi bila menyebut kopi sebagai minuman yang paling populer di dunia. Selain karena cita rasanya, kopi juga semakin banyak digemari karena memiliki manfaat bagi kesehatan penikmatnya.
4 Tips Spesial Memilih Kopi yang Aman Bagi Lambung
4 Tips Spesial Memilih Kopi yang Aman Bagi Lambung
Adapun beberapa manfaat sehat yang bisa didapatkan dari minum kopi adalah mampu menurunkan risiko terserang penyakit jantung, kandungan antioksidannya yang berkhasiat mencegah kanker. Sampai bermanfaat sebagai penghilang rasa sakit alami, khususnya untuk mencegah rasa nyeri otot usai melakukan aktivitas berat.

Sayangnya, dibalik segudang manfaat sehatnya, kopi memiliki efek samping yang kurang ramah terhadap mereka yang memiliki masalah dengan gangguan maag dan atau asam lambung. Pasalnya, sifat asam kopi dan kandungan kafein pada kopi termasuk pemicu yang cepat untuk meningkatkan asam lambung.

Melihat masalah efek kopi pada lambung, apakah bisa diartikan mereka yang memiliki riwayat dengan gangguan asam lambung dan atau maag tak bisa sama sekali meminum kopi? Tak perlu kuatir, kabar gembiranya orang dengan masalah lambung sebenarnya masih bisa menikmati cita rasa khas kopi, yang dibutuhkan hanya sedikit perhatian untuk memilih kopi yang aman bagi lambung.

Pertanyaannya, bagaimana caranya untuk memilih kopi yang aman bagi lambung? Nah, guna menjawab pertanyaan teraebut, maka pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! Akan mencoba berbagi beberapa tips untuk memilih kopi yang aman bagi lambung. Apa dan bagaimana tips tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

4 Tips Spesial Memilih Kopi yang Aman Bagi Lambung

1. Pilih jenis kopi Arabika
Dari berbagai sumber, diketahui bahwa jenis kopi memiliki tingkat keasaman yang berbeda. Dibandingkan dengan jenis Robusta, tingkat keasaman kopi jenis Arabika ternyata jauh lebih lebih rendah. Olah karena itu, disarankan bagi Anda yang gemar minum kopi namun memiliki lambung yang sedikit sensitif, untuk memilih jenis kopi Arabika.

2. Pilih kopi organik
Selain jenisnya, kopi yang dihasilkan secara organik akan memiliki kadar asam yang lebih rendah pula. Untungnya, di Indonesia sendiri masih banyak daerah-daerah penghasil kopi organik, misalnya saja kopi asal Sumatera. Selain karena kadar keasaman yang rendah, kopi organik juga memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi.

3. Pilih kopi dark roasted
Apa yang dimaksud dengan kopi dark roasted? Dari artinya dapat kita ketahui bila kopi tersebut diolah dengan dipanggang sampai berwarna gelap. Jenis kopi berdasarkan hasil pemanggangan seperti ini, cenderung akan menghasilkan kopi dengan tingkat keasamaan yang lebih rendah, sehingga lebih aman di lambung dibandingkan kopi yang diolah secara light roasted. Bahkan dari hasil penelitian, kopi dark roasted memiliki senyawa yang ramah terhadap lambung, dua kali lebih tinggi dibanding kopi light roasted.

4. Pilih kopi bubuk yang lebih kasar
Selanjutnya, pilih kopi bubuk yang digiling kasar atau pecahan kopi masih sedikit besar. Bukan tanpa alasan, kopi yang digiling halus, cenderung menghasilkan kopi dengan ekstraksi kadar asam yang lebih tinggi saat diseduh.

Sebagai informasi tambahan, disarankan bagi Anda yang memiliki masalah dengan lambung agar sebaiknya minum kopi dengan batas dua cangkir sehari, agar tetap bisa menikmati kopi dan mendapatkan manfaat sehatnya.


Demikianlah informasi tentang tips memilih kopi yang aman bagi lambung. Semoga sajian dari SpesialTips! tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top