Advertisement
Cara Mudah Mendeteksi Akun Bot Twitter - Anda sering menggunakan layanan Twitter? Bila ya, maka informasi dari SpesialTips kali ini mungkin perlu lebih Anda perhatikan lebih seksama.
Cara Mudah Mendeteksi Akun Bot Twitter
Cara Mudah Mendeteksi Akun Bot Twitter
Tahukah Anda bila ternyata dari hasil hasil penelitian para ilmuwan di University of Southern California (USC) dan Indiana University, mendapati hampir 15 persen akun pengguna media sosial Twitter atau sekitar 48 juta akun di seluruh dunia diperkirakan sebagai akun robot atau yang lebih dikenal dengan sebutan Twitter bot.

Apa Itu Twitter bot?
Twitter bot adalah sebutan untuk akun Twitter yang dibuat dengan menggunakan program/perangkat lunak tertentu. Fungsi dari Twitter bot sendiri adalah untuk melakukan tweet terporgram dan tugas lainnya secara otomatis.

Apakah Twitter bot berbahaya?
Sayangnya, akun Twitter bot sering dihubungkan dengan hal-hal negatif di layanan media sosial Twitter, karena diidentifikasi sering menyebarkan tweet berita palsu (hoax) dan menjadi spam. Bahkan dalam skala tertentu, akun Twitter bot disebut-sebut juga digunakan oleh pemiliknya untuk mendongkrak hashtag (tagar) tertentu agar bisa menjadi trending topic.

Namun tak semua akun bot di Twitter dibuat untuk hal-hal negatif, karena kini banyak pula Twitter bot yang bermanfaat bagi pengguna, misalnya saja sebagai sarana mengirimkan peringatan adanya bencana alam membagikan berita penting.


Bagaimana cara mendeteksi akun Twitter bot?
Sangat sulit bagi pengguna awam untuk membedakan antara akun sungguhan dan akun bot di Twitter, pasalnya tampilan penulisan nama akun, gambar profil akun, sampai dengan tweet yang disebarkan oleh akun bot sangatlah mirip dengan akun pengguna sungguhan. Menyikapi masalah tersebut, maka para ilmuwan dari Indiana University dan Northeastern University membuat sebuah program bernama Botometer yang berfungsi untuk mengidentifikasi apakah akun Twitter yang dianalisa berpotensi sebagai akun bot atau akun yang dioperasikan oleh manusia.

Dengan menggunakan lebih dari seribu varibel, mulai dari tweet yang diposting, sampai dengan melihat komposisi pengikut follower) dari sebuah akun. Uniknya lagi, dengan program berbasis web tersebut, kita juga bisa mengidentifikasi kemungkinan follower sebuah akun Twitter termasuk akun bot atau sungguhan.

Cara menggunakan program pendeteksi Botometer sangatlah mudah, kita hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana berikut:
  1. Akses layanan web program Botometer. Selanjutnya masukkan nama profil akun yang ingin dideteksi contoh: @SpesialTips dikolom yang telah disediakan. 
  2. Setelah itu, pilih salah satu dari tiga layanan deteksi yang tertera di samping kanan kolom nama profil. 
  3. Terakhir, tunggu hingga proses analisa yang dilakukan oleh Botometer selesai.
Hasil perhitungan Botometer terhadap akun Twitter yang ditinjau akan dimunculkan dalam bentuk nilai persentase, dimana semakin besar nilai persen yang dihasilkan dari sebuah akun, menunjukkan kemungkinan lebih besar akun Twitter tersebut sebagai akun bot.

Perlu diketahui bahwa layanan pendeteksi tersebut hanyalah menunjukkan tingkat probabilitas kemungkinan) serta masih dalam tahap penyempurnaan, sehingga hasil yang ditunjukkan belum bisa diklaim akurat sepenuhnya. Namun, dengan layanan unik tersebut, tentunya bisa menjadi petunjuk awal untuk untuk mendeteksi akun Twitter bot.

Nah, demikianlah informasi yang bisa SpesialTips! bagikan tentang cara mudah mendeteksi akun bot Twitter. Semoga saja, sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top