Advertisement
Alasan Sederhana Mengapa Kita Tak Perlu Menggunakan Aplikasi Sarahah - Warganet tanah air saat ini sedang dihebohkan dengan kehadiran sebuah aplikasi unik bernama Sarahah. Bahkan menurut informasi terakhir, tercatat lebih dari 15 juta orang telah memasang aplikasi Sarahah di smartphone mereka.
Tak Perlu Menggunakan Aplikasi yang Sedang Viral Untuk Mengampaikan Kejujuran
Tak Perlu Menggunakan Aplikasi Untuk Mengampaikan Kejujuran
Pada awalnya, aplikasi ini ditujukan bagi pengguna dalam dunia kerja, namun seiring dengan makin populernya aplikasi tersebut, belakangan aplikasi ini justru dimanfaatkan oleh beberapa pengguna untuk mengetahui masukan dan opini jujur di antara sahabat mereka, sampai dengan pasangan. 

Lantas, apa yang membuat aplikasi Sarahah menjadi unik dan viral? Alasan utama viralnya aplikasi yang memiliki arti tegas atau jujur ini adalah pada layanan yang memungkinkan pengguna untuk bisa mendapatkan dan memberikanmasukan atau opini jujur dari orang lain, tanpa harus menunjukkan jati diri sebenarnya alias anonim. Secara sederhana, aplikasi Sahara berfungsi sebagai sarana untuk menerima dan menyampaikan penilaian jujur seperti kritik atau saran kepada orang terdekat tanpa harus disampaikan secara langsung.

Menyikapi fenomena viralnya aplikasi Sarahah, sebenarnya kita bisa mendapatkan sebuah pelajaran berharga, yang menunjukkan bahwa kejujuran dan keterbukaan saat ini telah menjadi hal yang sulit diungkapkan dalam kehidupan sosial, khususnya bagi pengguna aplikasi tersebut. Selain itu, menggunakan aplikasi sebagai sarana menyampaikan opini jujur kepada orang terdekat, dapat pula menjadi petunjuk awal tidak sehatnya sebuah hubungan yang dibangun selama ini. Bahkan parahnya, aplikasi Sarahah bisa berubah fungsi bila digunakan sebagai sarana untuk melakukan bullying.

Walaupun sebagian orang berpendapat sulit untuk menyampaikan sebuah kejujuran karena alasan takut membuat orang lain tersinggung, tapi bagaimana mungkin hubungan pertemanan atau bahkan pasangan, bisa terjalin dengan baik bila tak dilandasi dengan keterbukaan dan kejujuran, tentu saja hubungan yang dijalin akan berpotensi menjadi renggang dan dapat pula berujung menimbulkan konflik.

Jadi bagaimana caranya agar bisa menyampaikan opini jujur kepada teman atau pasangan tanpa membuatnya tersinggung? Sangat sederhana, Anda hanya perlu menyampaikan hal tersebut personal alias langsung dan hanya melibatkan Anda dan teman yang dimaksud. Tentunya, menggunakan pilihan kata yang santun sangatlah diperlukan agar tak membuat teman atau pasangan tersinggung. Setelah tersampaikan, hindari membicarakan kembali isi pembicaraan tersebut kepada orang lain. Dengan cara ini, Anda bukan hanya bisa lebih leluasa menyampaikan pendapat atau opini, namun juga bisa mempererat hubungan yang terjalin.


Mengutip sebuah kalimat bijak, sepahit apapun sebuah kejujuran selalu akan berbuah pada kebaikan dan ketenangan. Jadi kenapa harus membohongi diri dengan bersembunyi dibalik sebuah aplikasi untuk bisa menyampaikan kejujuran secara yang sejatinya akan membawa kebaikan?

Demikian sajian singkat dari SpesialTips! kali ini, semoga saja bisa menjadi masukan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top