Advertisement
4 Cara Mudah Merawat Rambut yang Rusak Akibat Sinar Matahari - Sering melakukan aktivitas di luar ruangan? Bila ya, maka Anda termasuk orang yang memiliki resiko tinggi untuk mengalami kerusakan rambut akibat sinar matahari.
4 Cara Mudah Merawat Rambut yang Rusak Akibat Sinar Matahari
4 Cara Mudah Merawat Rambut yang Rusak Akibat Sinar Matahari
Tahukah Anda, seperti apa kerusakan yang bisa dialami oleh rambut akibat dari paparan sinar matahari?  Dari berbagai sumber yang dirangkum SpesialTips! diketahui bahwa sinar matahari mampu mengurangi kelembapan kulit kepala dan keadaan ini juga bisa menjadi penyebab munculnya ketombe. Bukan hanya itu saja, panas dari sinar matahari juga bisa merusak lapisan kutikula rambut sehingga membuat rambut menjadi kering dan bercabang. Sayangnya, bila tak ditangani secara tepat, maka pemulihan rambut yang rusak akibat sinar matahari, akan menjadi lebih sulit.

Lantas, apa yang harus dilakukan bila rambut terlanjur mengalami kerusakan akibat sinar matahari? Nah, bagi sahabat pembaca dengan masalah rambut  yang  sama dan ingin mengetahui jawabannya, berikut adalah beberapa cara mudah untuk merawat rambut yang rusak akibat sinar matahari.

1. Biasakan membilas rambut dengan air dingin
Kelembapan rambut sangatlah penting untuk menjaga rambut tidak bercabang dan kering, oleh sebab itu disarankan untuk secara rutin mencuci rambut dan menggunakan kondisioner. Namun, agar efek kondisioner tak lekas hilang dan kelembapan kutikula rambut bisa terjaga, maka biasakan untuk membilas rambut dengan air dingin.

2. Gunakan shampo bebas sulfat
Secara umum, sulfat merupakan bahan yang digunakan pada kebanyakan shampo. Sialnya, kandungan sulfat justru bisa menghilangkan minyak yang berfungsi menjaga kelembapan rambut. Oleh sebab itu, disarankan untuk memilih dan menggunakan shampo bebas sulfat, atau minimal dengan jumlah kandungan sulfat yang lebih sedikit.

3. Rutin menggunakan masker campuran minyak zaitun dan alpukat
Untuk proses pemulihan rambut yang rusak akibat sinar matahari, Anda juga bisa menggunakan masker yang dioleskan pada rambut dari campuran minyak zaitun dan alpukat selama beberapa menit, sebanyak satu atau dua kali dalam sebulan. Fungsi dari masker dengan bahan campuran minyak zaitun dan alpukat diketahui bisa menjadi penyumbang protein bagi rambut.

4. Rutin menggunakan masker lidah buaya
Masker lidah buaya juga sangat disarankan untuk merawat rambut yang rusak akibat sinar matahari. Pasalnya lidah buaya memiliki kandungan vitamin yang lengkap dan telah terbukti mampu menjaga kelembapan rambut.

Selain keempat cara di atas, tentunya selama masa perawatan Anda juga disarankan untuk menghindarkan rambut dari paparan sinar matahari langsung. Selain itu, perbanyak pula minum air putih dan hindari makan makanan junk food.


Demikianlah informasi dari SpesialTips! tentang 4 cara mudah merawat rambut yang rusak akibat sinar matahari. Semoga sajian tersebut bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top