Advertisement
Seberapa Besar Kapasitas RAM yang Sebenarnya Dibutuhkan Smartphone? Begini Jawaban Para Ahli - Ada berbagai macam alasan bagi seseorang ketika memilih menggunakan jenis smartphone tertentu, diantaranya merek produsen smartphone dan  jenis sistem operasi yang terdapat di dalamnya. Selain itu, tak sedikit pula pengguna yang menjadikan besaran kapasita RAM (random acces memory) sebagai pertimbangan yang tak kalah pentingnya
Seberapa Besar Kapasitas RAM yang Sebenarnya Dibutuhkan Smartphone? Begini Jawaban Para Ahli
Seberapa Besar Kapasitas RAM yang Sebenarnya Dibutuhkan Smartphone?
Berbicara tentang besaran kapasitas RAM ketika akan menjatuhkan pilihan pada sebuah smartphone, maka akan muncul beberapa pertanyaan mendasar yaitu, seberapa besarkah kapasitas RAM yang sebenarnya dibutuhkan oleh smartphone? Lantas, apakah kapasitas RAM yang besar bisa membuat kinerja smartphone yang kita miliki menjadi lebih baik, atau malah sebaliknya? Seperti apa jawabannya? Berikut ulasan selengkapnya.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari hasil wawancara yang dilakukan oleh Digital Trends terhadap Vishal Kara selaku kepala bidang produksi di Piriform, yaitu perusahaan pengembang aplikasi CCleaner di android, disebutkan bahwa RAM memiliki peran sangat penting bagi sebuah smartphone untuk mendukung fungsi multitasking, dan secara teori tentunya semakin besar kapasitas ram bisa membuat smartphone bisa menjalankan lebih banyak aplikasi dan proses kerja lainnya.

Walaupun secara umum, makin besar kapasitas RAM akan membuat kerja smartphone semakin baik, namun ada fakta penting yang perlu kita ketahui. Diungkapkan oleh, John Poole dari perusahaan Primate Labs, sebenarnya untuk saat ini, sebuah smartphone dengan RAM berkapasitas 4GB sudah sangat cukup untuk penggunaan rata-rata 9 aplikasi perhari. Selain itu ia juga menjelaskan bahwa semakin besar RAM, maka akan membawa dampak signifikan pada konsumsi daya baterai yang lebih banyak pula, dan tentunya keadaan ini akan berpengaruh pada usia masa pakai baterai.

Dari penjelasan para ahli di atas dapat kita ketahui bahwa kapasitas RAM yang besar bisa membuat kinerja smartphone lebih baik untuk fungsi multitasking. namun kapasitas RAM yang terlalu besar juga bisa mengakibatkan dampak negatif bagi terhadap konsumsi daya baterai.

Akhirnya, bisa disimpulkan bila seberapa besar kapasitas RAM yang dibutuhkan sebuah smartphone, berkaitan erat dengan kebiasaan atau perilaku penggunanya, misalnya saja bagi mereka yang gemar bermain banyak game, maka smartphone dengan RAM berkapasitas besar akan menjadi pilihan yang tepat.


Demikianlah informasi yang dapat spesialtips! bagikan kali ini, semoga saja sajian di atas bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top