Advertisement
Ingin Sukses Jadi Youtuber? Perhatikan Lima Elemen Penting Ini Dalam Videomu - Menjadi Youtuber sukses yang bisa membuat video viral dan menghasilkan banyak uang? Mungkin inilah impian utama sebagian besar pemilik channel YouTube yang kian hari, semakin menjamur.
Ingin Sukses Jadi Youtuber? Perhatikan Lima Elemen Penting Ini Dalam Videomu
Lima Elemen Penting di Dalam Video YouTube
Sayangnya, impian untuk bisa sukses di dunia YouTube tak semudah dan semanis yang dibayangkan. Keterbatasan pengetahuan dari sebagian "pemain" YouTube, tentang strategi menciptakan konten video yang berpotensi untuk menjaring penonton, mengakibatkan video-video buatan mereka sepi. Menyikapi masalah ini, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi yang mungkin bisa membantu sahabat pembaca yang ingin terjun menjadi seorang Youtuber.

Berdasarkan hasil penelusuran dan perbandingan terhadap sejumlah konten video viral di YouTube, ditambad dengan informasi yang dikutip dari berbagai sumber, diketahui bahwa sebuah video bisa sukses menghasilkan banyak jumlah penonton dan subscriber dengan menerapkan beberapa elemen penting di dalamnya. Apa saja elemen penting di dalam video yang sukses di YouTube tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Klip branding di awal video
Dari hasil penelusuran dan perbandingan redaksi SpesialTips! hampir sebagian besar video dengan jumlah penonton dan subscriber banyak menyisipkan potongan rekaman pendek (klip) branding channel YouTube pemilik video. Elemen branding tentu saja akan memudahkan penonton untuk mengenali karya si pemilik channel. Selain itu, elemen di dalam video ini juga bisa membuat penonton lebih mudah mengingat konten video dan channel YouTube kita.

2. Klip ringkasan isi video
Setelah diawali dengan potongan video branding channel YouTube, maka disarankan untuk melanjutkan video dengan ringkasan isi video, yaitu membuat penjelasan singkat tentang apa yang akan dilihat penonton di dalam video. Contohnya, video akan menampilkan cara membuat pizza, maka klip ringkasan bisa berupa gambar-gambar bahan, dan gambar hasil pizza yang telah selesai dibuat.

3. Menambahkan suara musik latar belakang
Umumnya orang suka dengan penjelasan di dalam video, hanya saja banyak orang juga cepat menjadi bosan dengan suara yang itu-itu saja. Nah, menambahkan musik sebagai latar belakang suara di dalam video ternyata bisa menambah mood penonton untuk lebih lama melihat isi video.

Namun, perlu juga untuk memperhatikan jenis musik yang sesuai dengan video, dan tidak menggunakan musik yang melanggar aturan YouTube. Selain itu, hindari musik dengan volume yang terlalu besar.

4. Kualitas video dengan gambar dan suara tinggi
Apa yang pertama kali dilakukan oleh kebanyakan penonton YouTube ketika melihat sebuah video dengan kualitas gambar dan suara yang rendah? Ya, hampir bisa dipastikan penonton akan menutup video tersebut dan beralih ke video lainnya.

Menghindari masalah tersebut, tentunya disarankan untuk membuat video dengan kualitas gambar dan suara yang bagus. Untuk bisa mendapatkan kualitas yang bagus, maka pastinya diperlukan peralatan rekaman dan editing yang mumpuni pula.

5. Durasi video yang tidak terlalu panjang
Hampir sebagian besar pengguna YouTube menghabiskan waktunya untuk menonton video dengan durasi yang tak terlalu panjang. Apalagi untuk target penonton YouTube dari Indonesia, yang kebanyakan mempertimbangkan masalah kuota internet ketika menonton sebuah video di YouTube. Namun, hindari juga untuk membuat video dengan jangka waktu terlalu pendek, seperti kurang dari 2 menit.

Selain beberapa elemen penting yang telah dijelaskan di atas, masih banyak lagi faktor lainnya yang bisa membuat sebuah video YouTube berpotensi mendulang jumlah penonton, misalnya saja orisinalitas video, pernargetan penonton berdasarkan bahasa, topik (niche) video, sampai dengan penargetan kata kunci video yang paling banyak ditonton.


Nah, demikianlah informasi singkat tentang lima elemen penting di dalam sebuah video YouTube yang umumnya bisa menghasilkan banyak penonton. Semoga sajian dari SpesialTips! tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca yang berminat untuk menjadi Youtuber.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top