Advertisement
Aplikasi Android Terbaik Bagi Penyandang Tunanetra Untuk Mengenali Nilai Nominal Uang - Bagi para penyandang tunanetra, mengenali nilai nominal uang saat melakukan transaksi tunai seperti membeli barang atau ketika akan membayar ongkos menumpang kendaraan umum, telah menjadi salah satu kendala klasik yang paling sering dihadapi dalam aktifitas sehari-hari.
Aplikasi Android Terbaik Bagi Penyandang Tunanetra Untuk Mengenali Nilai Nominal Uang
Aplikasi Android Untuk Penyandang Tunanetra Mengenali Nilai Nominal Uang
Menghadapi masalah tersebut, hampir sebagian besar penyandang tunanetra di Indonesia lebih sering mengandalkan orang lain untuk mengenali nilai uang yang dimilikinya. Sayangnya, cara ini akan menjadi sangat tidak efektif dan merepotkan. Ditambah lagi dengan maraknya kasus kejahatan penipuan, maka cara menanyakan nilai nominal uang kepada orang lain, bisa berpotensi membuat mereka menjadi sasaran korban kejahatan.

Lantas, adakah solusi bagi para penyandang tunanetra agar bisa dengan mudah dan aman untuk mengenali nilai nominal uang yang dimilikinya? Tentu saja ada, salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi smartphone yang dikhususkan bagi pengguna smartphone Android yang memiliki masalah dengan keterbatasan penglihatan.

Membahas tentang aplikasi smartphone Android yang berfungsi untuk mengenali nilai nominal uang, maka berdasarkan informasi yang dirangkum redaksi SpesialTips! dari berbagai sumber, terdapat setidaknya dua aplikasi bermanfaat yang bisa digunakan. Apa dan bagaimana cara kerja kedua aplikasi tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Aplikasi AMR (Android Money Recognizer)
Bagi para penyandang tunanetra yang pemilik smartphone Android, bisa menggunakan aplikasi yang bernama AMR atau Android Money Recognizer. Kelebihan dari aplikasi ini terletak pada kemampuannya untuk mengenali nilai nominal mata uang rupiah dengan cepat. Selain itu, aplikasi ini bisa digunakan tanpa harus terhubung dengan koneksi internet alias offline

Cara kerja aplikasi AMR juga terbilang canggih, dengan memanfaatkan kamera pada smartphone sebagai alat untuk mengidentifikasi ciri fisik uang, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan menyebutkan nilai nominal uang dalam bentuk audio. Untuk bisa mendapatkan aplikasi AMR sangatlah mudah, cukup lakukan pemasangan secara gratis melalui layanan resmi Google Playstore.

2. Aplikasi Money Detector
Aplikasi Android lainnya yang bisa digunakan untuk mengenali nilai nominal uang rupiah oleh para penyandang tunanetra adalah aplikasi Money Detector. Tak jauh berbeda dengan AMR, aplikasi ini juga memiliki prinsip kerja yang serupa, yaitu menggunakan kamera sebagai alat pengidentifikasian nilai uang, dan audio sebagai hasil identifikasi. Hanya saja, aplikasi Money Detector, mensyaratkan sistem operasi Android 4.4 atau lebih untuk bisa memasangnya di smartphone.


Nah, demikianlah informasi yang bisa SpesialTips! bagikan tentang aplikasi Android terbaik bagi penyandang tunanetra untuk mengenali nilai nominal uang. Semoga saja sajian tersebut bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top