-->

4 Bahaya Kebiasaan Mengunyah Es Batu yang Perlu Diwaspadai

Advertisement
4 Bahaya Kebiasaan Mengunyah Es Batu yang Perlu Diwaspadai - Apakah Anda termasuk orang yang  gemar mengunyah es batu? Bila ya, maka mulai kini Anda perlu mempertimbangkan lagi untuk mulai berhenti dengan kebiasaan tersebut.
4 Bahaya Kebiasaan Mengunyah Es Batu yang Perlu Diwaspadai
4 Bahaya Kebiasaan Mengunyah Es Batu
Mungkin Anda akan bertanya, apa yang salah dengan mengunyah es batu? Perlu diketahui bahwa kebiasaan mengunyah es batu ternyata memiliki dampak negatif yang berbahaya bagi orang yang sering melakukannya.

Bukan sekadar rekaan, dikutip dari beberapa sumber (Steady Health dan Readers Digest), didapati beberapa fakta mengejutkan tentang efek berbahaya dari kebiasaan mengunyah es batu. Apa dan bagaimana bahaya dari kebiasaan "nyeleh" tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

1. Kebiasaan mengunyah es batu disebut dengan pagophagia yaitu keinginan kompulsif (tindakan yang dilakukan secara berulang, serta tak tertahankan) untuk memakan es batu. Bahayanya, kondisi ini disebut oleh para ahli disebabkan karena kekurangan zat besi.

2. Mengunyah es batu juga sangat tidak aman bagi kesehatan mulut. Salah satu risiko terbesarnya adalah pecahan tajam dari es batu yang bisa saja melukai gusi. Selain itu, kebiasaan tersebut bisa lebih memperparah orang dengan masalah gigi sensitif.

3. Selanjutnya, disebutkan oleh para ahli kesehatan mental, kebiasaan mengunyah es batu cenderung menjadi ciri dari orang yang mengalami gangguan obsesif-kompulsif serta autisme.

4. Bagi beberapa orang, mengunyah es batu dijadikan salah satu cara untuk mengatasi rasa lapar ketika sedang melakukan diet. Sayangnya, cara ini justru membahayakan, karena es batu tak memiliki nutrisi dan kalori bagi tubuh. Alih-alih diet yang dilakukan bisa menyehatkan, justru berdampak negatif bagi kesehatan.

Nah, dari penjelasan di atas, dapat kita ketahui bila ternyata kebiasaan mengunyah es batu sangatlah berbahaya bagi kesehatan. Tentunya, bagi orang dengan kebiasaan tak sehat ini, disarankan untuk berkonsultasi kepada tenaga ahli agar bisa mengatasi masalah tersebut.


Demikianlah informasi singkat tentang 4 bahaya kebiasaan mengunyah es batu yang perlu diwaspadai. Semoga saja, sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca SpesialTips! sekalian.

Advertisement
LihatTutupKomentar