Advertisement
Kenapa Saat Berpuasa Kita Mudah Mengantuk? Begini Alasan dan Cara Mengatasinya - Mudah merasakan kantuk di siang hari, saat berpuasa? Ya, hampir semua orang yang sedang melakukan ibadah menahan lapar dan haus di bulan Ramadhan pernah atau bahkan sering mengalami keadaan ini. Apalagi ketika masuk pukul 12.00 sampai dengan 14.00 maka rasa kantuk yang dialami menjadi semakin tak tertahankan.
Kenapa Saat Berpuasa Kita Mudah Mengantuk? Begini Alasan dan Cara Mengatasinya
Kenapa Saat Berpuasa Kita Mudah Mengantuk?
Pertanyaannya, kenapa kita semakin mudah mengantuk saat berpuasa? Menjawab pertanyaan ini, mungkin sebagian besar diantara kita akan menyebut masalah pola tidur di malam hari di bulan puasa yang berubah, yaitu selain aktivitas malam yang bertambah seperti melaksanakan ibadah shalat malam sampai dengan tadarus, tentunya waktu tidur malam akan terpangkas juga dengan sahur sebelum subuh.

Ya, perubahan pola tidur yang mengurangi waktu tidur malam tentu akan berdampak pada rasa kantuk di siang hari, akan tetapi masalah ini bisa dapat disiasati dengan tidur lebih cepat dan tidak terlalu larut. Selain itu, perlahan-lahan kantuk yang disebabkan karena perubahan pola tidur tersebut akan dapat hilang seiring dengan irama sikardian tubuh yang telah beradaptasi.

Selain masalah pola tidur, sebenarnya masalah utama penyebab mudahnya seseorang menjadi mudah mengantuk di siang hari saat berpuasa adalah penurunan atau berkurangnya kadar glukosa di dalam darah. Diketahui bahwa, saat siang hari cadangan makanan di dalam tubuh mulai menipis, sementara aktivitas tubuh saat bekerja tidak berkurang.

Nah, makin menipisnya cadangan makanan di dalam tubuh khususnya karbohidrat, akan membuat kadar glukosa darah atau kadar gula darah berkurang, akibatnya, otak menjadi sulit berkonsentrasi dan juga membuat tubuh menjadi lemas, kalau sudah begini, maka dampaknya seseorang akan semakin mudah terserang kantuk. Tak hanya itu, tak jarang kurangnya asupan zat besi dalam makanan di saat sahur juga bisa menjadi penyebab mudah mengantuk di siang hari.

Mengatasi masalah mudahnya merasakan kantuk di siang hari saat berpuasa akibat penurunan kadar gula darah dan zat besi, maka disarankan bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, misalnya saja seperti jagung, singkong, oatmeal, roti gandum, beras merah dan ubi. 

Mengapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks? Alasannya karena makanan dengan jenis karbohidrat ini tersimpan lebih lama di dalam darah untuk menghasilkan glukosa. Begitu pula dengan penurunan kadar zat besi, maka tentunya mengonsumsi sayur-sayuran hijau, dan kacang-kacangan saat sahur bisa menjadi cara terbaik bagi kita.


Demikianlah informasi singkat tentang alasan mengapa kita menjadi lebih mudah mengantuk di siang hari saat berpuasa, dan cara mengatasinya. Semoga saja sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top