Advertisement
Ingin Hasil Foto Selfie Terlihat Sempurna? Perhatikan Empat Hal Ini - Selain merekam video, tentunya mengambil foto (gambar) menjadi tujuan utama seseorang menggunakan ponsel berkamera. Berkaitan dengan urusan mengambil foto dengan kamera ponsel, maka bukan rahasia lagi bila saat ini, banyak orang yang kerap memanfaatkan kamera di ponsel mereka untuk melakukan swafoto, atau yang lebih populer disebut sebagai selfie, dimana hasil fotonya akan dipajang di media sosial atau sekadar untuk dilihat sendiri.
Ingin Hasil Foto Selfie Terlihat Sempurna? Perhatikan Empat Hal Ini
Empat Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Hasil Foto Selfie Terlihat Sempurna
Membahas lebih jauh tentang selfie, maka salah satu hal unik yang sering dilakukan seseorang saat melakukan selfie adalah kerap mengulang-ulang pengambilan gambar. Umumnya, hal ini dilakukan karena hasil foto selfie yang diambil dianggap tidak sempurna alias jelek, misalnya saja foto terlihat tidak fokus, terlihat gelap, atau foto justru terlihat kabur alias ngeblur.

Menyikapi masalah hasil foto selfie di atas, maka pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi tips spesial tentang beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan selfie, agar bisa mendapatkan hasil foto selfie yang sempurna. Apa dan bagaimana jelasnya? Berikut ulasan selengkapnya.

Empat Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Hasil Foto Selfie Terlihat Sempurna

1. Sudut pengambilan gambar (Angle)
Hal pertama yang perlu diperhatikan saat melakukan selfie dan punya peran penting terhadap hasil foto yang akan didapatkan adalah sudut pengambilan gambar atau angle. Banyak orang beranggapan posisi kamera ponsel lebih tinggi dari wajah/kepala, akan membuat hasil foto yang lebih bagus. Namun tahukah Anda, bila sudut pengambilan terlalu tinggi, justru akan membuat hasil foto selfie terlihat seperti menunduk, tentu saja porsi wajah yang ingin ditonjolkan menjadi lebih sedikit.

Perlu diketahui bahwa kunci sudut pengambilan gambar (angle) saat selfie agar bisa menghasilkan foto yang sempurna adalah dengan memainkan posisi dagu, yaitu dengan menurunkan, menaikkan, mengarahkan dagu ke kanan atau ke kiri, dan posisi kamera yang tak terlalu tinggi juga tidak terlalu rendah dari wajah.

2. Pencahayaan (lightning) alami
Hal yang tak kalah penting saat melakukan selfie adalah perkara pencahayaan. Disarankan bagi Anda yang gemar melakukan selfie agar lebih mengutamakan pencahayaan alami seperti cahaya matahari, dibandingkan dengan menggunakan sumber pencahayaan bantuan seperti lampu flash yang terdapat pada kamera ponsel, atau melakukan selfie di bawah sinar lampu.

Lalu bagaimana bila ingin selfie di tempat yang minim cahaya, seperti di dalam ruangan atau saat malam hari? Bila Anda menggunakan kamera depan di ponsel, maka Anda bisa menggunakan trik sederhana, yaitu dengan menyalakan lampu flash yang terletak di bagian belakang ponsel, dan usahakan untuk memantulkan cahaya lampu tersebut pada permukaan dinding berwarna putih atau kuning. Hal ini ditujukan untuk mendapatkan sumber cahaya yang lebih lembut.

3. Tampilkan sisi terbaik wajah
Tiap-tiap orang memiliki persepsi sendiri tentang sisi terbaik wajah mereka, namun tak ada salahnya untuk melakukan eksperimen dengan beberapa kali pengambilan foto, untuk mengetahui sisi mana wajah mana yang terlihat lebih bagus. Disarankan pula untuk meminta pendapat dari teman, terkait gambar-gambar tersebut.

4. Memanfaatkan fitur filter dan penyuntingan (editing) yang tersedia di ponsel
Walaupun hasil foto selfie alami terlihat lebih baik, namun tak sedikit pula didapati foto-foto selfie tampak sangat bagus saat dipadukan dengan tambahan filter dan telah melalui proses penyuntingan (editing). Misalnya saja dengan menambahkan warna filter, memperbesar gambar, hingga mengatur titik fokus pada foto.

Nah, demikianlah informasi tentang empat hal yang perlu diperhatikan saat melakukan selfie, agar hasil foto yang didapatkan bisa terlihat sempurna. Semoga saja, sajian dari SpesialTips! tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Ada lagi mas..

    Perhatikan latar belakang. Kebanyakan ga sadar di belakangnya tembok dan tembok itu jelek sekali sebenarnya.

    Kemudian, lebih baik memakai tongsis krn dengan begitu latar belakang bisa menambah nilai artistik

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top