Advertisement
Hasil Studi Ungkap Hubungan Olahraga Lari Dan Kecenderungan Seseorang Hidup Menjadi Lebih Lama - Jenis olahraga apa yang paling mudah dan murah selain latihan jalan berjalan kaki? Boleh jadi sebagian besar dari kita akan menjawab lari (berlari). Ya, tanpa butuh alat yang mahal dan tak dibatasi oleh ruangan tertentu, lari menjadi salah satu olahraga yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang.
Studi: Olahraga Lari Cenderung Membuat Seseorang Hidup Lebih Lama
Olahraga Lari Cenderung Membuat Seseorang Hidup Lebih Lama
Namun, tahukah Anda selain bisa menjadi cara olahraga untuk menjaga kesehatan, ternyata lari, baik di pagi maupun sore hari, mampu memberikan manfaat unik yaitu membuat orang yang melakukannya cenderung hidup lebih lama. Ah, apa iya? Bukan tanpa bukti, berdasarkan informasi yang dikutip dari Time, dikabarkan bahwa melalui hasil studi para ilmuwan dari Iowa State University (Amerika Serikat) yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Progress in Cardiovascular Disease, terungkap fakta dimana orang yang rutin melakukan olah raga lari, cenderung mampu bertahan hidup tiga tahun lebih lama, dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

Berangkat dari penelitian sebelumnya dilakukan oleh para ilmuwan tentang manfaat yang bisa didapatkan seseorang ketika rutin melakukan olahraga berlari, maka pada penelitian terbaru ini ilmuwan mencoba menyelidiki manfaat lain yang bisa diperoleh dengan membandingkan lari dengan latihan lainnya, yaitu bersepeda. Hasilnya, walaupun sama-sama bisa menyehatkan, tapi data hasil perbandingan menunjukkan bila olahraga lari (berlari) selama satu jam, digambarkan sama dengan penambahan tujuh jam umur, dan meningkatkan angka harapan hidup selama empat jam perminggu.

Namun, perlu diketahui bila dalam penelitian tersebut, ilmuwan hanya menemukan kecenderungan hidup lebih lama, dan tak ada bukti secara spesifik lari berkaitan langsung dengan bertambahnya usia. Hasil penelitian hanya mendapati bila kecenderungan hidup lebih lama seorang pelari juga berkaitan dengan pola hidup sehat yang umumnya diterapkan oleh mereka, seperti tidak merokok dan tidak mengonsumsi alkohol.


Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan tentang hasil studi yang berhasil mengungkap fakta bila olahraga lari cenderung membuat seseorang hidup lebih lama. Semoga saja sajian tersebut bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top